Kamis, 02 Apr 2020 06:09
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Peduli Mahasiwa Papua, GMKI Medan latih dan berikan handsanitizer serta disinfektan pencegah penularan Corona

Peduli Mahasiwa Papua, GMKI Medan latih dan berikan handsanitizer serta disinfektan pencegah penularan Corona

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Kamis, 26 Mar 2020 22:36
Sam
Pelatihan pembuatan handsanitizer di Honai Sekretariat IMP Sumut, Medan, Kamis (26/3)
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) mendapat pelatihan pembuatan handsanitizer dan disinfektan dari GMKI Cabang Medan, Kamis sore (26/3/2020).

Pelatihan dilaksanakan di Honai, Sekretariat IMP, Asrama Putra USU jalan Dr Mansyur Medan oleh para ahli yang juga merupakan senioran serta pengurus GMKI, antara lain Repandes Togatorop, Rucon Tiodo Situmorang dan Yuliana Sinambela serta dibantu oleh Adi Putra Sihombing, Masada Lingga dan Andreas Silalahi.

Pelatihan diterima oleh Melkius Holago, mahasiswa Polmed USU dan Raymond Tenawe, Mahasiswa Keperawatan USU. Metode pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap sehingga anggota IMP mahir. Setelah pelatihan, mahasiswa Papua langsung mencoba handsanitizer yang diproduksi dan membagikannya ke dalam 30 wadah berupa botol kecil untuk dibagikan ke 30 mahasiswa Papua yang ada di asrama Putra dan Asrama Putri USU, kemudian juga menyemprotkan cairan disinfektan ke lantai dan dinding Honai, kamar mahasiwa, pintu, tangga, bangku tempat mahasiswa Papua sering berkumpul dan permukaan yang sering dipegang.
Ketua GMKI Cabang Medan, Meliana br Gultom menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan pernyataan kasih GMKI kepada mahasiswa Papua yang menimba ilmu di Sumatera Utara khususnya di kota Medan, agar mereka tidak terjangkit virus Corona (Covid-19).

"Harapan kita wabah Corona ini cepat berlalu supaya ketakutan-ketakutan kita segera berakhir. Inilah yang bisa kami buat agar saudara-saudara dari Papua yang menimba ilmu di sini, merasa nyaman dan ikut bersolidaritas membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus Corona", ujar Meliana.

Kedatangan GMKI membawa ilmu dan memberikan material pencegah penularan virus Corona ini sangat diapresiasi mahasiswa Papua. Yance Emani mewakili IMP Sumut mengatakan bahwa kebaikan GMKI Cabang Medan ini merupakan jawaban dari doa-doa mereka.

"Kami tidak punya rumah, tidak punya orang tua di sini, dan terancam diserang virus Corona. Ini adalah jawaban Tuhan atas doa-doa kami yang sangat cemas akan wabah virus Corona ini. Baru kali ini kami mendapat kunjungan dan kepedulian sejak Corona mewabah. Semoga Tuhan membalas kebaikan ini berlipat-lipat ganda", tuturnya.

Sebelumnya, Repandes Togatorop dan Rucon Tiodo Situmorang juga memaparkan bahaya dan pencegahan Covid-19 serta meminta mahasiwa Papua tidak percaya akan hoax terkait wabah ini namun yakin pada upaya penanggulangan yang telah dilakukan pemerintah serta mengikuti maklumat atau aturan yang ditetapkan.


Editor: Budi

T#g:Covid-19Covid 19GMKIIMPMahasiswa Papua
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Apr 2020 23:11

    Dandim 0824/Jember Dampingi Bupati Minta Pers Beritakan Optimisme Terkait Covid-19

    Corona virus disease 2019 atau lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan jenis virus yang sangat mudah menular, untuk itu apabila ada daerah yang memiliki salah satu warganya saja positif terpapar covid

  • Rabu, 01 Apr 2020 15:41

    Akhyar Nasution Pantau Perkembangan ODP & PDP Di Posko Covid-19

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali bekerja, usai menjalani masa isolasi dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama 14 hari.

  • Rabu, 01 Apr 2020 09:51

    China temukan 1.541 kasus COVID-19 tanpa gejala sama sekali

    Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), Selasa (31/3), mengungkap bahwa mereka menemukan 1.541 kasus COVID-19 tanpa gejala sama sekali.

  • Selasa, 31 Mar 2020 15:31

    Pria muda, PDP Covid-19 di Medan, meninggal pagi tadi

    Pria berusia 30-an tahun, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal di Medan, Sumatera Utara, hari ini, Selasa (31/3/2020). Pasien ini sudah menjalani rapid test dengan hasil positif Corona.

  • Selasa, 31 Mar 2020 08:01

    Satu Warga PDP di Paluta, Jubir: Tetap Tenang, Jangan Panik

    Juru Bicara Tim Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Paluta Lairar Rusdi Nasution menyampaikan bahwa satu orang warga kini menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

  • Senin, 30 Mar 2020 16:40

    Kantor Pusat HKI, GMKI dan GP Ansor Buat Gerakan Bersama Mencegah Covid-19 Di Kota Pematangsiantar

    Dalam memerangi Virus Corona (Covid-19), Pucuk Pimpinan Huria Kristen Indonesia (HKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun, dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor

  • Senin, 30 Mar 2020 15:10

    Bandel, Pengusaha Warnet Di Jalan Klambir V, Tanjung Gusta, Disemprot Disinfektan Di Polsek

    Team Gabungan Muspika Medan Helvetia geruduk Warnet Makro, di Jalan Klambir V kelurahan Tanjung Gusta, yang selama ini membandel walau sudah dihimbau terkait dengan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Senin (30/03/2020).

  • Senin, 30 Mar 2020 11:40

    Walikota Terima Bantuan APD Dari Apindo Tebingtinggi

    Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Dewan Pimpinan Kota (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tebingtinggi, Senin (30/3/20

  • Senin, 30 Mar 2020 11:00

    Hoaks Covid-19 menular lewat udara, WHO jelaskan beda airborne dan aerosol

    WHO, Badan Kesehatan Dunia, meminta semua pihak membantu menghentikan informasi yang salah dengan cara melakukan verifikasi fakta sebelum berbagi.

  • Minggu, 29 Mar 2020 08:29

    Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Lintas Sektoral Sota Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan

    Terus berupaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad bersama Lintas Sektoral dan Unsur CIQS PLBN Sota, terus menggencarkan sosialisasi kep

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak