Minggu, 08 Des 2019 07:24
  • Home
  • Kesehatan
  • Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama Di Peringatan Kesehatan Nasional

Stunting dan Jaminan Kesehatan Jadi Fokus Utama Di Peringatan Kesehatan Nasional

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Ichwanur
Senin, 18 Nov 2019 07:18
Istimewa
Deli Serdang Tuan Rumah Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumut.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R. Sabrina dan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019 Provinsi Sumut, dengan tema 'Generasi Sehat, Indonesia Unggul' yang dilaksanakan, Minggu (17/11) di Halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Deliserdang.

Hadir juga pada acara HKN tahun 2019 ini, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahid Hasibuan Mkes, Kepala OPD Prov. Sumut terkait, Dandim 0204 DS Letkol Kav. Syamsul Arifin,Ketua TP PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan, Ketua Goptki Deli Serdang Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Asisten II dr.Hj. Aida Harahap, Kadis Kesehatan dr. Ade Budi Krista, Kepala OPD terkait, Kepala RSUD Deli Serdang dr Hanif Fahri SpKJ, para Camat, Kepala Puskesmas Se-Deli Serdang, Ketua AMPI Sumut dr. David Luther, Sp.OG, mewakili Kepala daerah dari 33 Kabupaten/ Kota se- Sumut.

Pada kesempatan tersebut Sekda Sabrina mengatakan bahwa ada dua isu utama yang harus diselesaikan, yaitu stunting dan jaminan kesehatan. "Stunting dan jaminan kesehatan menjadi isu kesehatan utama yang harus diselesaikan, terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, ini akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," ucap Sekda Sabrina.


Sekda Sabrina pun mengatakan untuk meretas masalah stunting ini perlu adanya kolaborasi yang baik antar beberapa dinas. "Ini bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan seperti yang kita sampaikan tadi bahwa stunting ini dimulai dari anak dalam kandungan, misalnya Dinas PPPA, mereka harus meningkatkan sosialisasi masalah gizi bagi ibu hamil, kemudian kesehatan reproduksi pada anak remaja sampai kepada orang tua, faktor sanitasi juga mempengaruhi stunting, untuk itu Dinas PSDA juga akan terus berkaitan dengan masalah sanitasi, air bersih dan lain sebagainya, semua hal itu menjadi bagian dari upaya pencegahan anak stunting," ujar Sabrina mencontohkan.

Sebelumnya Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, mengatakan bahwa kesehatan adalah aset yang berharga. "Kita bebas melakukan apa pun yang kita inginkan, oleh karena itu menjaga kesehatan adalah hal yang patut kita lakukan, kalau bisa tak hanya sekedar menjaga saja, tapi mempersiapkan kesehatan yang baik untuk masa depan," ucap Wabup .

Wabup  juga berharap agar seluruh komponen masyarakat juga berperan dalam pembangunan kesehatan, dan terus menggelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). "Mulai lah hidup sehat dari diri sendiri, kemudian nantinya akan mempu untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya pola hidup yang sehat," tambahnya.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Sekda Sabrina, menyerahkan piagam penghargaan kepada rumah sakit, yakni  RS Bandung atas dukungannya kepada pembangunan kesehatan masyarakat Provsu. Lalu penghargaan juga diberikan kepada RSUD Deli Serdang atas partisipasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan HKN 2019. Terakhir diberikan penghargaan kepada RS Siloam, RS Adam Malik dan RS Murnih Teguh atas dukungannya terhadap pelaksanaan Sail Nias 2019 serta penghargaan lainnya dan pemberian gigi palsu kepada masyarakat.
Editor: Herda

T#g:Stunting
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 04 Nov 2018 14:04

    Panglima TNI Kunjungi Poskes Stunting Baksos Lombok

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P meninjau Pos Kesehatan (Poskes) SkriningStatus Gizi Balita dan Penyuluhan Stunting pada saat Bakti Sosial Kesehatan dalam rangka HUT Ke 73 TNI, bertempa

  • Rabu, 23 Mei 2018 16:23

    Seketika Perhatian DJOSS Tertuju pada Bocah yang Diduga Menderita Stunting

    Dalam kegiatan blusukan yang dilakukan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, tiba-tiba perhatian keduanya tertuju pada bocah di Jalan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak