Minggu, 13 Jun 2021 04:33
  • Home
  • Ragam
  • Polda Sumut dan Jajaran Terapkan SP2HP Berbasis Online

Polda Sumut dan Jajaran Terapkan SP2HP Berbasis Online

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 27 Apr 2021 15:37
Istimewa
Kapolda Sumut
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara siap menerapkan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS berbasis online.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa (27/4/2021) mengatakan, jajaran reserse Polda Sumut (Dit Reskrimsus, Dit Reskrimum, Dit Res Narkoba), Sat Reskrim, Sat Res Narkoba Polres serta Polsek-Polsek yang melaksanakan penyidikan sudah menjalankan SP2HP berbasis online tersebut.

"Dengan penerapan SP2HP berbasis online masyarakat akan mengetahui batasan waktu penanganan suatu perkara sehingga masyarakat mendapatkan kepastian hukum, ini sebagai wujud dari Transformasi Pelayanan Polri", katanya.


Dengan Penerapan SP2HP berbasis online ini, Hadi mengungkapan masyarakat atau pelapor bisa mendapatkan nomor ponsel penyidik dan atasannya. Dengan begitu, pelapor bisa melakukan komunikasi dan menanyakan langsung jika perkaranya jalan di tempat.  

"Diharapkan dengan adanya aplikasi SP2HP online, masyarakat dapat mendapatkan informasi Perkembangan kasus yang sedang berproses dan tidak ada lagi sumbatan komunikasi," ungkapnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melaunching SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS berbasis online di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021). 

"SP2HP merupakan bentuk jaminan akuntabilitas dan transparansi penyelidikan/ penyidikan. Serta layanan kepolisian yang memberikan informasi kepada masyarakat sampai sejauh mana perkembangan perkara yang ditangani," katanya.


Sementara itu, Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, menambahkan diluncurkannya aplikasi SP2HP online dan e-PPNS ini merupakan salah satu bentuk penjabaran dari program prioritas Kapolri.

Di samping itu, dengan adanya aplikasi tersebut pelapor dan penasihat hukum mengetahui persis perkembangan perkara yang sudah masuk menjadi laporan kepolisian. 

"Dengan adanya lauching ini para pelapor atau penasehat hukum dapat melihat perkembangan daripada laporan yang dilaporkan," ungkapnya.

Adapun SP2HP nantinya dikelola oleh Kepala Biro Operasional (Karobinops) sementara e-PPNS oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Korwas) PPNS Bareskrim.
Editor: Budi

T#g:poldasuSP2HP Onlineaplikasi
Berita Terkait
  • Sabtu, 12 Jun 2021 21:52

    Polda Sumut Amankan Puluhan Pelaku Pungli dan Premanisme

    Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara bersama Polres Jajaran bergerak cepat menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menindak pelaku premanisme dan pungutan liar yang m

  • Minggu, 06 Jun 2021 19:46

    Bagikan 1000 Masker setiap Hari, Poldasu Masivkan Operasi Yustisi

    Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan terus digalakkan Polda Sumut bersama tim gabungan, Minggu (06/06/2021).

  • Sabtu, 05 Jun 2021 20:35

    18 Anggota Komisi III DPR RI Kunjungan Spesifik ke Polda Sumut

    Dipimpin oleh H Ahmad Sahroni SE. MI. Kom, Komisi lll DPR RI dengan lingkup tugas di bidang hukum, hak asasi manusia dan keamanan ini, Jumat (4/6) berkunjung ke Mapolda Sumatera Utara.Disambut langsun

  • Selasa, 01 Jun 2021 06:21

    Launching "Bakso Urat", Bupati Sergai: Pelayanan Publik Harus Bersih

    Menjelang 100 hari masa tugas Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP dalam memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat, berbagai gebra

  • Sabtu, 29 Mei 2021 21:49

    Kapolda Sumut Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Wartawan Poldasu, Jepri Sinaga

    Telah Berpulang ke Rumah Bapa di Surga, seorang Jurnalis yang berunit di Polda Sumut bernama Jepri Sinaga pada hari Jumat tanggal 28 Mei 2021 sekira pukul 22.00 Wib di RS Methodist Medan.

  • Kamis, 27 Mei 2021 20:07

    Kapolres Pematang Siantar Terima Kunker Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK menerima kunjungan kerja Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI Hassanuddin SIP bes

  • Selasa, 25 Mei 2021 20:25

    Polda Sumut Perpanjang Penyekatan Di Pos Pengamanan

    Dalam menjaga dan mengurangi tingkat kenaikan pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara, Polda Sumut dan Jajaran memperpanjang KRYD melalui penyekatan dan pemeriksaan terhadap pengguna jalan sampai 31 Mei 2021.

  • Senin, 24 Mei 2021 19:14

    Irjen Panca Kunjungi Batalyon C Sat Brimob Poldasu, Ingatkan Personil Patuhi Prokes

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi melaksanakan kunjungan kerja ke Batalyon C Sat Brimob Polda Sumatera Utara, Minggu (23/05/2021).

  • Jumat, 21 Mei 2021 05:21

    Warga Sumut kini bisa akses Call Center 110 untuk panggi atau lapor darurat

    "Artinya apa, masyarakat bisa menggunakan layanan 110 ini di mana pun berada. Maka dia akan dilayani oleh Polres terdekat," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra saat melaunching Call Center 11

  • Kamis, 20 Mei 2021 20:20

    Panglima TNI Hadiri Launching Layanan Darurat Polisi 110 di Polda Jabar

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama  Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menghadiri Launching Layanan Darurat Polisi 110 di Polda Jawa Barat, Kamis (20/05

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak