Rabu, 18 Sep 2019 03:09

Portal Berita Militer Okebung.Com Diduga "Dihack"

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 24 Agu 2019 17:24
Capture
Tampilan Beranda Portal berita Okebung.Com yang rusak.
Aksi hacker diduga kembali meretas situs portal berita militer www.okebung.com, pada Jum'at, 23 Agustus 2019,sekira pukul 23.40 Wib. Informasi dihimpun, Data Base hilang, Script Template dirusak. Atas kerusakan yang menimpa website media militer ternama tersebut, pemiliknya akan melaporkan ke pihak berwajib.

Kepada wartawan, Ryan Noer Sinaga, selaku pemilik website menjelaskan bahwa terakhir dirinya memasukan berita kiriman Dispenad, setelah itu pulang ke rumah dan sesampai di rumah saat mau upload berita, dilihatnya medianya sudah rusak parah tampilannya.

"Saya cek langsung masuk ke Admin/Dashboard dan langsung masuk ke Appearance ternyata sudah rusak semua di dalam. Isi berita dan foto sudah berubah semua tampilannya, ada yang fotonya hilang juga, ada yang berita dan judul berbeda-beda. Ada apa ini? Siapa yang bisa masuk ke Cpanel dan  Dashboard..?" keluh pria yang pernah menerima KASAD AWARD 2018 dari Jenderal TNI (Purn) Mulyono.


Dirinya menyebutkan bahwa usia okebung.com baru enam tahun (6), dan dirinya akan melaporkan kerusakan website ini kepada pihak berwajib yang memiliki Satuan Khusus Cyber Crime.

"Biarlah pihak Cyber yang memeriksanya. Saya yakin pasti dapat pelakunya, karena yakin dengan Cyber Crime, mereka kan ahli bisa memanggil siapa- siapa orang yang bisa masuk ke Admin/Dashboard," cetus Ryan yang pernah menyabet dua kali juara karya tulis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini.


Menurutnya, selama ini 18 jam lamanya selalu mengisi kegiatan jajaran TNI di seluruh Indonesia dan kadang ada kiriman dari berita Pasukan PBB Garuda yang sedang melaksanakan tugas di luar negeri. Sehari bisa ratusan berita dikirim ke email dan via WhatsApp.

"Hidup saya cari makan buat keluarga dari TNI, makanya saya solid dan setia terhadap TNI. "TNI Tetap Dihatiku". Makanya saya mampu setiap hari sampai pagi isi berita kegiatan TNI sampai ratusan berita," ungkap pria Kelahiran Cimahi, Bandung, Jawabarat, 46 tahun silam ini.

Pria terlahir dari keluarga besar TNI ini tetap akan memproses pelaku apabila diketahui siapa yang meng-hacker websitenya. "Ini masa depan anak-anak dan keluarga saya, cari makan saya selama ini dibantu bapak-bapak TNI, demi TNI dan keluarga akan saya cari pelakunya," tandas putra sulung Perwira Menengah TNI AU ini.

Amatan redaksi, pukul 16.45 wib, tampilan website portal militer tersebut sudah normal kembali. "Saat ini masih terus kita upayakan perbaikan portal beritanya, dan dalam beberapa hari ini akan kembali normal", ujar Ryan saat dikonfirmasi.

Editor: Budi

T#g:cybercrimePortal berita
Berita Terkait
  • Selasa, 23 Jul 2019 11:23

    TNI dan Hawaian National Guard Gelar Latihan Keamanan Cyber

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan Hawaian National Guard (HING) menggelar latihan keamanan cyber dan sistem teknologi.Latihan yang dilaksanakan dalam bentuk Information System and Te

  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Minggu, 30 Jul 2017 10:10

    Kombes Pol Dr Tornagogo Sihombing pimpin penggerebekan rumah mewah di Bali

    Polri bersama Kepolisian Tiongkok menggerebek rumah mewah di Bali. Tindakan ini dilaksanakan oleh Satgasus Bareskrim Polri, dibackup Tim Satgas CTOC Polda Bali bersama Kepolisian Tiongkok, dan dipimpi

  • Minggu, 11 Jun 2017 18:21

    Bagaimana bentuk Ransomware di masa depan?

    Ransomware identik dengan tindak kejahatan ekonomi dunia maya. Penjahat siber memperoleh jarahan hingga mencapai US$1 miliar berdasarkan uang yang masuk ke dompet Bitcoin yang berhubungan dengan ranso

  • Sabtu, 10 Jun 2017 04:20

    Peretas Situs Resmi Dewan Pers Indonesia Ditangkap

    Tim siber Mabes Polri berhasil mengamankan AS, 28 tahun, di Jalan Ir Soekarno 20 Grogol Kwarasan Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. AS diduga telah meretas situs lembaga Dewan Pers Indonesia www.dewanpers.or.id.

  • Rabu, 31 Mei 2017 12:31

    Awas penipuan modus baru, Kode transaksi dari XL

    Kejahatan dunia maya makin canggih. Sejumlah modus kejahatan siber terus bermunculan untuk menipu pengguna internet, khususnya pelanggan belanja online. Modus terbaru adalah dengan cara menelepon korb

  • Rabu, 24 Mei 2017 16:44

    Pembentukan Deputi VI Intelijen Siber BIN Dinilai Positif

    Hari jadi ke-71 Badan Intelijen Negara (BIN), menjadi momentum berdirinya Deputi VI Bidang Intelijen Siber.

  • Rabu, 17 Mei 2017 08:27

    Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

    78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpol Tiongkok.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak