Sabtu, 15 Mei 2021 08:40

KEK Sei Mangkei Mulai Diminati

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 04 Mei 2021 01:04
Istimewa
Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei tahun ini mengalami tren peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu karena pelaku bisnis atau investor potensial mulai membidik serta berinvestasi terutama bergerak di sektor kelapa sawit dan karet.

Hal ini menunjukkan kebangkitan KEK Sei Mangkei sebagai Kawasan industri strategis terdepan dalam pelayanan dan diharapkan berkontribusi terhadap peningkatan penanaman modal asing atau Foreign Direct Investment (FDI) di Indonesia.


Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M Abdul Ghani menjelaskan dalam kunjungan kerja Menteri Investasi Bahlil Lahadalia langsung dan perdana sebagai Menteri yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo karena perubahan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi, belum lama ini ke KEK Sei Mangkei menandakan awal baru bagi Kawasan industri tersebut menjadi target kontribusi investasi yang jauh lebih signifikan.

"Dengan adanya dukungan pemerintah khususnya Kementerian Investasi bersama dengan stakeholders yang ada, mimpi KEK Sei Mangkei yang diidamkan sebagai lokasi investasi pelaku industri prioritas segera terwujud," kata M. Abdul Ghani dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/5).


Ghani mengungkapkan terdapat 7 perusahaan ternama dengan nilai okupansi hampir 100 Ha akan masuk ke kawasaan industri Sei Mangkei sebagai permulaan dari investasi baru pada tahun ini mengingat tahun sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19. Manurutnya, KEK Sei Mangke mulai dibidik investor asing maupun domestik karena kawasan industri ini dinilai sangat strategis berada di sentra bahan baku berbasis agro dan dekat dengan Selat Malaka, serta memiliki sarana pendukung logistik yang memadai dengan menghadirkan konektivitas yang terintergrasi di kawasan tersebut.

Ghani menegaskan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sebagai Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei berkomitmen untuk terus berupaya melengkapi fasilitas infrastuktur di dalam kawasan industri dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha baik investor asing maupun domestik.


KEK Sei Mangke yang ditetapkan melalui PP No.29/ 2012 pada 27 Februari 2012 merupakan KEK pertama di Indonesia dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana ditegaskan dalam PP No.3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan (PSN) yang diresmikan Presiden Joko Widodo secara langsung pada 27 Januari 2015 lalu. KEK Sei Mangkei yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet yang difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri skala besar yang menghasilkan kualitas produk International.
Editor: Budi

T#g:KEKSei MangkeiSimalungun
Berita Terkait
  • Jumat, 14 Mei 2021 17:54

    Parapat Banjir, Warga Minta Bupati Simalungun Terbitkan Perda Pengelolaan Hutan

    Pecinta wisata kota Parapat, Toni Siburian meminta Pemerintah Kabupaten Simalungun membuat Peraturan Daerah terkait penebangan kayu di kawasan maupun di lahan rakyat.

  • Senin, 10 Mei 2021 22:30

    Wakapolres Simalungun Terima Audiensi Panitia LKK dan DPC PMKRI

    Beberapa perwakilan Panitia Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Siantar-Simalungun berkunjung ke Polres Simalungun

  • Selasa, 27 Apr 2021 12:07

    Bupati dan Wakil Bupati Simalungun 2021-2024 Dilantik, GMKI: Masyarakat Butuh Perubahan

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pematangsiantar- Simalungun (PSS) menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Simalungun periode 2021-2024 pada Senin (26/04/2021).

  • Kamis, 08 Apr 2021 17:38

    Kapoldasu Dampingi Kalemdiklat Polri dan Danjen Akademi TNI Tinjau Satlat Macan Latsitardanus XLI di Simalungun

    Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Danjen Akdemi TNI meninjau Satlat Macan Latsitardanus XLI di Kabupaten Simalungun, Kami

  • Rabu, 07 Apr 2021 13:07

    Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pemprov Sumut Gelar Pelatihan Penguatan Industri Rumahan

    Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan pelatihan penguatan

  • Jumat, 02 Apr 2021 20:42

    Kapoldasu dan Pangdam I/BB Pantau Perayaan Paskah di Simalungun

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi bersama Pangdam I/BB, Mayjend TNI Hassanudin melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Simalungun, Jumat (2/4/2021).

  • Selasa, 16 Mar 2021 14:56

    Jalin Sinergitas, Brimob Batalyon B Kunjungi Kodim Simalungun dan Denpom Siantar

    Batalyon B Sat Brimob Polda Sumut kunjungi Kodim 0207/Simalungun di Pematang Raya dan Denpom I/1 Pematang Siantar, Selasa (16/3/2021) di Kota Pematang Siantar.

  • Jumat, 05 Feb 2021 17:25

    Kapolda Sumut Serahkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat di Kabupaten Simalungun

    Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi diwakili oleh Irwasda Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Armia Fahmi, Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K menyerah

  • Rabu, 03 Feb 2021 13:03

    Wagub Sumut Kenalkan Aek Nauli kepada Anggota DPR RI

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengajak sejumlah pimpinan dan anggota DPR RI menikmati wisata alam Aek Nauli, Simalungun, Selasa (2/2). Para anggota DPR RI tampak gembira

  • Senin, 01 Feb 2021 18:51

    PT. Hutama Karya Bantu Rehab Infrastruktur Perumahan Beringin Indah

    Bantuan terhadap perumahan Beringin Indah di Jalan Medan, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun telah diberikan oleh PT. Hutama Karya. Bantuan ini dilakukan setelah dilakuka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak