Minggu, 19 Sep 2021 08:57
  • Home
  • Ragam
  • TP2GD Sumut Usulkan HM Arsyad Thalib Lubis Jadi Pahlawan Nasional

TP2GD Sumut Usulkan HM Arsyad Thalib Lubis Jadi Pahlawan Nasional

Medan (utamanews.com)
Oleh: Salman
Jumat, 02 Apr 2021 10:02
Diskominfo Sumut/ Fahmi Aulia
R Sabrina, didampingi Kadis Sosial Rajali, dan Ketua Al Washliyah Sumut yang juga anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, memimpin sidang TP2GD pengajuan HM Arsyad Thalib Lubis sebagai Pahlawan Nasional, di Le Polonia Hotel, Medan, Kamis (01/04).
Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar sidang kajian untuk pengusulan gelar pahlawan nasional. Setelah mengkaji pengusulkan nama Sanusi Pane dan MH Manullang, TP2GD Sumut juga pun akan mengusulkan Haji Muhammad Arsyad Thalib Lubis untuk mendapat gelar pahlawan nasional.

"Ketiga nama itu akan kita usulkan mendapat gelar pahlawan nasional, semua punya jasa yang besar untuk bangsa ini," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina, yang juga Ketua TP2GD Sumut, usai melakukan sidang pengkajian pengusulan gelar Pahlawan Nasional atas nama HM Arsyad Thalib Lubis, di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman Medan, Kamis (1/4).


Menurut Sabrina, HM Arsyad Thalib Lubis sangat layak diusulkan menjadi pahlawan nasional, sebab ulama kelahiran Stabat, Oktober 1908 tersebut, juga dikenal sebagai penulis dan tokoh pendiri Al Jam'iyatul Washliyah atau Al Washliyah. "Al Jam'iyatul Washliyah adalah salah satu organisasi Islam di Indonesia yang didirikan 30 November 1930," tambahnya.

Menurut Sabrina, jasa HM Arsyad Thalib Lubis tidak dapat dipisahkan dari sejarah tradisi keulamaan Al Jam'iyatul Washliyah Provinsi Sumut. Konstribusinya, bersama Al Jam'iyatul Washliyah dalam memperjuangkan kemerdekaan, menjaga stabilitas masyarakat dan meningkatkan pendidikan di Sumut adalah merupakan keinginan umat dan berbarengan dengan cita-cita bangsa dalam mencerdaskan rakyat.

"Aktivitas yang dilakukan mengangkat reputasi Al Jam'iyatul Washliyah sehingga dikenal di seluruh pelosok Indonesia," ujar Sabrina.

Karena itu, Sabrina mengimbau agar panitia pengusul menyiapkan dokumen dengan sebaik mungkin. "Perhatikan hasil paparan hari ini, kita bukan berdebat untuk menjatuhkan, tapi saling memberikan masukan agar berkas yang kita usulkan lengkap sesuai persyaratan yang diminta," harapnya.


Ketua Panitia Pengusul Gelar Pahlawan Nasional HM Arsyad Thalib Lubis, Dedi Iskandar Batubara mengatakan bahwa sewaktu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, HM Arsyad Thalib Lubis memiliki pendirian yang teguh dalam memfatwakan mati syahid hukumnya bagi para pahlawan yang gugur dalam pertempuran melawan kolonial Belanda. Serta menganjurkan untuk berjihad dan memberikan dana yang besar dalam perlawanan terhadap kolonial Belanda.

"Karena keberaniannya itu, beliau beberapa kali ditahan oleh Belanda, beliau ditangkap oleh penjajah pada tanggal 23 Maret 1949 dan dipenjarakan sebagai tahanan politik di penjara Suka Mulia Medan," ujar Dedi,  yang juga merupakan Ketua PW Al Washliyah Sumut.

Untuk diketahui, HM Arsyad Thalib Lubis merupakan anak ke lima dari delapan bersaudara, ayahnya bernama Lebai Thalib Lubis bin Haji Ibrahim Lubis, Ibunya bernama Kuyon binti Abdullah, Kakeknya  Ibrahim Lubis yang berasal dari Tapanuli Selatan.


Pada awalnya, HM Arsyad Thalib Lubis mendapat pendidikan dari ayahnya yang sebagai ulama Stabat. pendidikan dasar ditamatkan di Sekolah Rakyat Stabat, Madrasah Islam (Ibtidaiyah) Stabat (1917-1920), Madrasah Islam (Tsanawiyah) Binjai (1921-1922), kemudian pada tahun 1923 dilanjutkan ke Kota Tanjung Balai Asahan.

Sejarawan Universitas Negeri Medan (Unimed), Dr Phil Ichwan Azhari, MS mengatakan bahwa Sumut beruntung punya tokoh intelektual seperti HM Arsyad Thalib Lubis. Ia melawan penjajah dengan kekuatan tulisan.

"Beliau banyak menulis buku, tercatat ada 40 buku yang sudah ditulisnya, kalau bisa semua cover judul bukunya juga ikut dilampirkan, biar penguji di Jakarta juga tahu karya karya beliau," tambahnya.

Editor: Herda

T#g:DPD RIPahlawan
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Jul 2021 18:29

    Peduli, Pdt Willem TP Simarmata Berikan Bantuan Beras untuk Warga Korban Puting Beliung

    Sejumlah rumah di pinggiran Kota Medan tepatnya di Tanjung Selamat, Deliserdang dan sekitarnya mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi pada 28 Juni 2021.Atap sejumlah rumah beterb

  • Sabtu, 12 Jun 2021 15:52

    Tidak Pro Rakyat, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Minta Pemerintah Pikir Ulang Tentang Pajak Sekolah dan Sembako

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata menilai rencana pemerintah untuk mengadakan Pajak Pertambahan Nilai atas Sekolah dan produk pertanian, perikanan, peternakan, dan lain sejenisnya tidak pro rakya

  • Jumat, 28 Mei 2021 18:58

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Deliserdang

    Selama tiga hari, 21-23 Mei 2021, Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wisma HKBP Penara, Desa Wonosari, Kab Deli Serdang.

  • Senin, 17 Mei 2021 21:57

    Senator Pdt Willem TP Simarmata Beri Bantuan Beras untuk Pesantren Mantan Teroris

    Anggota DPD RI asal Sumut Pdt Willem TP Simarmata mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hidayah di Jl Sawit Rejo, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Senin (17/5/2021).

  • Selasa, 13 Apr 2021 03:13

    Wanita TNI Laksanakan Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional

    Wanita TNI melaksanakan Ziarah ke makam Pahlawan Nasional, dapat memberi aura kepahlawanan yang dapat dirasakan oleh seluruh wanita TNI dimanapun berada, mungkin bagi yang belum pernah melihat makam R

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Jumat, 26 Mar 2021 17:26

    Menentang Kolonialisme di Tanah Batak, MH Manullang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

    Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Sumatera Utara (Sumut) melanjutkan pembahasan nama-nama tokoh yang akan diusulkan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Kali ini, giliran tokoh Mangaradja

  • Rabu, 24 Mar 2021 03:24

    3 Nama Mulai Dibahas TP2GD Sumut Untuk Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

    Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai membahas tiga nama tokoh asal Sumut, untuk diusulkan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, Selasa (23/3), di Hotel L

  • Rabu, 24 Feb 2021 10:24

    Pemprov Sumut Nilai Sanusi Pane Sangat Layak Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menilai Sanusi Pane sangat layak diusulkan menjadi Pahlawan Nasional dari Sumut. Karena jasa besarnya ikut mempelopori proses lahir dan berkembangn

  • Kamis, 18 Feb 2021 16:28

    Anggota DPD RI, Dr Willem TP Simarmata Temui Ketua MUI Sumut

    Anggota DPD RI, Pdt Dr Willem TP Simarmata, MA temui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Kamis (18/02/2021), di Kantor MUI Sumut Jl Majelis Ulama No 3 Gaharu, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak