Rabu, 28 Jul 2021 01:31

Bobby Nasution Hadiri Rakerda MUI Kota Medan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 12 Jun 2021 20:32
Istimewa
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap MUI Kota Medan dapat menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan Pemko Medan guna mendukung dan mewujudkan Program Prioritas Kota Medan.

Dengan demikian pembangunan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat kota Medan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan ketika membuka Rakerda MUI Kota Medan tahun 2021 di Hotel Madani, Sabtu (12/6/2021).

Mengangkat tema tersusunnya program kerja MUI Kota Medan yang terukur serta mampu menyahuti dan menjawab keberagaman Umat di Kota, Rakerda ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja yang dapat mendukung pembangunan Kota Medan.

Dikatakan Wali Kota Medan, salah satu program prioritas kota Medan adalah di bidang Kesehatan dan pengembangan UMKM. Artinya di tengah Pandemi Covid-19 ini, Pemko Medan berkomitmen selain menekan penyebaran Virus Covid-19, juga fokus pemulihan perekonomian di tengah masyarakat. Salah satunya melalui program Masjid Mandiri.

"Selain menjadi tempat ibadah, masjid juga diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian umat dan masyarakat sekitar. semestinya perekonomian syariah itu pertama kali diperkenalkan dan dipraktikkan di masjid. Saat ini sudah ada satu masjid yang telah dicanangkan, kedepannya Pemko Medan berharap MUI dapat berperan dalam mewujudkan Masjid Mandiri," ujar Wali Kota Medan.

Dijelaskan Wali Kota, sebanyak 1.115 masjid yang ada di Medan merupakan potensi yang luar bisa untuk menjadi penggerak perekonomian umat bahkan peradaban umat.

Dalam mewujudkan Masjid Mandiri ada enam belas kriteria yang telah ditetapkan agar suatu masjid dapat dikategorikan masjid mandiri. Diantaranya, masjid tersebut memiliki sertifikat lahan dan bangunan.

"Persoalan ini yang harus kita selesaikan bersama. Untuk itu Pemko Medan terus mendorong setiap masjid agar memenuhi kriteria tersebut guna dapat mewujudkan program Masjid Mandiri," jelas Wali Kota Medan di hadapan yang hadir, Ketua MUI Sumut, Ketua MUI Medan dan Tokoh Agama.

Bobby Nasution menambahkan, Pemko Medan juga berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Islami Center. Namun saat ini lahan yang tersedia hanya sekitar 22 hektar, luas ini belum sesuai dengan Rencana awal sekitar 40 hektar.

Oleh karena itu sebelumnya melanjutkan pembangunan Wali Kota meminta masukan dari semua pihak apakah dengan luas lahan yang ada dapat dibangun bangunan fisik terlebih dahulu.

"Jika semua pihak menyetujui maka di tahun 2022 Pemko Medan akan melakukan pembangunan fisik Islami Center Kota Medan, mohon doa dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat termasuk MUI Kota Medan," ujar Wali Kota Medan.

Sebelumnya, Ketua MUI Kota Dr H Hasan Matsum MAg, menyambut baik dan mendukung program Pemko Medan dalam mewujudkan masjid mandiri, karenanya Masjid Mandiri ini akan masuk dalam program kerja MUI Kota Medan.

Dijelaskan Ketua MUI Kota Medan, ada tiga program kerja prioritas MUI Kota Medan, yakni, berkolaborasi dengan Pemko Medan dalam mewujudkan program masjid mandiri. Kedua adalah membebaskan lahan untuk pembangunan mualaf center dan gedung pendidikan ulama.

"Program ketiga adalah melaksanakan program kerja bersama-sama pengurus MUI Kecamatan dengan memberikan porsi yang lebih besar," jelasnya.
Editor: Budi

T#g:Bobby NasutionMUI
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Jul 2021 17:34

    Bobby Nasution Apresiasi Dapur Umum PPKM Darurat Komunitas Satu Hati

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengapresiasi aksi Komunitas Satu Hati yang membuka dapur umum bagi warga terdampak Covid-19 saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.Apresiasi i

  • Selasa, 20 Jul 2021 15:10

    Kapolres Dairi Serahkan Bantuan Hewan Kurban Kapolda Sumut ke Ketua MUI

    Hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Kapolda Sumut, Pol. DRS. RZ. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., diserahkan Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH kepada Ketua MUI Kabupaten Dairi Wahlin Mu

  • Sabtu, 10 Jul 2021 14:10

    Bobby Nasution Apresiasi Program Rumah Qur'an RQV di Medan

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengapresiasi RQV Indonesia telah menjalankan program Rumah Qur'an di Kota Medan.Apreasiasi ini disampaikannya saat menerima kunjungan silaturahmi Direktur Program

  • Kamis, 08 Jul 2021 02:38

    Kebut Vaksinasi Massal, Bobby Nasution Dinilai Mampu Tumbuhkan Kembali Ekonomi Medan

    Masalah kesehatan, terutama penanganan pandemi Covid-19 mnjadi perhatian serius Bobby Nasution sejak dilantik menjadi Wali Kota Medan. Bahkan, menjadikannya sbagai salah satu program prioritas yang

  • Selasa, 06 Jul 2021 12:06

    Wali Kota Medan Serahkan Klaim Santunan JKM dan JHT Kepada Ahli Waris

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyerahkan secara simbolis klaim santunan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris yang keluarganya meninggal duni

  • Sabtu, 03 Jul 2021 18:43

    Bersama Wagubsu, Bobby Nasution Salat Subuh Berjamaah di Masjid Al Hikmah, Medan Sunggal

    Bersama Wagubsu H. Musa Rajekshah, Wali Kota Medan, Bobby Nasution salat Subuh berjamaah dengan warga di Masjid Al Hikmah, Jalan Kiwi, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Sabtu (3/7/20

  • Senin, 28 Jun 2021 19:18

    Peletakan Batu Pertama Pembangunan Taman Edukasi Bencana dan Dinding Penahan Bantaran Sungai Deli

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution melakukan peletakan batu pertama pembangunan taman edukasi bencana dan dinding penahan bantaran di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Deli, jalan Perdana, Senin (28/6/20

  • Minggu, 27 Jun 2021 02:27

    Solusi 500 Ribu Warga Belum Terdaftar BPJS, Bobby Nasution Minta Dibentuk Tim

    Sektor kesehatan menjadi perhatian serius yang harus dibenahi Wali Kota Medan Bobby Nasution, sehingga masuk dalam program prioritasnya. Selain terus berupaya mengatasi pandemi Covid-19, Bobby N

  • Jumat, 25 Jun 2021 07:55

    e-Katalog, Pilihan Cerdas Bobby Nasution Perbaiki Banyak Jalan Rusak dengan Cepat dan Tepat

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menekankan pentingnya percepatan dalam melakukan berbagai perbaikan yang diinginkan masyarakat. Salah satunya adalah perbaikan infrastruktur jalan.Dia menargetkan, dal

  • Rabu, 23 Jun 2021 00:12

    Plt Wali Kota H.Waris Thalib Tanjungbalai Bertemu Wali Kota Medan

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib didampingi Plt Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, Kepala Bappeda Ahmad Solihin, Kepala Inspektor

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak