Senin, 14 Jun 2021 00:32

Satgas Covid-19 Mebidang Ultimatum Sejumlah Pelaku Usaha

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 15 Okt 2020 18:25
Humas Pemprovsu
Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) memberikan ulitmatum kepada sejumlah pelaku usaha yang dinilai mengabaikan protokol kesehatan, antara lain membiarkan terjadinya kerumunan pengunjung dengan tidak mengatur jarak antar pelanggan yang hadir. Penegasan itu disampaikan saat gelaran razia malam penegakan protokol kesehatan di sejumlah kafe dan tempat hiburan malam di Kota Medan, Rabu (14/10) malam.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kol Inf Azhar Muliyadi menyampaikan dalam razia tersebut, bahwa kehadiran puluhan personel gabungan TNI/Polri, Satpol PP Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Dinas Pariwisata Kota Medan, BPBD Sumut dan Humas Sumut adalah dalam rangka menegakkan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 serta munculnya klaster baru.

"Kami ingatkan lagi, agar pelaku usaha bisa mengatur sedemikian rupa kursi dan mejanya agar tidak terlalu rapat. Jadi posisi duduknya tidak boleh berdekatan, minimal 1,5 meter," ujar Azhar, saat menggelar razia.

Pantauan di lapangan, meskipun dalam kondisi hujan gerimis, namun sejumlah kafe dan warung terlihat ramai pengunjung. Bahkan beberapa tempat yang telah dilakukan razia serta diberikan peringatan oleh petugas, masih terlihat adanya kerumunan pengunjung. Sehingga tim melakukan penekanan dan penegasan berupa ultimatum kepada pelaku usaha.


"Kami sampaikan kembali, bahwa dalam penegakan ini bukan mau melarang atau mengganggu usaha masyarakat. Tetapi harus dipahami bersama, kita menjalankan peraturan dan menegakkan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi. Jadi silakan saja buka usaha, tetapi tolong jaraknya (pengunjung) dijaga," kata Azhar.

Untuk itu pihaknya menegaskan bahwa usaha (kafe/hiburan malam) yang melanggar ketentuan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, akan diberikan teguran sebanyak dua kali. Jika keduanya tidak diindahkan dan pelaku usaha tetap membiarkan terjadinya kerumunan orang, Satgas tidak segan untuk menutup.

"Ini kursi sudah kami minta dikurangi. Nanti kami akan datang lagi dan melihat apakah masih disiplin atau tidak. Jika melanggar lagi, kami cukup kasi dua kali teguran saja. Yang ketiganya, kami langsung tutup," kata Azhar menyebutkan bahwa Satgas Covid-19 Mebidang telah menutup sejumlah tempat karena melanggar protokol kesehatan.

Selain mengultimatum pelaku usaha, tim juga menyosialisasikan kepada pengunjung kafe/hiburan malam, tentang pentingnya menjaga jarak interaksi. Karena aturan tersebut berlaku untuk seluruh daerah, terutama yang berada di zona merah dengan tingkat penularan cukup tinggi.

Adapun beberapa lokasi yang menjadi sasaran Tim Satgas Covid-19 Mebidang yakni di Jalan TB Simatupang, Jalan Gaperta/Gaperta Ujung, Jalan Gagak Hitam dan Jalan Ngumban Surbakti. Selain itu juga tim beroperasi di sekitaran Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar dan Komplek Asia Mega Mas.
Editor: Yaya

T#g:Covid-19Covid 19sumut
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Jun 2021 00:21

    Panglima TNI Bersama Kapolri Pimpin Apel Satgas Penanganan Covid-19 di Lamongan

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. memimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pen

  • Kamis, 10 Jun 2021 23:20

    Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksinasi Untuk Lansia di Jawa Timur

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan kerja ke wi

  • Kamis, 10 Jun 2021 09:30

    DPRD Minta Bank Sumut Perkuat Layanan ke Masyarakat

    Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan 2,  meminta Bank Sumut terus memperkuat layanan kepada masyarakat. Dengan begitu diharapkan jumlah nasabah bank d

  • Selasa, 01 Jun 2021 20:31

    Aster Panglima TNI : Komsos TNI Dengan Masyarakat Cidahu Merupakan Bagian Binter di Era Pandemi Covid-19

    Kegiatan Komsos TNI dengan masyarakat Cidahu merupakan bagian dari metode Pembinaan Teritorial (Binter) yang memiliki tujuan agar terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Tok

  • Selasa, 01 Jun 2021 11:51

    PKM di Sumut kembali Diperpanjang Hingga 14 Juni 2021

    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kembali diperpanjang oleh Gubernur Sumut Edy Ramayadi, mulai 1 - 14 Juni 2021. Hal tersebut dilakukan untuk lebih

  • Selasa, 25 Mei 2021 16:25

    DPRD Sumut Setujui Ranperda Perseroda PPSU, Gubernur Edy Rahmayadi Minta BUMD Cegah Monopoli Pasar

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) menyetujui dan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) Pembangunan Prasarana Suma

  • Selasa, 25 Mei 2021 07:04

    Ada yang meninggal terpapar Covid-19, warga Kwala Bingai gelar "Kenduri Tolak Bala"

    Pola hidup sehat serta menerapkan 3M dan disiplin Protokol Kesehatan, merupakan cara untuk menghindari munculnya klaster baru serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

  • Sabtu, 22 Mei 2021 00:22

    Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Tertibkan Tempat Makan dan Hiburan Malam

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sumut mulai menertibkan tempat-tempat makan/minum dan hiburan malam, yang dinilai melanggar jam operasi, Kamis (20/5)

  • Sabtu, 08 Mei 2021 11:08

    RUPS LB PT Bank Sumut Usulkan 2 Nama Calon Dirut Baru

    PT Bank Sumut menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa (LB) di Ruang Rapat Direksi Kantor PT Bank Sumut, Lantai 3, Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (7/5).

  • Rabu, 05 Mei 2021 20:25

    Pimpin Apel Operasi Ketupat Toba 2021 Edy Rahmayadi Minta Personel Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin Apel Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2021, di Lapangan Apron Charlie, Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Rabu (5/5). Pengecekan akhir pa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak