Sabtu, 16 Jan 2021 00:07
  • Home
  • Pemilukada
  • Janji Bobby-Aulia, Mewujudkan Birokrasi Bersih dan Transparan

Janji Bobby-Aulia, Mewujudkan Birokrasi Bersih dan Transparan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Minggu, 08 Nov 2020 08:08
Istimewa
Kedua Paslon saat saling bertegur sapa sebelum memulai acara debat
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar debat kandidat putaran pertama di Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Sabtu (7/11/2020).

Dalam debat ini pasangan Bobby- Aulia Rachman menyoroti, warga Medan khusunya para pelaku UKM saat ini harus mahir dalam menggunakan digital agar bangkit di tengah keterpurukan di masa Covid-19 ini. Aulia Rachman dalam kesempatan itu juga menyoroti terkait kesejahteraan masyarakat Medan Utara yang masih dalam kondisi keterpurukan terlebih di masa Covid-19 ini. 

Hal ini diperparah dengan lemahnya pendataan sehingga bantuan yang disalurkan pemerintah tidak tepat sasaran. Di bidang birokrasi pasangan Bobby-Aulia berjanji jika terpilih akan menghadirkan pemerintahan yang bersih bebas korupsi, pungli dan KKN.

Mantu presiden Jokowi ini berkeyakinan korupsi salah satu menjadi menyebab kerusakan infrastruktur di Kota Medan. "Di mana saat ini, 15 persen jalan di Kota Medan rusak dan berlubang. Hal ini diduga akibat anggaran perbaikan jalan dikorupsi dan marak pungli," ungkapnya sembari meyakinkan audien kalau pasangan Bobby-Aulia terpilih jadi Walikota dan Wakil Walikota Medan, mereka akan mewujudkan birokrasi bersih dan transparan dalam pembangunan dan menghapuskan pungli dalam proyek-proyek yang dikerjakan pemerintah.

Terkait narkoba, kami akan menekankan ASN bebas narkoba dengan sesering mungkin melaksanakan test urine. "Jika ditemukan ASN terlibat narkoba akan kami tindak dan diberikan sanksi tegas," ungkap Bobby.


Sedangkan pasangan Akhyar Nasution-H Salman Alfarisi menyahuti pasangan Bobby menegaskan jika warga Kota Medan termasuk para pelaku UKM di Kota Medan sudah melek teknologi. 

Hal ini dibuktikan ketika ia memesan masker pada masa Covid-19, pelaku usaha tumbuh signifikan di mana mereka memasarkan produknya keluar kota menggunakan online (digital). Hal ini membuktikan kalau warga Medan khususnya para pelaku UMKM sudah melek digital.

"Jadi salah kalau ada yang menuding warga Medan tidak belum melek Digital. Digitalisasi di Medan sudah terjadi dan bukan barang aneh lagi," ungkap Akhyar Nasution yang merupakan petahana.

Lebih lanjut Plt Walikota Medan ini juga menyampaikan untuk mengatasi pengangguran di Kota Medan yang meningkat di masa pandemi Covid-19 ini, ia akan memaksimalkan program kedai berkawan dengan meningkatkan kualitas masyarakat.


"Kedepannya kita akan melahirkan ribuan industri startup dengan berkoordinasi dengan melibatkan institusi struktural," ungkap calon Wakil Walikota Medan H Salman Alfarisi menimpali. Mereka juga akan membenahi fasilitas kesehatan yakni Puskesmas sebagai ujung tombak di masyarakat guna mengatasi pandemi Covid-19.

Terkait Kota Medan 2019 disebutkan salah satu kota terjorok itu disebabkan pengolahan sampah di TPA Medan masih menggunakan metode lama belum sanitary landfield. "Kedepanya, kita akan ubah pengolahan sampah di TPA dengan model sanitary landfield sehingga Medan tidak akan mendapatkan predikat Kota terjorok lagi," paparnya sembari menyampaikan mereka juga akan mereduksi sampah menjadi briket dan arang.

Terkait masyarakat Medan Utara yang masih terpuruk mereka akan mengembangkan penangkapan ikan dengan sistem rumpon untuk meningkatkan penghasilan nelayan di kawasan itu. Kemudian melakukan pengembangan teknologi paskapenangkapan sehingga memberikan nilai tambah bagi nelayan kita.

Terkait industri di kawasan Medan Utara, ia menyatakakan saat ini kewenangan Pemko Medan sangat kecil khususnya terkait perizinan dan pajak yang semuanya sudah diambil alih pusat. Terlebih pasca ditetapkannya UU Omnibuslaw (Cipta Kerja) yang mengkebiri kewenangan daerah.

Hal senada juga disampaikan Salman Alfarisi dimana dengan ditetapkannya UU Omnibuslaw menambah menambah trauma masyarakat buruh dan pekerja.


Dalam kesempatan itu, Akhyar Nasution juga menyampaikan dalam pemberantasan narkoba, Kota Medan akan membentuk Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Medan. "Kita sudah menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk ini," ungkapnya.

Sebelumnya saat membuka debat yang terdiri dari enam sesi ini, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadhani Damanik mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak sehingga kegiatan "Debat Kandidat Putaran Pertama Pilkada Medan" ini bisa berlangsung secara live  lembaga penyiaran swasta nasional.

"Saya berharap seluruh warga Medan menonton acara debat ini agar bisa mencermati pasangan calon yang akan dipilihnya," ungkapnya sembari mengajak masyarakat mencermati debat ini dan mengikutinya hingga akhir.

Kegiatan debat ini dihadiri Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap bersama  Komisioner Bawaslu lainnya Taufiqurrahman, para Komisioner KPU Medan Zefrizal, Nana Minarti dan Edi Suhartono, Sekretaris Nirwan serta Kasubbag Hukum Nazrul Nasution.

Kedua pasangan calon juga dikawal tokoh pusat di mana pasangan M Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman dikawal Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno menuju arena debat. Sedangkan pasangan Akhyar Nasution-H Salman Alfarisi langsung didampingi Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Debat kandidat putaran pertama ini berjalan lancar dengan protokol kesehatan Covid-19.
Editor: Budi

T#g:Debat PublikPilkada Medan
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Des 2020 09:06

    KPU Kota Medan Rapat Pleno Terbuka Penghitungan Suara, Bobby - Aulia Pemenang

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Wali Kota - Wakil Wali Kota Medan. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Pe

  • Rabu, 09 Des 2020 19:29

    Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Cek Keamanan Pelaksanaan Pilkada 2020 di Medan

    Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB laksanakan Patroli Skala Besar personel gabungan TNI dan Polri dalam rangka pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 di Wilayah Hukum Polrestabes Medan, Rabu

  • Minggu, 06 Des 2020 08:46

    KPU Medan laksanakan debat terakhir, 2 Paslon sepakat hanya koloborasi yang bisa atasi banjir

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melaksanakan "Debat Kandidat Pilkada Medan 2020 Putaran III" di Hotel Grand Cityhall Medan, Sabtu (5/12/2020).Kegiatan ini disiarkan langsung secara Live dari le

  • Kamis, 03 Des 2020 20:03

    Paslon Nomor 3 tegas menjawab solusi memberantas narkoba di Debat Publik Pilkada Binjai 2020

    Debat Publik Putaran Akhir Calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai di Lantai IV Hotel Graha Kardopa, Kamis (3/12) berakhir pada Pukul

  • Kamis, 03 Des 2020 16:33

    Harry Dani menilai Paslon Juliadi- Amir Hamzah menangkan debat publik terakhir Pilkada Binjai 2020

    Debat Publik Putaran Akhir Calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020, yang digelar di Hotel Kardopa, Jalan S Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Kamis (3/12) dan disiarkan secara langsung ole

  • Kamis, 03 Des 2020 05:53

    Siang nanti, debat terakhir para Paslon Calon Walikota/ Wakil Walikota Binjai Pilkada 2020

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, akan melaksanakan Debat Publik putaran akhir Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai, hari ini, Kamis (3/12).Debat Publik akan disiarkan secara langsung d

  • Senin, 30 Nov 2020 09:40

    Hasil Debat Publik Kedua Paslon 3 "ASRI" Unggul, Masyarakat Menilai Andi Suhaimi Layak Melanjutkan Bupati Labuhanbatu

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu menggelar debat putaran II pasangan calon bupati/wakil bupati pada Labuhanbatu 2020. Debat putaran II ini disiarkan langsung Efarina TV mulai pukul 15.00 WIB, b

  • Selasa, 24 Nov 2020 09:04

    Pemko Medan Siap Dukung Pelaksanaan Pilkada Serentak Dengan Protokol Kesehatan

    Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setda Kota Medan Renward Parapat mengikuti Rapat bersama Anggota Komisi II DPR RI Dal

  • Sabtu, 21 Nov 2020 08:01

    KPU Kota Medan Menggelar Debat Kandidat Pilkada Medan Putaran Kedua

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar "Debat Kandidat Pilkada Medan 2020 putaran kedua" yang akan disiarkan langsung TVRI mulai pukul 19.00 WIB dari Hotel Grand Mercure Medan, Sabtu (21/11/

  • Jumat, 13 Nov 2020 11:43

    Paslon 5, Calon Bupati Labusel H. Maslin Pulungan Bicara Strategi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Daerah

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Selatan menyelenggarakan debat pertama pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan 2021-2026 pada Pilkada Serentak 2020. Dalam

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak