Kamis, 18 Apr 2024 09:46
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Sering Alami Ini? Tanda Kamu Terlalu Sering Habiskan Waktu di Ruangan!

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Tessa

Rabu, 18 Des 2019 15:18

LINE Today
Terkadang, menghabiskan waktu di dalam ruangan, baik saat bekerja maupun mengisi hari libur, memang menyenangkan. Namun, hal ini sebenarnya justru dapat berdampak buruk pada kesehatan.
Meluangkan waktu untuk pergi ke luar rumah membuat kita terpapar sinar matahari dan udara segar. Ini juga sangat penting untuk kesehatan kita, baik mental maupun fisik.

"Paparan sinar matahari sangat penting karena dapat membantu dengan pengaturan jam sirkadian seseorang, memungkinkan tubuh untuk mensintesis vitamin D, dan juga membantu meningkatkan suasana hati seseorang," tutur Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS, melansir Bustle.

Ketika kamu sudah terlalu lama berada di dalam ruangan, tubuh akan mengeluarkan tanda-tanda berikut.

1. Suasana hati buruk

Kita membutuhkan sinar matahari untuk meningkatkan kadar serotonin, eurotransmitter yang meningkatkan mood. Tingkat serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan perubahan suasana hati, dan kadang-kadang depresi.
"Selain itu, ketika kita berada di dalam sepanjang hari, kita lebih cenderung menetap dan kurang bersosialisasi. Dan ini cenderung memiliki dampak negatif pada suasana hati kita," ungkap Psikiater Kesehatan IU, Dr. Danielle Henderson.

2. Kecemasan dan gelisah

Tetap berada di dalam rumah dapat membuat perasaan menjadi lebih mudah marah atau cemas.

"Kita menjadi lebih mudah marah daripada biasanya dan menjadi marah karena hal-hal yang tampaknya kecil," kata Henderson.

3. Masalah tidur

"Paparan cahaya penting bagi jam internal tubuh kita , atau ritme sirkadian," kata Henderson.

Ritme sirkadian merespons rangsangan di lingkungan kita, sebagian besar cahaya dan kegelapan.
Pada siang hari, sinyal dikirim dari otak ke bagian lain dari tubuh yang memungkinkan kita untuk tetap waspada dan terjaga. Sedangkan pada malam hari, otak kita melepaskan melatonin, yang membantu kita tidur.

4. Sistem kekebalan tubuh buruk

"Tubuh membutuhkan jumlah sinar matahari yang cukup untuk membuat vitamin D," kata Okeke-Igbokwe.

Jika berada di dalam ruangan terlalu sering, kamu mungkin menjadi kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D adalah nutrisi utama dalam membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sesekali, buatlah aktivitas menyenangkan di luar ruangan!

Editor: Yaya

Sumber: suara.com

T#g:Psikologi
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Jumat, 01 Sep 2023 16:01

    Polres Binjai Tes Psikologi Anggota Pemegang Senpi

    Polres Binjai melaksanakan psikologi berkala bagi personil yang akan memegang senjata api oleh Tim psikologi Polda Sumut yang dipimpin oleh Kasubbag PSI Pol AKP Zul Hafni S.Psi, M.Psi, Jumat (1/9).&nb


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️