Jumat, 26 Apr 2024 01:58
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Walikota Medan dukung pemberdayaan istri nelayan

MEDAN (utamanews.com)

Rabu, 06 Nov 2013 15:52

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs. HT Dzulmi Eldin S MSi mendukung penuh program Sumatera Woman Foundation (SWF) dalam pemberdayaan perempuan kreatif, terutama para istri nelayan yang tinggal di wilayah pesisir agar menjadi mandiri dan sejahtera. Salah satu
pemberdayaan yang dilakukan  dengan memberikan pelatihan "buah dan daun mangrove" diolah menjadi bahan makanan sehingga memiliki nilai jual. Dengan program ini diharapkan ibukota provinsi Sumatera Utara dapat menjadi ikon Mangrove di Indonesia. 

Dukungan ini langsung disampaikan Eldin ketika menerima pengurus SWF di Balai Kota Medan, Rabu (6/11).  Mantan Sekda Kota Medan ini mengaku sangat tertarik dengan program yang ditawarkan "organisasi perempuan nirlaba penggerak dan pelopor" yang membantu kreativitas perempuan desa untuk memasarkan produk dan mengembangkan desa sejahtera. Sebab, ia mengaku selama ini mangrove hanya berguna untuk menahan abrasi air laut, dijadikan kayu arang dan furniture.

“Saya baru tahu kalau buah dan daun mangrove bisa dijadikan bahan makanan. Jika istri nelayan diajarkan dan dilatih untuk mengolah buah dan daun mangrove, tentunya dapat membantu meningkatkan penghasilan keluarga. Karenanya, saya mendukung penuh program ini. Sebab, saya punya obsesi untuk mengentaskan kemiskinan terhadap saudara-saudara kita yang mata pencahariannya sebagai nelayan,” kata Eldin.

Untuk mendukung program ini, Eldin akan mengistruksikan kepada SKPD terkait untuk menanami  mangrove di seluruh kawasan pinggiran pantai. Selain untuk mencegah terjadinya abrasi, buah dan daun mangrove tentunya bisa dimanfaatkan para istri nelayan untuk menambah
penghasilan mereka. Dengan begitu istri nelayan tidak akan merasa terganggu dan terbebani jika suami mereka tidak dapat melaut akibat faktor cuaca buruk krena telah memiliki penghasilan.

Kepada Ade Nova Zein SH selaku Lead of Director SWF didampingi pengurus lainnya yakni Hj Apriani H Nasution SE, Aldanalia Delvi, Dewi Zein dan Dra Susi Mery Junita S., Eldin  menjelaskan saat ini Pemko Medan tengah konsentrasi membangun wisata mangrove di kawasan Sicanang, Medan Belawan. Karenanya, program yang ditawarkan SWF tentunya akan mendukung upaya tersebut.
“Setelah mengetahui buah dan daun mangrove dapat dijadikan makanan, saya ingin mangrove tidak hanya ditanam di kawasan Sicanang tetapi harus di seluruh pinggiran pantai. Semakin banyak mangrove tentunya sangat mendukung terciptanya ekonomi kreatif bagi para istri nelayan.

Mereka bisa mengolahnya menjadi makanan sehingga penghasilan mereka bertambah. Artinya, mereka tidak hanya menggantungkan hidup dari penghasilan suami menangkap ikan di laut,” ungkapnya.

Sementara itu, Lead of Director SWF Ade Nova Zein SH  kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi
menjelaskan, kunjungan yang mereka lakukan untuk minta dukungan penuh Pemko Medan dalam melakukan pembinaan terhadap para istri nelayan.

Organisasi mereka ingin memberikan pelatihan kepada istri nelayan untuk mengolah daun dan buah mangrove menjadi makanan yang memiliki nilai jual.
“Kita telah melakukan penelitian dan percobaan terhadap buah dan daun mangrove. Ternyata buahnya bisa digunakan untuk selai, sedangkan daunnya dapat diolah menjadi kerupuk dan jamu. Keseluruhan produk yang berasal dari buah dan daun mangrove telah kita pasarkan. Ternyata peminatnya cukup banyak, termasuk dari luar negeri,” jelas Ade.

Atas dasar itulah Ade ingin membantu meningkatkan penghasilan istri para nelayan dengan melatih mereka untuk mengolah buah dan daun
mangrove, sebab di sekitar tempat tinggal mereka banyak sekali ditumbuhi mangrove.  Selain ikut melestarikan mangrove, penghasilan
mereka juga bertambah. 
“kita siap membantu untuk memasarkan seluruh produk yang dihasilkan para istri nelayan,” paparnya.

Selain menawarkan program membina istri nelayan dengan memanfaatkan daun dan buah mangrove, Ade juga  minta dukungan penuh Pemko Medan terkait dengan rencana menggelar aerobic massal ibu-ibuk kreatif. Even itu akan digelar  22 Desember mendatang di lapangan Merdeka dalam rangka menyambut Hari Ibu. Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini akan dikenakan biasa Rp.10.000. Selanjutnya uang hasil kegiatan akan disumbangkan untuk membantu istri nelayan di kawasan pesisir, terutama Belawan. (Hpm)
T#g:Nelayanpendidikan
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️