Minggu, 19 Sep 2021 14:11
  • Home
  • Politik
  • Antisipasi Bencana Alam, Gubsu Minta Ada Posko Bersama di Daerah Rawan

Antisipasi Bencana Alam, Gubsu Minta Ada Posko Bersama di Daerah Rawan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Senin, 09 Nov 2020 16:39
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Provinsi Sumut di Lapangan Apel Markas Polisi Daerah Sumut (Mapoldasu) Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (9/11/2020).
Memasuki musim penghujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Kepolisian Daerah (Polda) Sumut dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam, di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja KM 10,5, Senin (9/11).

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta kepada Polda Sumut selaku inisiator Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam agar menyiapkan posko bersama di daerah-daerah rawan bencana. Dengan begitu bencana diharapkan lebih cepat ditanggulangi dan diatasi.

"Daerah (kabupaten) Toba, Karo, Pakpak Bharat dan daerah tinggi lainnya termasuk juga yang kita antisipasi itu banjir di Labuhanbatu. Ini yang sangat kita ansipasi, ada tempat-tempat yang harus kita siapkan alat-alat berat, personel dan peralatan. Bila ada bencana bisa segera di atasi," kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, apel ini penting dilakukan karena Sumut memasuki bulan-bulan dimana curah hujan cukup tinggi. Belajar dari musim penghujan sebelumnya, Polda, TNI dan Pemprov Sumut sangat mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor di Sumut.


"Memasuki Oktober, November dan Desember curah hujan cukup tinggi. Obat dalam bencana alam kesiapan, kita harus siap. Inilah Apel Kesiapsiagaan Bencana. Saya berterima kasih Polda memulai kegiatan ini, mengajak bersama-sama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan bencana alam," tambah Edy.

Berbagai peralatan canggih untuk menanggulangi bencana diperlihatkan pada apel kali ini, seperti mobil yang mampu mengubah air tidak layak minum menjadi layak minum, dapur umum bergerak, pendeteksi suara, alat komunikasi dan lainnya. Sedangkan untuk personel menurut keterangan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin mengatakan total pasukan untuk siap-siaga bencana ada 2.000 orang.

"Ada 2.000 personel yang terdiri dari Polda, Kodam, Basarnas dan Pemprov Sumut. Mereka dilatih dan disiapkan untuk bisa menghadapi bencana dengan baik, sudah tahu apa yang perlu dilakukan bila bencana," terang Sormin.

Sormin berharap dengan kesiapsiagaan Polri, TNI, Basarnas dan Pemprov maka penanggulangan bencana bisa cepat diatasi, terutama dalam menyelamatkan nyawa manusia. "Diharapkan dengan kesiapsiagaan personel menghadapi bencana lebih siap dan dapat mengantisipasi jatuhnya korban jiwa," kata Sormin.

Turut hadir pada apel kali ini Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kasdam I/BB Brigjend TNI Didied Pramudito, Kabinda Sumut Brigjend Ruruh Setyawibawa, OPD terkait dan unsur Forkopimda lainnya.
Editor: Herda

T#g:MitigasiPosko Bencana
Berita Terkait
  • Jumat, 17 Sep 2021 12:17

    BPBD Binjai mitigasi pembersihan sampah di DAS Mencirim

    Sebagai bentuk upaya pencegahan bencana banjir dan menjaga kelestarian Sungai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, melakukan Mitigasi pembersihan sampah Kayu dan Bambu yang menumpu

  • Jumat, 10 Sep 2021 18:50

    Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

    Polres bersama Pemko Tebing Tinggi, Koramil 13/TT dan stakeholder terkait menggelar apel kesiapsiagaan dalam menangani kejadian bencana alam di Kota Tebing Tinggi, Jumat (10/09/2021) di lapangan apel

  • Selasa, 24 Agu 2021 16:24

    Wagub Musa Rajekshah Imbau Masyarakat Waspada Perubahan Cuaca

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengimbau masyarakat waspada dengan adanya potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu akibat perubahan cuaca dan iklim. Seperti banjir, tanah long

  • Sabtu, 19 Jun 2021 16:19

    TMMD ke-111 Kodim 0204/DS, Cegah Longsor, Beckhoe Excavator Urug Tebing Jalan

    Meski pembukaan jalan sepanjang 3.839 meter di lokasi TMMD ke-111 Kodim 0204/DS sudah selesai, namun pada beberapa bagian masih dilakukan penyempurnaan. Terutama di titik-titik di mana kondisinya rawa

  • Selasa, 08 Jun 2021 16:08

    Apel Pelatihan Mitigalasi Bencana Secara Terpadu di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, diwakili Waka Polres AKBP Drs Natanael Panjaitan, memimpin apel pelatihan Mitigalasi Bencana Secara Terpadu, sebagai sarana edukasi dan pengendalian komando, Selasa (8/6).

  • Minggu, 23 Mei 2021 22:23

    Pasca Gempa Jatim, Kemensos Bentuk 2 KSB di Lumajang

    Kementerian Sosial terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapu bencana dengan mempercepat pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di sejumlah lokasi yang terindikasi rawan be

  • Rabu, 28 Apr 2021 07:56

    PD IPM Tanjungbalai: Mari Berbenah, Kita Siaga Bencana Banjir

    Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM ) kota Tanjungbalai mengatakan bahwa saat ini kita sedang dalam darurat bencana banjir.

  • Senin, 19 Apr 2021 23:19

    Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Pangkalan Udara Silas Papare

    Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Budhi Achmadi bertindak selaku Pimpinan Apel dalam Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Lanud Silas Papare.

  • Rabu, 17 Mar 2021 14:47

    Dinas Sosial Prakarsai Pembentukan Kampung Siaga Bencana

    Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan membuka kegiatan koordinasi, sosialisasi dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB), yang diprakarsai Dinas Sosial Kota Tebingtinggi di Gedung Hj Sawiyah

  • Selasa, 16 Mar 2021 01:16

    Perkuat Pemahaman Seluruh OPD tentang Kebencanaan dan Penanggulangannya

    Pendidikan dan pelatihan (Diklat) kebencanaan perlu diberikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov, selain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Langkah itu sebagai upaya mem

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak