Kamis, 16 Agu 2018 08:03
  • Home
  • Pemilukada
  • Dr. Suhendro SH, MHum: KPU Palas Diduga Telah Mengeyampingkan Asas Hukum

Dr. Suhendro SH, MHum: KPU Palas Diduga Telah Mengeyampingkan Asas Hukum

Palas (utamanews.com)
Oleh: Sofyan Siregar
Minggu, 12 Agu 2018 16:32
Istimewa
Dr. Suhendro SH, MHum., Wakil Dekan I Fakultas Hukum Univ. Lancang Kuning Pekanbaru.
Terkait Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan tahun 2018, Kuasa Hukum pasangan calon nomor urut 1 Tondi Rani Tua-Syarifuddin Hasibuan, DR. Suhendro SH, MHum protes keras terhadap pelaksanaan jadwal Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2018 Kab Padang Lawas.

DR. Suhendro SH, MHum  yang juga Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dalam konferensi persnya melalui selular, Minggu (12/8/2018) mengatakan, "KPU Palas harus memperhatikan azas hukum, tiada hukum tanpa pengecualian, hukum tanpa pengecualian adalah kaku dan hukum tidak boleh kaku, termasuk jadwal penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang dilaksanakan KPU Kabupaten Palas."

"Harus ada pengecualiannya, karena ada pihak Paslon yang sedang mengajukan proses Hukum Administratif, atau proses upaya Hukum baik melalui Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Palas maupun melalui Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP) RI dan ini sudah kita lakukan," ucapnya.

"KPU Kabupaten Padang Lawas harus memperhatikan prosedur-prosedur ini terlebih dahulu, jadi tidak mengacu pada jadwal atau harus sesuai jadwal semata, karena Hukum saja ada pengecualian apalagi jadwal." katanya.


Melalui kuasa Hukum Pasangan Calon nomor urut 1 Tondi Roni Tua-Syarifuddin Hasibuan, juga sudah mengajukan permohonan perselisihan sengketa Pilkada ke Panwaslih Palas, meskipun sudah diterima berkasnya dan telah dinyatakan lengkap namun tidak di register, padahal Register itu merupakan kewajiban bagi Panwas Kabupaten. Berkas sudah lengkap wajib diregister, jangan hak-hak Paslon lain tersumbat,  tidak boleh menyumbat hak orang lain, peraturan Bawaslu sudah mengatur dan ada prosedurnya", jelasnya.

Jadwal itu berlaku apabila tidak ada permasalahan atau upaya hukum administratif atau pengaduan ke DKPP yg diajukan oleh Paslon, jika masih ada yang keberatan, apalagi yang keberatan ini adalah peserta pemilihan salah satu Paslon maka merupakan pengecualian dari jadwal yang telah ditetapkan. KPU kabupaten Padang Lawas mengambil langkah-langkah seperti ini diduga telah mengenyampingkan asas Hukum. Negara Republik Indonesia adalah Negara Hukum", pungkasnya.

Melalui rapat pleno KPU Kabupaten Padang Lawas telah menetapkan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Tahun 2018, di aula Hotel Syamsiah, Minggu (12/8/2018).

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan bernomor: 206/PL.03.7-kpts/KPU-KAB/1221/VIII/2018, tanggal 12 Agustus 2018, tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas Tahun 2018.

Editor: Adjie

T#g:Pilkada Palas
Berita Terkait
  • Senin, 23 Jul 2018 06:33

    Paslon Nomor 2 Pilkada Palas Terancam Diskualifikasi

    Pasangan Calon Nomor 2 (Petahana) Ali Sutan Harahap-drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht terancam diskualifikasi berdasarkan surat rekomendasi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas.&n

  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Kamis, 28 Jun 2018 12:08

    Hasil Sementara Pilkada Palas, Paslon 2 Raih 10.142 Suara di Sosa

    Berdasarkan hasil perhitungan cepat sementara atau quickcount, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) nomor urut 2, H. Ali Sutan Harahap dan H. Ahmad Zarnawi Pasaribu di

  • Selasa, 26 Jun 2018 18:46

    Pilkada Serentak di Hari Rabu, Pasar Tradisional Sepi Pembeli

    Pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, yang dilaksanakan pada Hari Rabu tang

  • Sabtu, 23 Jun 2018 15:33

    Ketua KPUD Palas Ajak Masyarakat Jaga Kekondusifan Pilkada

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas membuka acara debat publik kedua pasangan calon (paslon)  bupati dan wakil bupati Palas,  di Asrama Haji, Sibuhuan, Jum'at (22/6/2018)

  • Jumat, 22 Jun 2018 19:32

    Pilkada Palas, Paslon C Unggul di TPS 11 Desa

    Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut C memperoleh suara terbanyak di lokasi TPS 11 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas). Hasil rekapitulasinya, paslon A raih 6 Suara, paslon B raih 3 suara dan paslon C sebanyak 13 Suara.

  • Jumat, 22 Jun 2018 13:02

    Sepuluh Ribu Lebih Masyarakat Pendukung Hadiri Kampanye Akbar Tondi-Syarifuddin

    Sepuluh ribu lebih masyarakat pendukung dan simpatisan ramaikan kampanye akbar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas nomor urut 1, H. Tondi-Syarifuddin di lapangan Merdeka Sibuhuan, Kamis Sore, (21/6/2018).

  • Selasa, 05 Jun 2018 04:05

    KPU Palas Nyatakan Berkas 2 Cawabup Palas "MS"

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH), keduanya sebagai Calon Wakil Bupati (C

  • Kamis, 31 Mei 2018 22:31

    Amran Pulungan: Pengunduran Diri AZP dan SEH Memenuhi Syarat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH) sebagai Calon Wakil Bupati Palas telah memenu

  • Selasa, 15 Mei 2018 19:16

    Tondi-Syarifuddin Dekat di Hati Masyarakat Palas

    Pasangan Calon Bupati nomor 1, Tondi-Syarifuddin semakin dekat di hati masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kehadiran masyarakat setiap pasangan ini berkampaye. Seperti terlihat pada suasa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak