Jumat, 14 Mei 2021 11:11
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Masyarakat Panji Dabutar Datangi Polres Dairi, Masalah Pemortalan Jalan

Masyarakat Panji Dabutar Datangi Polres Dairi, Masalah Pemortalan Jalan

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Sabtu, 03 Apr 2021 22:03
Istimewa
Masyarakat Dusun II, Kelurahan Panji Dabutar, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi hampir hilang kesabaran atas ulah yang dilakukan salah seorang warga Marga Sinaga yang melakukan pemortalan/ penutupan jalan umum menuju perladangan Lae Gupak Dusun. Beruntung ada yang meredakan, sehingga tindakan main hakim sendiri tidak sempat terjadi.

Pantauan wartawan, Sabtu (3/4/2021) siang sekira jam 14.00 WIB masyarakat yang tidak terima atas pemortalan jalan umum tersebut berencana akan mendatangi lokasi dan membongkar paksa portal jalan yang dibuat Marga Sinaga.

Sewaktu akan bergerak, beberapa wartawan yang kebetulan berada di lokasi meminta masyarakat mengurungkan niatnya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Selanjutnya meminta masyarakat sebaiknya membuat laporan kembali ke Polres Dairi, agar permasalahan bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya tanpa harus ada pertumpahan darah. Atas usul wartawan, masyarakat pun mendatangi Polres Dairi untuk membuat laporan.

Kedatangan masyarakat ke Polres Dairi selanjutnya diterima Plh Kasat Reskrim Iptu Sumitro Manurung SH bersama Kasat Intelkam AKP PB Damanik, Kasat Sabhara Iptu Tugono dan Kanit Resum Ipda Parlindungan Lumbantoruan.

Kepada masyarakat Dusun II, Kelurahan Panji Dabutar, Sumitro mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait permasalahan itu. "Kalau nanti memang ada pelanggaran hukum pasti akan ditindak, karena kalau alat bukti belum lengkap kami tidak bisa bertindak," kata Sumitro.

Sumitro pun meminta kepada masyarakat jangan sampai main hakim sendiri dan untuk bersabar. "Kami akan melakukan penyelidikan dengan turun langsung ke TKP, paling lama 3 hari nanti kami beritahu hasilnya," sebut Sumitro.


Mewakili masyarakat, Masita boru Kaloko menyampaikan, bahwa akibat pemortalan jalan itu, suaminya yang sedang sakit harus dinaikkan beko/gerobak sorong, karena mobil tidak bisa melintas. Selain itu hasil pertanian masyarakat membusuk karena tidak bisa diangkut.

"Kalau dalam waktu tiga hari tidak ada kejelasan dan tindak lanjut, dengan terpaksa kami akan membongkar paksa portal tersebut," ucap Masita.

Diberitakan sebelumnya, Lurah Panji Dabutar Haposan Bancin menjelaskan, bahwa pemortalan jalan yang dilakukan Marga Sinaga sudah berlangsung sebulan lebih.

Pihak kelurahan juga telah berulang kali melakukan mediasi untuk menyelesaikan masalah itu dengan menghadirkan Camat Sitinjo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, perwakilan dari Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) serta dihadiri pihak Marga Sinaga dan perwakilan masyarakat. Namun, hasil kesepakatan tidak juga dipenuhi pihak Marga Sinaga untuk membuka portal jalan.

Dari penjelasan Dinas PUTR Dairi menyebutkan, kalau jalan yang diportal merupakan jalan aset Pemkab Dairi dan sudah terdaftar pada link kabupaten sesuai dengan SK Bupati Dairi tahun 2016. Masyarakat yang keberatan atas penutupan jalan itu, juga telah membuat surat laporan ke Polres Dairi.
Editor: Ivan

T#g:DairiSitinjoPortalsengketa
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 19:52

    Marthin Bangun tanggapi tudingan bahwa Ketua PMS menjadi dalang penyerobotan tanah

    Setelah Ketua Satgas Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Langkat, Edi Bahagia Sinuraya, angkat bicara terkait dugaan pemcemaran nama baik terhadap Ketua PMS Langkat, kini, Marthin Bangun yang juga men

  • Rabu, 12 Mei 2021 19:12

    Polres Dairi Bersama Tokoh Agama Islam Larang Pawai Takbiran Keliling

    Polres Dairi bersama tokoh agama Islam Kabupaten Dairi melarang pelaksanaan pawai takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khusu

  • Selasa, 11 Mei 2021 03:11

    Penyelesaikan Sengketa Tanah, Kepala BPN Sumut: Sesuai Mekanisme

    Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Sumatera Utara (Sumut) Dadang Suhendi menegaskan bahwa setiap penyelesaikan permasalahan sengketa tanah di Sumut, diselesaikan dengan mekanisme atau aturan yang berlaku.

  • Sabtu, 08 Mei 2021 22:48

    KNPI Dairi Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim di Gedung Pemuda

    Bertempat di Gedung Pemuda, Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sabtu (8/5/2021) sore, DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Dairi menggelar keg

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:27

    Cek Pos Pengamanan, Kapolres Bersama Dandim 0206/Dairi Beri Bingkisan Makanan Ringan

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH bersama Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH melakukan pengecekan Pos Pengamanan Ops Ketupat Toba 2021. Selain itu memberikan bingkisan nasi kotak dan makanan ringan kepada personel yang bertug

  • Jumat, 07 Mei 2021 21:07

    Masyarakat Dairi Desak Bupati Copot SK KLH Tambang

    Perwakilan masyarakat petani dari Kecamatan Silimapungga-pungga dan Lae Parira beserta Aliansi NGO Dairi menyampaikan tuntutan langsung kepada Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu di ruang rapatnya, Kamis 6 Mei 2021.

  • Jumat, 07 Mei 2021 20:07

    Tolak Aksi Demo di Tengah Pandemi Covid-19, Forum Lintas Ormas Dairi Sampaikan Pernyataan Sikap

    Forum Lintas Ormas yang terdiri dari berbagai gabungan elemen dan komponen Ormas di Kabupaten Dairi, Jumat (7/5/2021) sore menyampaikan pernyataan sikap terkait aksi-aksi demo anarkis dan pelanggaran

  • Kamis, 06 Mei 2021 18:26

    Kapolres Dairi Beri Bantuan Buku ke Perpustakaan Muhammadiyah

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH didampingi Kasat Binmas Polres Dairi AKP Yan H Ujung, KBO Sat Intelkam AKP Nuh dan Kasubbag Humas Iptu Donni Saleh, Kamis (6/5/2021) siang, menerima kunju

  • Rabu, 05 Mei 2021 17:55

    Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021, Sekda Dairi Bacakan Amanat Kapolri

    TNI-Polri bersama Forkopimda Kabupaten Dairi melaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Toba 2021, bertempat di halaman Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (5/5/2021).

  • Selasa, 04 Mei 2021 22:04

    Simpan Ganja, Warga Sidikalang Ditangkap Polisi di Gubuk Perladangan

    Seorang laki-laki dewasa berinisial HU (54) pekerjaan wiraswasta, warga Kelurahan Batang Beruh, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi tak berkutik saat ditangkap personel Sat Narkoba Polres Dairi.Pasa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak