Selasa, 28 Sep 2021 20:32
  • Home
  • Ragam
  • Revitalisasi Lapangan Merdeka Diharapkan Lengkapi Pembenahan Kota Lama Kesawan

Revitalisasi Lapangan Merdeka Diharapkan Lengkapi Pembenahan Kota Lama Kesawan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 14 Sep 2021 20:54
Istimewa
Pemko Medan tengah melakukan perencanaan revitalisasi Lapangan Merdeka yang diharapkan melengkapi penataan kawasan kota lama Kesawan.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Paparan Desain Revitalisasi Lapangan Merdeka oleh Hartono Architect yang dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Selasa (14/9/2021) di Ruang Rapat I, kantor Wali Kota Medan.

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Anggota DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari, Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman, Sekda Wiriya Alrahman, dan Kepala Bappeda Benny Iskandar, dan arsitek Suhardi Hartono.

Bobby Nasution mengatakan, revitalisasi ini diharapkan juga akan menciptakan keterhubungan antara Kesawan, Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kereta Api.

Disebutkannya pula, revitalisasi ini juga harus membuat Lapangan Merdeka menjadi lebih bermanfaat. 

Diharapkan, persoalan parkir di kawasan tersebut terpecahkan melalui revitalisasi itu, yakni dengan membangun tempat parkir terpusat di bawah tanah.

Anggota DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari mendukung dan berharap revitalisasi Lapangan Merdeka ini dapat terwujud.

Anggota DPRD Sumut dari Daerah Pemilihan Medan ini mengatakan, saat ini tengah dilakukan pembahasan RAPBD Sumut 2022. Disebutkannya, ada bantuan keuangan provinsi ke daerah.

Berkaitan dengan itu, Akbar meminta Pemko Medan segera mengajukan proposal disertai surat pengantar dari Wali Kota agar bantuan keuangan provinsi ke Medan dapat dialokasikan mendukung revitalisasi Lapangan Merdeka.

Akbar juga mengharapkan agar proposal dan rancangan rinci revitalisasi itu dapat diterima dalam sebulan ini.

Sebelumnya, arsitek Suhardi Hartono memaparkan, pendekatan yang akan dilakukan dalam revitalisasi ini adalah history urban landscape. Sedangkan konsep utamanya adalah pelestarian ruang kota bersejarah dan konteks dinimika rancang kota kontemporer.

Di samping itu, lanjutnya, revitalisasi ini mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka, termasuk mempertahankan keberadaan pohon-pohon tua di sana.

Dalam revitalisasi ini lanjutnya, juga dirancang tempat parkir yang akan dibangun di bawah tanah.
Editor: Budi

T#g:Kesawan
Berita Terkait
  • Minggu, 27 Jun 2021 10:26

    Kesawan Akan Kembali Berfungsi Sebagai Ruang Pedestrian

    Penataan kawasan Kota Lama Kesawan secara fisik akan dimulai Desember 2021. Itu sebagai awal dimulainya perwujudan dari rencana besar Wali Kota Medan Bobby Nasution yang ingin mengembalikan kejayaan K

  • Selasa, 08 Jun 2021 13:08

    Kota Lama Kesawan Dapat Jadikan Medan Primadona Kunjungan Wisata

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bertekad ingin membenahi kawasan kota lama Kesawan. Tekad tersebut bahkan dijadikan salah satu dari lima program prioritas Wali Kota Medan.

  • Jumat, 04 Jun 2021 13:34

    Wali Kota Medan Ajak REI Sumut Berkolaborasi Bangun Kawasan Kota Lama Kesawan

    Pemko Medan saat ini memiliki lima program prioritas pembangunan diantaranya Infrastruktur dan Pembenahan Kota Lama Kesawan. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya perlu dukungan semua pihak termasuk

  • Jumat, 21 Mei 2021 20:11

    Wali Kota Medan Ingin Kota Medan Menjadi 'Market' Bagi Pelaku UMKM

    Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih melanda kota Medan menghantam seluruh sektor kehidupan terutama sektor kesehatan dan ekonomi sehingga mengakibatkan pelaku UMKM terkena dampaknya.

  • Rabu, 19 Mei 2021 22:19

    Bobby dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Tinjau Kawasan Kota Lama Kesawan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir.Diana Kusumastuti, MT meninjau kawasan kota lama Kesawan, Rabu (19/5/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 21:05

    Sambut Idul Fitri, Bobby Nasution Tutup Sementara Kesawan City Walk

    Wali Kota Medan Booby Nasution menyatakan telah menutup sementara seluruh kegiatan di Kesawan City Walk (KCW). Sejumlah ruas jalan yang selama ini ditutup akan dibuka kembali seperti biasa dan seluruh pedagang tidak diperbolehkan berjualan.

  • Senin, 26 Apr 2021 18:06

    GMKI meminta Kapolri panggil Walikota Medan terkait Kerumunan di Kesawan City Walk

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan meminta Kapolri panggil Walikota Medan terkait kerumunan massa di kawasan Kesawan City Walk.

  • Minggu, 25 Apr 2021 14:45

    Bobby Nasution Turun Langsung Pastikan Prokes Kesawan City Walk

    Guna memantau dan memastikan protokol kesehatan (prokes) diterapkan secara ketat, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM meninjau langsung Kesawan City Walk (KCW), Sabtu (24/4/2021) malam.

  • Kamis, 22 Apr 2021 13:22

    Kesawan City Walk Terus Dibenahi, Jam Operasional Ikuti PPKM

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku terus melakukan evaluasi di kawasan Kesawan City Walk (KCW).

  • Jumat, 16 Apr 2021 18:26

    Sharing Knowledge 'Penataan Kota Lama Kesawan Medan dari Revitalisasi Kota Lama Semarang'

    Pemko Medan menggelar kegiatan 'Sharing Knowledge Percepatan Penataan Kota Lama Kesawan Medan dari Revitalisasi Kota Lama Semarang', Jumat (16/4/2021) di Ruang Rapat III, kantor wali kota.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak