Sabtu, 16 Okt 2021 09:50
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Diduga Dapat Tekanan Lurah Sirandorung Ganti Kepala Lingkungan Secara Sepihak Tanpa Menerbitkan Surat Pemberhentian

Diduga Dapat Tekanan Lurah Sirandorung Ganti Kepala Lingkungan Secara Sepihak Tanpa Menerbitkan Surat Pemberhentian

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Selasa, 12 Okt 2021 09:52
Istimewa
Kepala Kelurahan Sirandorung Muhammad Khamisdan Ritonga
Beberapa kepala lingkungan di kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu telah diganti, diberhentikan secara sepihak oleh kepala kelurahan Sirandorung Muhammad Khamisdan Ritonga dengan mengangkat kepala lingkungan yang baru.

Adapun kepala lingkungan yang diberhentikan secara sepihak berdasarkan informasi yang dihimpun utamanews yakni kepala lingkungan Tahalak Simin (Talsim) dan kepala lingkungan Pasuruan Jaya.

Namun anehnya, dalam melakukan pergantian kepala lingkungan yang lama kepala kelurahan Sirandorung tidak menerbitkan surat pemberhentian secara tertulis, pemberhentian dimaksud hanya secara lisan saja, sementara itu SK kepala lingkungan yang lama masih dipegang oleh kepala lingkungan yang diberhentikan secara sepihak tersebut.

Sementara itu, untuk pengangkatan kepala lingkungan yang baru kepala kelurahan Sirandorung mengeluarkan surat keputusan kepala kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu yang mana tertuang pengangkatan menjadi kepala lingkungan yang baru mengantikan kepala lingkungan yang lama.

Dalam hal ini, diduga kuat kepala kelurahan Sirandorung M. Khamisdan Ritonga dalam membuat kebijakan dikarenakan mendapat tekanan dalam proses pergantian kepala lingkungan yang ada diwilayah kerjanya.

Selain itu pergantian kepala lingkungan secara sepihak tersebut, diduga sarat oleh kepentingan politik pejabat yang berkuasa saat ini, yang mana tujuannya menempatkan orang-orang disekitarnya menduduki jabatan kepala lingkungan dugaan kuat untuk melakukan penggalangan dukungan suara kedepannya kepada masyarakat selaku pemegang hak suara dalam gelaran pemilihan kepala daerah yang akan yang dilaksanakan secara serentak di tahun 2024.

Dalam hal ini, kepala lingkungan adalah seseorang yang dipercaya untuk memimpin lingkungan yang dipilih oleh masyarakat setempat, yang selalu patuh dan taat menjalankan perintah atasan dalam hal ini, lurah selaku pemangku jabatan kepala kelurahan, jadi apapun yang diperintahkan atasan mereka akan kerjakan, dan kini akibat kepatuhan mereka terhadap atasan berdampak pada jabatan kepala lingkungan yang mereka dipegang.

Seyogianya, kepala kelurahan yang seharusnya dicopot dari jabatannya, bukan kepala lingkungan yang notabene orang yang selalu mendapat perintah, dan harusnya terhadap kepala lingkungan dilakukan pembinaan untuk dapat mendukung dan menjalankan visi dan misi kepala daerah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat banyak.

Terkait hal pemberhentian kepala lingkungan secara sepihak tersebut, utamanews coba meminta konfirmasi kepala kelurahan Sirandorung M. Khamisdan Ritonga melalui panggilan whastappnya, Senin (11/10/2021) Sekira pukul 15:23 Wib.

Kepala kelurahan Sirandorung M Khamisdan Ritonga mengatakan untuk kepala lingkungan yang sudah diganti ada dua orang, dan tambahan dua lagi sudah diproses pergantianya.

"Kepala lingkungan tersebut diberhentikan, untuk reorganisasi dan penyegaran itu bisa saja bang," Ucap Khamisdan kepada utamanews.

Saat disinggung utamanews apakah kepala lingkungan yang ada dikelurahan Sirandorung akan diganti semua, Khamisdan menjelaskan kemungkinan akan diganti semua, "Mungkin-mungkin kesana arahnya bang," Tegasnya lagi.

Kembali disinggung utamanews lurah Sirandorung dapat tekanan dari siapa untuk pergantian kepala lingkungan, Khamisdan mengatakan, "Wuiih.!!! macamlah itu bang, ada yang ngapain itu tak bisa dibilang bang, Ujarnya tanpa menyebutkan nama seseorang yang memberikan tekanan terhadap dirinya.

Lanjut Khamisdan, "Statusnya pemberhentian, reorganisasi, penyegaran biasanya itu lurah, tidak ada istilah pemberhentian atau pemecatan mana ada kayak gitu, samanya itu statusnya, dan terkait pergantian kepala lingkungan tidak ada perdanya," Ungkap Khamisdan menutup komunikasinya.

Disisi lain terpisah salah seorang mantan kepala lingkungan yang sudah diberhentikan yang tidak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi utamanews membenarkan kalau ianya sudah diganti, diberhentikan tanpa surat pemberhentian melainkan hanya lisan saja.

"Kita tidak tahu kesalahan apa sehingga diberhentikan sepihak, padahal seingat saya, kita bekerja sesuai dengan aturan yang ada, bahkan sangat mematuhi perintah atasan, bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan ditingkat lingkungan," Ucapnya.

Sehubungan dengan pernyataan kepala kelurahan sirandorung yang mendapat tekanan dari seseorang, utamanews terus mendalami dengan melakukan investigasi mengungkap orang-orang yang diduga melakukan penekanan atas pergantian sepihak kepala lingkungan khususnya yang ada di kelurahan sirandorung serta mendalami informasi dugaan adanya pungli sebesar Rp15 juta (lima belas juta rupiah) untuk mendapat posisi jabatan sebagai kepala lingkungan.
Editor: Budi

T#g:KeplingLabuhanbatuLurahSirandorung
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Okt 2021 18:25

    Kemenkumham Sumut - Alumni USU Gelar Vaksinasi Massal di Labuhan Batu

    Percepat Target Vaksinasi Covid-19, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara bersinergi dengan Alumni Universitas Sumatera Utara atau disebut dengan Alumni BelUSUkan untuk Indonesia Maj

  • Rabu, 06 Okt 2021 16:46

    KPU Labuhanbatu Diduga Nakal Gelembungkan Harga Sewa Gedung Hotel Permata Land Rantauprapat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Labuhanbatu pasca PSU 24 April 2021 menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil

  • Selasa, 05 Okt 2021 16:55

    Hampir Dua Pekan Puluhan Mobil Dinas Pemkab Labuhanbatu Terparkir Di Halaman Kantor Sat Pol PP

    Puluhan mobil dinas Pemerintah kabupaten Labuhanbatu berbagai merk dan jenis terparkir di halaman kantor Sat Pol PP yang berada di jalan WR Supratman Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara.I

  • Senin, 04 Okt 2021 14:04

    Kodim 0209/LB Gelar Do'a Bersama Sekaligus Santuni Anak Yatim Dalam Rangka HUT TNI Ke 76 Tahun 2021

    Bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat yang diberikan sang pencipta Tuhan yang maha esa, maha pengasih maha penyayang, Kodim 0209/LB dibawah Komando Komandan Distrik Militer (Dand

  • Senin, 04 Okt 2021 11:24

    Dandim 0209/LB Bagikan Paket Sembako Door To Door Kepada Warga Kurang Mampu Usai Ziarah Nasional

    Usai melaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) rantauprapat, Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.,M.Tr (Han) langsung menuju kerumah warga kurang mampu secara door

  • Senin, 04 Okt 2021 10:04

    Peringati HUT TNI Ke 76, Dandim 0209/LB Melaksanakan Ziarah Nasional Di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat

    Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 76 tahun 2021 melaksanakan ziarah nasional di

  • Sabtu, 02 Okt 2021 08:02

    Plh Kasdim 0209/LB Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

    Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti Jalan raya Pondok gede, lubang buaya Jakarta Timur, namun juga seluruh jajaran TNI AD diperinta

  • Sabtu, 02 Okt 2021 08:02

    Kodim 0209/LB Gelar Karya Bhakti Pembersihan Taman Makam Pahlawan Sambut HUT TNI Ke 76

    Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke 76 Tahun 2021, Kodim 0209/LB mengelar kegiatan bhakti sosial pembersihan taman makam pahlawan, Jum'at (01/10/2021) sekira pukul 08:00 Wib di jalan J

  • Jumat, 01 Okt 2021 22:31

    Setelah Warga Lapor Bobby Nasution, Kepling Ini Langsung Kembalikan Uang Pungli

    Perintah Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada Camat Medan Tembung A Barli Mulia Nasution agar Abdul Rahman, Kepala Lingkungan VI Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung untuk segera mengembalikan s

  • Rabu, 29 Sep 2021 21:39

    Walikota Binjai Lantik 56 Pejabat Eselon III dan IV, Sejumlah Camat Ini Bergeser

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, melantik dan mengambil sumpah 56 Pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kota Binjai, bertempat di Aula Pemko Binjai, Rabu (29/9).Pelantikan ini dila

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak