Minggu, 08 Des 2019 07:33

9 Manfaat Jeruk Bali yang Ternyata Menyehatkan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Rabu, 04 Des 2019 16:04
www.bukalapak.com
Jeruk Bali
Jeruk bali atau yang dapat juga disebut sebagai pomelo, adalah jenis buah sitrus terbesar di antara sitrus lain seperti lemon atau jeruk biasa. Selain segar, mengonsumsi buah ini juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebab, manfaat jeruk bali ternyata cukup beragam.

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Jeruk bali kaya akan antioksidan, yang bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas adalah komponen yang ditemukan di makanan dan lingkungan. Jika kadarnya berlebih, radikal bebas bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

2. Dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jeruk bali yang satu ini, didapatkan dari kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan aktivitas aktivitas sel darah putih yang akan menyerang para penyebab penyakit di tubuh.

3. Menyehatkan untuk jantung

Jeruk bali, baik untuk jantung karena dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Dua hal yang menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

4. Membantu turunkan berat badan

Karena buah ini termasuk rendah kalori, maka baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet. Buah ini juga mengandung serat dan protein yang akan membuat kita lebih cepat kenyang dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

5. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada jeruk bali, membuatnya baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaa seperti konstipasi dan diare.

6. Bantu atur tekanan darah

Jeruk bali mengandung kalium yang cukup tinggi. Sedangkan kalium adalah nutrien yang bersifat vasodilator. Artinya, nutrien ini dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanannya.

7. Dinilai memiliki komponen yang mencegah penuaan dini

Tingginya kandungan antioksidan di dalam jeruk bali membuat buah ini juga dinilai dapat mencegah penuaan dini. Sebab, antioksidan akan bantu mencegah kerusakan kulit yan disebabkan oleh radikal bebas.

8. Berpotensi memerangi bakteri dan jamur

Manfaat jeruk bali yang satu ini, mungkin tidak bisa didapatkan secara langsung dari mengonsumsi buahnya. Sebab, potensi ini baru diketahui melalui penelitian yang menggunakan minyak atsiri atau essential oils yang di ambil dari kulit jeruk bali.

9. Dipercaya dapat bantu cegah kanker

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di hewan uji, ekstrak kulit jeruk bali terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membunuh sel kanker.

Selain kulitnya, daun jeruk bali juga dianggap memiliki manfaat yang sama. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, terutama pada manusia, agar manfaat jeruk bali yang satu ini bisa terbukti secara klinis.

Perhatikan risiko makan jeruk bali

Bagi yang mengonsumsi obat kolesterol, seperti atorvastatin, sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk bali. Sebab, kandugnan yang ada di buah ini bisa menghambat cara kerja obat tersebut.

Hal ini mengakibatkan, kadar obat kolesterol yang dikonsumsi, tidak sepenuhnya akan diolah secara efektif oleh tubuh. Sisa dari obat ini akan menumpuk di dalam darah dan apabila penumpukannya terjadi secara berlebihan, akan menyebabkan gangguan di otot dan hati.

Tingginya kandungan vitamin C yang ada pada jeruk bali juga berisiko apabila dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita penyakit hati dan ginjal.

Selain itu, bagi kalian yang memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Sebab, dalam jumlah tertentu, jeruk bali juga bisa menurunkan tekanan darah.

Setelah mengetahui segudang manfaat jeruk bali di atas, apakah kalian tertarik untuk memakan jeruk bali?
Editor: Yaya

Sumber: SehatQ.Com

T#g:Balijeruk
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Jun 2019 19:26

    SEAMLEI TEW Bakamla Paparkan Pandangan Taktis Penyebaran Narkoba

    Di hari ke-3 kegiatan South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative (SEAMLEI) Technical Expert Workshop (TEW), para peserta dari enam negara memasuki topik inti megenai pengambilan keputusan ata

  • Selasa, 25 Jun 2019 09:25

    Bakamla Sambut Brigjen Rory di Persiapan SEAMLEI TEW

    Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho, S.E.,M.M. didampingi Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Bakamla Irwan Sobirin, dan Kasu

  • Minggu, 16 Jun 2019 12:16

    Tak Hanya Membuka Acara, Presiden Ikut Menjadi Peserta Pawai Pesta Kesenian Bali 2019

    Mengakhiri kunjungan kerja di Bali, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 yang dilaksanakan di depan Monumen Bajr

  • Senin, 10 Jun 2019 07:00

    Mudik dan Balik Gratis, Bentuk Kehadiran Pemerintah Dalam Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas

    Berbagai langkah dalam rangka mengurangi kepadatan arus lalulintas utamanya pada arus mudik maupun arus balik masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1440 dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerint

  • Sabtu, 18 Mei 2019 18:28

    Hari Kedua di Bali, Presiden Jokowi Tinjau Pasar Badung

    Di hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Bali, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Badung yang berlokasi di Jalan Sulawesi, Desa Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat. Selain untuk berbela

  • Sabtu, 18 Mei 2019 08:18

    Dukung GOTI, Bakamla Gelar Final Planning Conference TEW, SEAMLEI

    Dalam rangka tindaklanjut The Joint Meeting Minutes pada The Gulf of Thailand (GOTI) 6th Commanders Forum di Bangkok Tahun 2018, Bakamla mengadakan Final Planning Conference (FPC) Technical Experts Wo

  • Minggu, 21 Apr 2019 02:21

    Ini dampak insiden kebakaran Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada jadwal Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID), Malindo Air (kode penerbangan OD), Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group member

  • Minggu, 07 Apr 2019 08:37

    Kasum TNI Hadiri Peringatan Dharma Santi Nasional di Bali

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto mewakili Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri Dharma Santi Nasional, Peringatan Hari Suci Nyepi Caka 1941, yang mengang

  • Rabu, 03 Apr 2019 17:23

    LPDI: Calon Banyak Baliho Belum Tentu Menang

    Lembaga Pemantau Demokrasi Indonesia yang dikenal dengan LPDI, menyebut kehadiran Baliho para calon DPRD, DPR RI, DPD dan Calon Presiden dan Wakil Presiden belum tentu menentukan kemenangan di daerah

  • Rabu, 27 Mar 2019 09:27

    Kazona Tengah Bakamla Serukan Tanggung Jawab Moral Personel Terhadap Institusi

    Personel yang profesional memiliki tanggung jawab moral terhadap institusi dan bersedia bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita institusi Bakamla yang handal di bidang keamanan dan keselamatan laut.H

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak