Sabtu, 19 Sep 2020 02:31

KSPI-FSPMI Sumut Buka Posko Pengaduan THR

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Iyus
Rabu, 30 Mei 2018 17:50
Iyus
Willy Agus Utomo
Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, elemen buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KSPI-FSPMI) Sumatera Utara membuka posko pengaduan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk kaum buruh khususnya di Sumatera Utara.

Ketua KSPI-FSPMI Sumatera Utara Willy Agus Utomo mengatakan tidak ada alasan apapun bagi pengusaha tidak membayar THR pekerjanya seperti dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No 6 Tahun 2016, bagi buruh yang memiliki masa kerja 1 bulan dan seterusnya berhak akan THR, dan untuk segala jenis status pekerjaan.

"Untuk pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan terus menerus atau lebih, diberikan THR 1 bulan upah, untuk masa kerja 1 bulan tapi belum 12 bulan diberikan secara proposional, hitungannya proposional," ujar Willy didampingi Tony Rickson Silalahi, Sekretaris FSPMI Sumut dikantornya Jalan Medan-Tanjung Morawa Km 13,1 Gang Dwi Warna No 1, Rabu (30/05/2018).

Untuk itu, Willy menghimbau pada para pengusaha agar segera memberikan THR buruhnya paling lambat satu minggu sebelum lebaran Idul Fitri tiba.

"Bagi pekerja/ buruh di Sumut yang tidak mendapatkan THR, kami siap membantu mengadvokasi para buruh yang tak diberikan THR ditempatnya bekerja, agar haknya merayakan lebaran bersama keluarga tercapai dan terjamin," terangnya.

Willy juga menegaskan, bagi pengusaha yang tidak memberikan THR pada buruhnya, akan dilakukan proses hukum sesuai peraturan yang berlaku.

Dirinya juga mengancam akan menyurati Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dan mempublikasikan perusahaan yang membandel ke khalayak umum.

"Dalam aturannya, pengusaha yang tidak bayar THR dikenakan sanksi Administratif sampai dengan pencabutan izin oprasional perusahaan, tidak hanya itu, kita akan fublikasikan perusahan yang tak bayar THR ke media, dan surati Menteri Tenaga Kerja, agar ditindak lanjuti segera," tegas Willy.  

Lebih lanjut, Willy berharap Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumut segera mengeluarkan himbauan tegas terkait pembayaran THR terhadap seluruh perushaan di Sumut. "Posko kita justru membantu tugas Disnaker, harapan kami Disnaker Sumut dan Kabupaten/ Kota nantinya dapat menindak lanjuti laporan dari Posko THR KSPI FSPMI Sumut dan segera bertindak cepat," harapnya.

Willy mengatakan, posko pengaduan THR ini telah dibentuk FSPMI di 12 Kabupaten/ Kota, meliputi, Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batu Bara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Padang Sidempuan dan Mandailing Natal. "Bagi Buruh yang mau mengadu silahkan datang kekantor kami di Jalan Medan-Tanjung Morawa Km 13, 1 Gang Dwi Warna No 1, atau melalui nomor telpon di 061-7944530 atau Hp 085285540703 - 081212555928," pungkasnya.

Editor: Herda

T#g:THR
Berita Terkait
  • Selasa, 02 Jun 2020 12:02

    60 Pekerja BHL PT. PHS Papaso Datangi Posko Pengaduan THR FSPMI Palas

    Sebanyak 60 orang Pekerja Buruh Harian Lepas (BHL), yang bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit milik PT. Permata Hijau Sawit / Permata Hijau Group (PT. PHS / PHG) yang berlokasi di Desa Papaso

  • Kamis, 28 Mei 2020 16:08

    Soal pemotongan tunjangan kinerja dan THR PNS, PSI: Gubernur harus adil

    Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyayangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memangkas tunjangan hari raya Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (

  • Selasa, 19 Mei 2020 18:59

    Manajemen PT. MSB Aek Tinga Bayarkan THR Pekerja

    Dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan Permenaker RI Nomor 6 tahun 2016 tentang pemberitan Tunjangan Hari Raya (THR), bagi pekerja yang merayak

  • Senin, 18 Mei 2020 22:18

    Kapolsek Medan Helvetia Bagikan Paket Lebaran Kepada Anggota

    Menjelang perayaan hari raya idul fitri 1441 H Tahun 2020, Polsek Medan Helvetia membagikan paket lebaran kepada anggota dan PHL (pegawai harian lepas).

  • Jumat, 15 Mei 2020 17:25

    FSPMI Pelalawan, Riau, Minta Disnaker dan UPT. Wasnaker Awasi Pelaksanaan THR di Anak Perusahaan PT. RAPP

    Menurut data dan laporan yang diterima oleh Pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kabupaten Pelalawan, Riau, sampai kini, masih banyak perusahaan yang belum memb

  • Kamis, 07 Mei 2020 21:17

    Desak Pembayaran THR Pekerja BHL, Kades Siborna Bunut Surati Disnaker

    Mengingat sedemikian perlunya Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja tetap, khususnya bagi pekerja Buruh Harian Lepas (BHL), di saat merayakan hari besar keagamaan pada perayaan hari raya Idul Fi

  • Selasa, 14 Apr 2020 14:54

    Menkeu: Pejabat Negara, ASN Eselon I dan II Tak Dapat THR Tahun Ini

    Aparatur Sipil Negara eselon I dan II tak akan mendapatkan tunjangan hari raya (THR) pada tahun ini. Hal ini karena pemerintah mengalokasikan anggaran untuk penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

  • Minggu, 15 Des 2019 21:25

    FSPMI Padang Lawas Buka Posko Pengaduan

    Mengingat minim dan sangat terbatasnya informasi ketenagakerjaan yang benar dan sesuai dengan aturan dan ketentuan undang-undang ketenagakerjaan, yang diterima oleh para pekerja/buruh yang bekerja di

  • Jumat, 24 Mei 2019 15:54

    PT MSB Salurkan THR ke Pekerjanya

    Dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan Permenaker RI Nomor 6 tahun 2016 tentang pemberitan THR bagi pekerja yang merayakan hari besar keagamaan

  • Sabtu, 18 Mei 2019 10:18

    FSPMI Tabagsel Buka Posko Pengaduan THR

    Pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kordinator Daerah Tapanuli Bagian Selatan (Korda Tabagsel) resmi membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR), bagi se

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak