Rabu, 12 Des 2018 11:14

Sultan Deli: Doakan Presiden Jokowi Lanjutkan Pembangunan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 07 Okt 2018 20:57
Istimewa
Presiden RI Joko Widodo mendapat gelar kebangsawanan tertinggi dari Kesultanan Deli, yakni Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri. Gelar kebangsawanan tersebut disematkan langsung oleh Sultan Deli Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam dalam prosesi adat Melayu di Balai Room Istana Maimun, Medan, Minggu (7/10/2018).

Pemberian gelar ditandai dengan pemasangan tengkuluk khas Melayu sebagai tanda penghormatan. Selanjutnya, Presiden Jokowi juga disematkan pin dan keris Kesultanan Deli sebelum dilakukan penandatanganan surat dan cap Kesultanan Deli. Dengan gelar baru itu, Jokowi mendapat kursi kehormatan dan menjadi kerabat Kesultanan Deli. 

Sultan Deli Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perksa Alam dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri merupakan gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli yang bermakna pemimpin yang baik pembawa angin segar ke pelosok negeri.

"Saya merasakan adanya kepentingan untuk merawat dan menjaga kesinambungan Pemerintahan dibawah pimpinan Bapak Presiden", ucapnya.

Lebih lanjut, Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perksa Alam mendoakan agar Presiden Jokowi dapat melanjutkan pembangunan. "Kami jajaran Kesultanan Deli berdoa agar kiranya stabilitas politik, keamanan serta kemajuan perekonomian nasional yang dicapai Pemerintah saat ini dapat terus secara kontinu kita nikmati paska pesta politik nasional pada tahun 2019", tegas Sultan Deli XIV tersebut.

Sementara itu Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kesultanan Deli atas gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang telah diperolehnya.

"Di dalam gelar adat ini, saya merasakan terkandung amanat dan tugas berat yang diberikan pada saya untuk mewujudkan harapan dari Kesultanan Deli, harapan dari kerajaan-kerajaan se-Nusantara, pemangku adat Indonesia, dan ulama untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Baldatun, Thoyibatun wa Rabbun Gofur," ujar Presiden.

Menurut Jokowi, energi utama dan modal untuk meraih kemajuan Indonesia adalah budaya. Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk turut melestarikan budaya dan adat istiadat. "Indonesia maju dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur asli bangsa Indonesia," tuturnya.

Acara Anugerah Gelar Adat turut disaksikan oleh tuju ribuan lebih masyarakat Sumut di pelataran Istana Maimun. Masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran Presiden Jokowi di tengah-tengah keluarga besar Kesultanan Deli.

Editor: Dito

T#g:JokowiMelayu
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Des 2018 15:12

    Jokowi Anti Islam, Antara Persepsi dan Politisasi?

    Pasca berkembangnya kasus penistaan agama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi kerap disebut sebagai Presiden yang anti terhadap Islam. Tak dapat dipungkiri, kasus Ahok yang

  • Minggu, 09 Des 2018 20:59

    H Usman Efendi Sitorus: Dukungan PW Al Washliyah pada Jokowi-Ma'ruf Bersifat Tawaran

    H Usman Efendi Sitorus menyatakan bahwa dukungan PW Al Washliyah pada Pasangan Jokowi-Ma'ruf Merupakan Tawaran Kepada DPP Al Washliyah.

  • Minggu, 02 Des 2018 18:12

    Ketua DPR: Indonesia Kondusif Kendati Ada Upaya Mengeskalasi Tensi Politik

    "Tidak ada kepanikan atau kemarahan dari pemerintah, kendati Penghinaan dan upaya pembunuhan karakter yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo nyaris tak berkesudahan"

  • Kamis, 29 Nov 2018 19:59

    Survei: 77,05 Persen Masyarakat Sumut Sudah Mantapkan Pilihan Capres

    Indopol Survey & Consulting merilis hasil penelitian mereka terkait peta kekuatan Capres-cawapres menjelang Pemilu 2019 di Sumatera Utara. Salah satu hasil yang terungkap adalah 77,05 persen masya

  • Kamis, 29 Nov 2018 17:29

    Survei: Jokowi-Ma'ruf Menang Di 21 Kabupaten/Kota di Sumut

    Indopol Survey & Consulting, merilis hasil survei Pilpres 2019, yang mereka lakukan di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada 24 Oktober s.d 15 Nopember pekan lalu. Hasilnya pasangan Capres

  • Kamis, 29 Nov 2018 03:29

    Pengukuhan Jokowi Sebagai Pemimpin Muslim Dunia Yang Berpengaruh

    Presiden RI Joko Widodo dinobatkan menjadi salah satu tokoh muslim yang berpengaruh di dunia.

  • Senin, 26 Nov 2018 03:26

    Gaya kepemimpinan Soeharto bakal ditiru Prabowo, baik kah?

    Sedang booming soal ucapan Titiek Soeharto yang menyatakan bahwa jika Prabowo memenangkan pilpres maka gaya pemerintahan yang akan diberlakukan adalah gaya pemerintahan Soeharto. Seperti apa sih Soeha

  • Minggu, 25 Nov 2018 03:25

    Pentingnya Sifat Optimis Dalam Diri Pemimpin Negeri

    Kepemimpinan merupakan sebuah proses mempengaruhi atau memberi contoh dari seorang pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam konteks negara, khususnya Indonesi

  • Selasa, 20 Nov 2018 17:30

    Cawapres Ma'ruf: "Beda Capres Tidak Perlu Bertengkar"

    Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengingatkan perbedaan pandangan politik tidak harus membuat perpecahan. Perbedaan itu harus jadi penyemangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan b

  • Senin, 19 Nov 2018 15:29

    Menengok Dukungan Ulama Besar Kepada Pemerintah

    Presiden Joko Widodo memiliki kedekatan dengan para ulama yang ada di Indonesia. Jadi tidak heran jika Joko Widodo memiliki banyak pendukung dari para ulama di Tanah Air. KH. Ma'ruf Amin mengatak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak