Kamis, 13 Des 2018 00:43
  • Home
  • Kesehatan
  • Manfaat Getah Jarak Ampuh untuk Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat Getah Jarak Ampuh untuk Atasi Masalah Kesehatan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Yaya
Jumat, 03 Agu 2018 15:23
Hika Manik
Pohon jarak merupakan salah satu jenis pohon yang masuk dalam kategori apotek hidup. Salah satu bagian dari tanaman jarak yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kita ialah bagian getahnya. Manfaat getah jarak yang paling terkenal adalah untuk pengobatan sakit gigi.

Getah jarak dapat kita peroleh dengan mudah, hanya dengan memotong bagian daun atau batang dari tanaman jarak, maka getahnya akan muncul dengan sendirinya. Selain untuk mengobati sakit gigi, apa saja manfaat lainnya dari getah tanaman jarak?

Berikut ini beberapa manfaat dari getah tanaman jarak.

1. Mengobati penyakit kulit dan gatal-gatal

Manfaat getah jarak yang paling utama adalah untuk mengobati gangguan dan penyakit pada kulit seperti kurap, panu, gatal-gatal, infeksi kulit, koreng, dan jamur pada kulit. Untuk mengobati gangguan atau penyakit kulit, patahkan daun atau batang tanaman jarak, kemudian ambil getah yang keluar, bisa menggunakan tangan kosong ataupun kapas. Tempel dan oleskan secara perlahan getah tanaman jarak pada bagian kulit yang mengalami gangguan.



2. Menyembuhkan luka

Getah dari tanaman jarak dapat dimanfaatkan sebagai salep untuk menyembuhkan luka. Hal ini karena getah dari tanaman jarak memiliki sifat alami yang dapat mempercepat pembekuan darah dan menghentikan pendarahan. Untuk menyembuhkan luka, bersihkan terlebih dahulu area luka dengan air yang mengalir. Kompres bagian tubuh yang terluka dengan menggunakan kapas yang sudah ditetesi oleh getah jarak.

3. Mengatasi dan menyembuhkan sariawan

Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit ringan, namun sangatlah mengganggu. Anda dapat memanfaatkan getah tanaman jarak untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya, patahkan bagian daun atau batang dari tanaman jarak. Tempelkan patahan tanaman jarak tersebut ke bagian mulut yang mengalami sariawan. Tahan untuk beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dengan cara berkumur.

4. Mengobati sakit gigi

Bagi Anda yang mengalami sakit gigi, tidak ada salahnya melakukan pengobatan di rumah dengan memanfaatkan getah jarak. Caranya, patahkan bagian daun atau batang dari tanaman jarak hingga muncul getahnya. Teteskan getah tanaman jarak pada bagian gigi yang sakit atau bagian gigi yang berlubang.

Selain diteteskan langsung, Anda juga bisa meneteskan getah jarak pada kapas, lalu kompres gigi Anda dengan menggunakan kapas yang sudah diberikan getah tanaman jarak.

5. Mengobati iritasi mata

Getah tanaman jarak memiliki efek anti-iritan, yang berarti mampu untuk mengobati luka dan juga menghilangkan iritasi pada bagian tubuh luar. Cara menggunakannya, ambil getah tanaman jarak secukupnya. Campur getah dengan air bersih. Kompres mata Anda dengan menggunakan campuran getah jarak dan air atau meneteskan campuran air dan getah jarak pada bagian mata yang iritasi.

Editor: Tessa

Sumber: pertanianku.com

T#g:getahjarakKulit
Karunia Tour and Traveliklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 03:21

    4 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Kulit Wajah

    Wortel mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kulit wajah. Anda bisa memiliki wajah cantik alami dengan mengkonsumsi wortel secara rutin dan menggunakannya sebagai bahan alami dalam perawatan kulit.

  • Kamis, 12 Jul 2018 12:12

    Manfaat Buah Apel untuk Kulit Wajah Berminyak

    Ternyata, buah apel mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Bukan hanya vitaminnya saja yang baik untuk perkembangan tubuh, tetapi buahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit wajah.

  • Kamis, 21 Jun 2018 16:21

    Makanan Ini Membuat Kita Cepat Tua?

    Beragam efek ditimbulkan akibat makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Semisal, efek pada badan maupun kulit. Mengonsumsi makanan yang kurang tepat, bisa membuat Anda lebih cepat tua dari yang seharu

  • Minggu, 03 Jun 2018 19:13

    Gubernur Apresiasi Dokter Kulit & Kelamin Menyebar di Seluruh Sumut

    Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengapresiasi rencana Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Medan untuk melakukan penyebaran dan penempatan Residen Program Pendidik

  • Kamis, 12 Apr 2018 15:22

    Darawati, 39 Tahun Berjuang Lawan Penyakit Kulit

    Darawati Siregar (60), warga Kel. Aek Kanopan Timur, Kec. Kualuh Hulu, Kabupaten Labura mengidap penyakit kulit.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak