Senin, 08 Mar 2021 15:36
  • Home
  • Politik
  • Antisipasi Bencana Alam, Gubsu Minta Ada Posko Bersama di Daerah Rawan

Antisipasi Bencana Alam, Gubsu Minta Ada Posko Bersama di Daerah Rawan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Senin, 09 Nov 2020 16:39
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Provinsi Sumut di Lapangan Apel Markas Polisi Daerah Sumut (Mapoldasu) Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (9/11/2020).
Memasuki musim penghujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Kepolisian Daerah (Polda) Sumut dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam, di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5, Senin (9/11).

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta kepada Polda Sumut selaku inisiator Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam agar menyiapkan posko bersama di daerah-daerah rawan bencana. Dengan begitu bencana diharapkan lebih cepat ditanggulangi dan diatasi.

"Daerah (kabupaten) Toba, Karo, Pakpak Bharat dan daerah tinggi lainnya termasuk juga yang kita antisipasi itu banjir di Labuhanbatu. Ini yang sangat kita ansipasi, ada tempat-tempat yang harus kita siapkan alat-alat berat, personel dan peralatan. Bila ada bencana bisa segera di atasi," kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, apel ini penting dilakukan karena Sumut memasuki bulan-bulan dimana curah hujan cukup tinggi. Belajar dari musim penghujan sebelumnya, Polda, TNI dan Pemprov Sumut sangat mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor di Sumut.


"Memasuki Oktober, November dan Desember curah hujan cukup tinggi. Obat dalam bencana alam kesiapan, kita harus siap. Inilah Apel Kesiapsiagaan Bencana. Saya berterima kasih Polda memulai kegiatan ini, mengajak bersama-sama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan bencana alam," tambah Edy.

Berbagai peralatan canggih untuk menanggulangi bencana diperlihatkan pada apel kali ini, seperti mobil yang mampu mengubah air tidak layak minum menjadi layak minum, dapur umum bergerak, pendeteksi suara, alat komunikasi dan lainnya. Sedangkan untuk personel menurut keterangan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengatakan total pasukan untuk siap-siaga bencana ada 2.000 orang.

"Ada 2.000 personel yang terdiri dari Polda, Kodam, Basarnas dan Pemprov Sumut. Mereka dilatih dan disiapkan untuk bisa menghadapi bencana dengan baik, sudah tahu apa yang perlu dilakukan bila bencana," terang Sormin.

Sormin berharap dengan kesiapsiagaan Polri, TNI, Basarnas dan Pemprov maka penanggulangan bencana bisa cepat diatasi, terutama dalam menyelamatkan nyawa manusia. "Diharapkan dengan kesiapsiagaan personel menghadapi bencana lebih siap dan dapat mengantisipasi jatuhnya korban jiwa," kata Sormin.

Turut hadir pada apel kali ini Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kasdam I/BB Brigjend TNI Didied Pramudito, Kabinda Sumut Brigjend Ruruh Setyawibawa, OPD terkait dan unsur Forkopimda lainnya.
Editor: Herda

T#g:MitigasiPosko Bencana
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Mar 2021 10:34

    Ini 4 Arahan Presiden Jokowi pada Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021

    Presiden Jokowi mengungkapkan, Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana dan termasuk ke dalam 35 negara paling rawan risiko bencana di dunia.

  • Senin, 01 Mar 2021 15:01

    Tanggap Bencana, Dandim 0206/Dairi Bersama Forkopimda Apel gelar Pasukan di Silahisabungan

    Bertempat di lapangan parkir Hotel Debang Resort, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Senin (1/3/2021), Dandim 0206/Dairi memimpin apel gelar pasukan personel dan materil tanggap bencana tahun

  • Rabu, 13 Jan 2021 04:13

    Koramil 0824/20 Gumukmas Lakukan Penghijauan Bersama Masyarakat

    Dalam rangka mengantisipasi bencana banjir dan pemanasan global, pada Selasa (12/01/2021), Koramil 0824/20 Gumukmas melakukan Karya Bakti TNI penghijauan lahan kosong Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukm

  • Jumat, 04 Des 2020 23:04

    BPSDM Sumut Sudah Bisa Selenggarakan Diklat Penanggulangan Bencana

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima Surat Keputusan (SK) Akreditasi Pendidikan Kilat Teknis Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulanga

  • Selasa, 24 Nov 2020 12:24

    Dandim 0824/Jember: Siaga On Call Kodim Untuk Antisipasi Perkembangan Situasi Wilayah

    Hal tersebut disampaikan Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode  Nurdin saat kami wawancarai diruang kerjanya, pada Senin 23/11/2020, berkaitan dengan pelaksanaan siaga on call sebanyak satu pleton

  • Senin, 16 Nov 2020 14:36

    Menjaga Lahan Jangan Sampai Terbakar, Warga Muara Batang Toru Diberi Dana Rp1,125 Milyar

    Ismaini Boru Munthe, wanita berusia 40 tahun ini terlihat sedih. Namun kesedihannya karena bahagia. Pasalnya, ia dan warga lainnya tidak menyangka akan mendapat dana yang bisa digunakan untuk meningka

  • Senin, 09 Nov 2020 20:59

    Irman Pimpin Apel Tanggap Bencana di Mapolres Sergai

    Pjs Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir H Irman pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Tahun 2020 bertempat Halaman Mapolres Serdang Bedagai, di Sei Rampah, sekitar Pukul 09.00 Wib s/d selesai.

  • Senin, 09 Nov 2020 13:39

    Walikota Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam di Tebing Tinggi

    Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan memimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Tebingtinggi, Senin (9/11/2020) di Halaman Mapolres Tebingtinggi.Hadir dalam apel tersebut, Kap

  • Senin, 09 Nov 2020 12:19

    Gubsu Apresiasi Kapolda Sumut, Sigap Antisipasi Bencana Alam

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin MSi laksanakan Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Sumut bertempat di Lapangan KS Tubun Ma

  • Senin, 09 Nov 2020 12:09

    Forkopimda Labuhanbatu Raya Gelar Rakor Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Pilkada Serentak Mendatang

    Forkopimda Labuhanbatu Raya menggelar Rapat kordinasi kesiapan antisipasi bencana alam pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, di ruang Rapat Polres Labuhanbatu, Senin (9/11/20).Rapat dimaksu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak