Jumat, 25 Jun 2021 16:57
  • Home
  • Politik
  • Layanan Pengaduan Tindak Kekerasan Pada Perempuan dan Anak Perlu Ada Sampai ke Tingkat Desa

Layanan Pengaduan Tindak Kekerasan Pada Perempuan dan Anak Perlu Ada Sampai ke Tingkat Desa

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Rabu, 10 Mar 2021 23:20
Diskominfo Sumut/ Fahmi Aulia
Sekda Provinsi Sumatera Utara
Banyak kejadian kekerasan pada perempuan dan anak tidak dilaporkan dan tidak ditindaklanjuti, sehingga tidak tercakup dalam data-data yang dilaporkan. Hal itu dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang tata cara pelaporan dan kepada lembaga mana mereka harus melapor.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provnisi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Data dan Informasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (PPPA) Sumut, di Ruang Rapat Bina Graha, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (10/3). Hadir perwakilan dari Dinas PPPA Kabupaten/Kota se-Sumut.

"Masyarakat di pedesaan merasa bahwa melaporkan kejadian kekerasan yang dialami hanya bisa dilakukan di ibukota kabupaten, sehingga akan memakan waktu dan biaya. Karena itu perlu dilakukan pendekatan layanan pengaduan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan sampai pada tingkat desa," ujar Sabrina dalam sambutannya.


Sabrina juga mengingatkan, agar para petugas penerima pengaduan yang berada di daerah tidak hanya sekadar menunggu aduan masyarakat saja, namun juga harus bisa menjadi bagian dari solusi untuk mengurangi tingginya kekerasan yang tidak tertangani.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Sabrina juga memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota, yang dianggap telah baik dalam melakukan peng-input-an dan pelaporan data kekerasan terhadap perempuan dan anak, yakni Kabupaten Mandailing Natal, Kota Tebingtinggi dan Kota Gunungsitoli. 

Sebelumnya, Kepala Dinas PPPA Sumut Nurlela menyampaikan, terkait upaya perlindungan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan. Antara lain menyebutkan, tujuan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.


"Selain itu, untuk melindungi, memberikan rasa aman bagi perempuan dan anak, memberikan pelayanan kepada perempuan dan anak korban tindak kekerasan, dan melakukan pemberdayaan kepada perempuan korban kekerasan," ujar Nurlela.

Pada rapat tersebut, para peserta juga diberikan materi tentang peran media dalam memberikan informasi tetang kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang disampaikan Anggota Dewan Kehormatan PWI Sumut yang juga Redaktur Harian Analisa Nurhalim Tanjung.

"Informasi korban kekerasan yang disampaikan ke media, baik cetak maupun elektronik harus dengan mematuhi kode etik jurnalis. Antara lain, informasi detail para korban agar dikaburkan atau disamarkan, seperti nama, foto dan identitasnya," terang Nurhalim.
Editor: Tessa

T#g:anak
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Jun 2021 10:16

    Satgas Yonif 512 Ajarkan Cara Membuat Kerajinan Tangan

    Demi terciptanya generasi penerus yang kreatif dan inovatif, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Arso XIII mengajarkan cara membuat kerajinan tangan kepada anak-anak di TK Tunas Harapan Kamp

  • Selasa, 08 Jun 2021 00:08

    Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

    Pemprov Sumut berkomitmen dan sangat serius untuk menurunkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Antara lain dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

  • Sabtu, 05 Jun 2021 09:35

    Bobby Berharap Medan Dapat Menjadi Kota Layak Anak tahun 2021

    Tim Verifikasi Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak tahun 2021 di Kota Medan, Jumat (4/6/2021).

  • Jumat, 21 Mei 2021 16:21

    Hilang selama 3 hari, Balita ini ditemukan di semak-semak di Batam

    Setelah anaknya hilang selama tiga hari empat malam, orang tua dari Rasyid membuat Laporan ke Polsek Sagulung. Beruntung akhirnya Balita malang tersebut berhasil ditemukan oleh buruh bangunan bernama Supriyadi di semak-semak pertokoan Cipta Grand City, Ko

  • Minggu, 16 Mei 2021 19:26

    Jaga Kebugaran, Pangdam XII/Tpr Laksanakan Fun Bike

    Mengisi hari libur serta menjaga kebugaran tubuh, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan para pejabat utama serta para goweser dari Tanjungpura Cycling Club (TCC) melaksana

  • Jumat, 23 Apr 2021 10:23

    Pemprov Terus Dorong Peningkatan Jumlah KLA di Sumut

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meneguhkan diri sebagai Provinsi Layak Anak, setelah berhasil meraih penghargaan sebagai Provinsi Penggerak Kabupaten/Kota Layak Anak 

  • Selasa, 20 Apr 2021 16:10

    Satgas Yonif 512 jalin keakraban dengan kunjungi anak-anak di perbatasan Papua

    Agar tercipta keakraban antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat wilayah perbatasan,  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Karang mengunjungi anak-anak di Kampung Yuwainda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom.

  • Sabtu, 10 Apr 2021 16:30

    Bawa Sabu-Sabu, Anak Usia 17 Tahun Diringkus Polres Pematang Siantar

    Seorang anak yang masih dibawah umur bernama Jago (Nama samaran) (17) warga Narumonda Bawah, diringkus Personil Satresnarkoba Polres Pematang Siantar kedapatan membawa Narkotika jenis sabu-sabu, Kamis

  • Jumat, 02 Apr 2021 00:32

    Pemprov Sumut Tetap Komitmen Dalam Upaya Perlindungan Perempuan dan Anak

    Kemajuan bangsa bergantung pada bagaimana peran pemerintah dalam hal perlindungan perempuan dan anak. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tetap komitmen dalam upaya perlin

  • Sabtu, 27 Mar 2021 11:47

    Mohon Bantuan, Anak Ini Tersesat, Mengaku Dari Desa Bunga Tanjung, Telawi, Batubara

    Seorang anak berjenis kelamin Pria, yang mengaku berasal dari Kabupaten Batubara, tersesat di Kota Binjai. Menurut pengakuan sang anak, ia bermaksud untuk mencari keluarganya yang ada di Kota Binjai.M

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak