Kamis, 02 Apr 2020 07:28
  • Home
  • Kesehatan
  • Di Paluta, 4 Orang ODP dan 188 Orang Pelaku Perjalanan Masuk Dalam Pantauan

Di Paluta, 4 Orang ODP dan 188 Orang Pelaku Perjalanan Masuk Dalam Pantauan

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Umar Rambe
Jumat, 27 Mar 2020 13:07
Istimewa
Sebanyak 4 orang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 188 orang yang baru melakukan perjalanan keluar daerah masuk dalam daftar pantauan Tim Terpadu Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Hal ini disampaikan oleh juru bicara tim terpadu percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Paluta, Lairar Rusdi Nasution SSTP. "Untuk kategori ODP ada 4 orang, dan untuk pelaku perjalanan yang juga kita pantau ada 188 orang," ujarnya, Kamis (26/3).

Dijelaskannya, sebutan pelaku perjalanan ini merupakan sebutan bagi warga yang baru melakukan perjalanan ke luar daerah yang disinyalir merupakan daerah pandemi Covid-19. Sedangkan untuk kategori ODP adalah sebutan bagi orang yang juga diketahui melakukan perjalanan ke luar daerah dan mengalami keluhan kesehatan yang mengarah kepada gejala suspect Covid-19.

Lanjutnya, untuk 4 orang yang masuk kategori ODP saat ini masih dilakukan perawatan serta pengobatan dan jika nanti kondisi kesehatannya semakin memburuk akan ditingkatkan statusnya menjadi Pasien Dalam Perawatan (PDP) dan apabila perlu akan dirujuk ke rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan penyakit Covid-19.

"Selain punya riwayat perjalanan dari tempat terjangkit, ke 4 orang tersebut juga mengalami gejala klinis yang muncul seperti batuk, pilek, flu ringan atau demam. Makanya saat ini kita rawat dan dikategorikan ODP," jelasnya.

Dan untuk 188 orang pelaku perjalanan sudah dicek kesehatannya dan kondisinya normal serta tidak ada keluhan. Meski begitu akan dilakukan pemantauan dan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan sejak yang bersangkutan dicek kesehatannya oleh petugas.


"Dan apabila selama 14 hari kedepan ada gejala-gejala seperti batuk, pilek atau demam agar langsung melapor ke petugas kesehatan di desa atau Posko maupun Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis dan bisa saja berubah statusnya menjadi ODP," tambahnya.

Masih menurut Lairar, untuk ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan saat ini sudah disediakan oleh pihak Pemkab Paluta sambil menunggu APD yang akan disuplai oleh pihak Pemprovsu maupun pemerintah pusat yang masih dalam perjalanan.

Ketika disinggung apakah ada rencana pengadaan Rapid test oleh Pemkab Paluta, Lairar mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pembahasan dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk hal tersebut.

"Untuk Rapid test, saat ini sedang dalam pembahasan untuk hal tersebut. Dan kemungkinan akan kita lakukan pengadaan alat rapid test meskipun tidak dalam jumlah yang besar," pungkasnya.

Berikut adalah daftar Posko Covid-19 Di kabupaten Paluta :


1. Posko Gunungtua meliputi wilayah kerja Puskesmas Gunungtua, Puskesmas Nagasaribu dan Puskesmas Siunggam,
2. Posko Batugana di Puskesmas Batugana,
3. Posko Bandara meliputi wilayah kerja Puskesmas Aek Godang dan Puskesmas Pasar Matanggor,
4. Posko Sipiongot meliputi wilayah kerja Puskesmas Sipiongot dan Puskesmas Sibio-Bio,
5. Posko Hutaimbaru meliputi wilayah kerja Puskesmas Pangirkiran dan Puskesmas Batang Pane II,
6. Posko Simundol meliputi wilayah kerja Puskesmas Simundol dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu,
7. Posko Langkimat meliputi wilayah kerja Puskesmas Langkimat dan Puskesmas Ulak Tano,
8. Posko Kosik Putih meliputi wilayah kerja Puskesmas Kosik Putih dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Labuhan Batu Selatan.
Editor: Adjie

T#g:palutaVirus Corona
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 31 Mar 2020 10:51

    DPK KNPI Minta Rumah Sakit Transparan Soal Warga Medan Denai, Meninggal Akibat Corona Atau Bukan?

    Di tengah beredarnya virus corona yang melanda, DPK KNPI Medan Denai angkat bicara atas beredarnya di berita daring mengenai terjadinya perdebatan antara pihak kepolisian dan salah seorang anggota DPRD Kota Medan.

  • Selasa, 31 Mar 2020 08:01

    Satu Warga PDP di Paluta, Jubir: Tetap Tenang, Jangan Panik

    Juru Bicara Tim Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Paluta Lairar Rusdi Nasution menyampaikan bahwa satu orang warga kini menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

  • Senin, 23 Mar 2020 16:13

    Maklumat Kapolri, Kapolres Sergai Bubarkan Hiburan Organ Tunggal Tanpa Izin

    Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid 19), Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robinson  Simatupang

  • Minggu, 22 Mar 2020 09:22

    Jubir Penanganan Corona: Klorokuin, obat untuk penyembuhan, bukan pencegahan

    Achmad Yurianto, mengkonfirmasi bahwa pemerintah sudah mulai mendatangkan obat yang secara evidence based, secara pengalaman, digunakan oleh negara yang lain dan memberikan respons yang positif.

  • Minggu, 22 Mar 2020 08:22

    TNI-Polri dan Unsur CIQ PLBN Sota Cegah Virus Corona di Perbatasan RI-PNG

    TNI-Polri bersama dengan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) PLBN Sota sepakat bersinergi meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Perbatasan RI-PNG, Distrik Sota.

  • Minggu, 22 Mar 2020 03:22

    WHO Memuji Penanganan Virus Corona Pemerintah Indonesia

    Badan Kesehatan Dunia, WHO, memuji aksi tanggap Corona di Indonesia. Selain penanganan Virus Corona sudah optimal, strategi Indonesia untuk menanggulangi wabah penyakit tersebut telah sesuai standar i

  • Jumat, 20 Mar 2020 13:10

    Antisipasi Virus Corona, Kodim 0209/LB Dirikan Rumah Sakit Lapangan

    Langkah preventif terus dilakukan Kodim 0209/LB untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

  • Jumat, 20 Mar 2020 08:40

    Per 19 Maret, Total 309 Orang Positif Covid-19, Sembuh 15 dan Meninggal 25 Orang

    Pemerintah merilis bahwa hingga Kamis (19/3) total kasus terlaporkan positif Covid-19 sebanyak 309 orang, yang sudah sembuh ada 15 orang, dan meninggal dunia sejumlah 25 orang.

  • Kamis, 19 Mar 2020 22:59

    Warga Desa Sipaho Minta Bupati Paluta Audit Dana Desanya

    Puluhan warga desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang lawas Utara (Paluta) mendatangi kantor Bupati Paluta, Kamis (19/03/2020).

  • Kamis, 19 Mar 2020 20:59

    Bupati Paluta Liburkan Anak Sekolah Demi Mengantisipasi Covid-19

    Mengantisipasi wabah virus Corona (Covid-19) yang berkembang saat ini, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap SSTP M.Si meliburkan anak sekolah mulai hari Jum'at (20/3) hingga 14 hari kedepan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak