Selasa, 22 Jun 2021 09:05

Perambahan Hutan Marak di Dairi, Bupati Bersama Forkopimda Turun ke Lokasi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Kamis, 10 Jun 2021 23:10
Istimewa
Menindak lanjuti maraknya perambahan di kawasan hutan Lae Pondom Kecamatan Silahisabungan dan Dolok Tolong Kecamatan Sumbul, Kamis (10/6/2021), Pemkab Dairi bersama Forkopimda turun langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

Pengecekan tersebut, dipimpin Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu serta Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH, TNI dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut dan BPN Dairi.

"Sebelumnya kita mendengar berita dari masyarakat maupun dari satuan kerja, bahwa kawasan hutan Lae Pondom dan Dolok Tolong telah dirusak para perambah.Setekah melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi kita turun kelapangan untuk mengecek," kata Eddy Berutu.

Disebutkan Eddy Berutu, harus ada upaya menghentikan perambahan ini, karena status kawasan adalah hutan lindung yang harus dipelihara untuk kelestarian alam khusunya Danau Toba.

"Ini harus kita hentikan dan mengimbau masyarakat yang melakukan perambahan segera menghentikan kegiatannya," imbaunya.

Untuk mengantisipasi perambahan Pemkab Dairi sudah memasang tanda-tanda larangan berupa plank di beberapa titik. Kedepan kata Eddy Berutu pihaknya berencana akan melakukan penanaman ulang atas kerusakan itu bersama-sama Kehutanan Provinsi.

"Kami akan upayakan memulihkan fungsinya untuk kelestariannya," ujarnya.

Sementara Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan XV Kabanjahe, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Jaka Hubayanta mengatakan, pihaknya sudah melakukan patroli setiap minggu, hanya saja tidak bisa mendeteksi.

"Setiap minggu kita laksanakan patroli, hanya kita belum bisa mendeteksi secara langsung. Upayakan yang bisa kita lakukan saat ini  bersama-sama dengan pemerintah kabupaten dan Forkopimda kembali menghijaukan kembali, kawasan hutan," ucap Jaka.

Diakuinya, status kawasan hutan diakui masih hutan lindung dan aktifitas pengambilan kayu di daerah ini sudah berlangsung lama.

"Di Dolok tolong kondisinya hampir sama lebih parah lagi karena sudah ada tanaman kopinya sudah berlangsung lama, itulah yang sama-sama akan kita hijaukan lagi," sebut Jaka.

Sementara program untuk penanaman kembali belum dilakukan karena bibit belum mencukupi.

Jaka mengaku saat ini pihaknya hanya memiliki 500 batang bibit, ditargetkan dua bulan kedepan akan ada bukti dari tindakan lanjutan, khusunya penanaman.

"Bibit sudah kita sediakan jumlahnya yang mungkin belum mencukupi kalau 500 batang sudah ada itu di kantor. Mungkin 2 bulan lagi baru sudah ada bukti tindak lanjut lagi," cetus Jaka.

Jaka meminta perhatian pemerintah Kabupaten karena kegiatan dirasa kegiatan bersama, dan manfaatnya untuk bersama.

Dia sangat berharap bisa berkolaborasi dengan pihak pemerintah kabupaten agar bersama -sama ikut mejaga melestarikan hutan untuk kepentingan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan.

Sementara Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting mengingatkan jangan ada lagi penguasaan lahan kalau nantinya kawasan yang rusak sudah ditanami.

"Kami menghimbau kepada masyarakat bila ada nanti menemukan penebangan-penebangan pohon secara liar dan sebagainya segera di informasikan kepada kita sehingga kita nanti bisa melakukan tindakan selanjutnya sesuai dengan prosedur hukum," kata Kapolres.

Dua lokasi kerusakan hutan yang ditinjau yaitu di kawasan desa Dolok Tolong dan Tanjung Beringin Kecamatan Sumbul.
Editor: Ivan

T#g:DairiIlegal logging
Berita Terkait
  • Senin, 21 Jun 2021 21:21

    Polres Dairi Beri Kejutan ke Kodim dan Kompi 125/SMB di HUT Kodam I/BB Ke-71

    Kapolres Dairi dan jajaran, Senin (21/6/2021), memberikan kejutan dan surprise berupa kue ulang tahun dan ucapan selamat HUT Kodam 1/BB Ke-71 kepada keluarga besar Kodim 0206/Dairi dan Kompi 125/SMB S

  • Jumat, 18 Jun 2021 20:18

    Polsek Sidikalang Kota Bantu Warga Sakit Menahun dan Kurang Mampu

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH, Kamis (17/6/2021) mengunjungi warga kurang mampu yang mengalami sakit menahun (stroke) di Desa Be

  • Jumat, 18 Jun 2021 18:28

    Desa Bakkal Gajah Dairi Siap Bersaing di Lomba Desa Tingkat Provinsi

    Desa Bakkal Gajah, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi siap bersaing menjadi desa terbaik pada lomba desa tingkat Provinsi Sumatera Utara.Hal itu diketahui setelah tim penilaian lomba desa

  • Jumat, 11 Jun 2021 20:51

    Bupati Dairi - Satgas Pencegahan Korupsi KPK Rapat Monitoring dan Evaluasi MCP

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan jajaran melaksanakan rapat monitoring dan evaluasi serta penertiban aset dan optimasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Dairi bersama Satgas Pencegahan Kor

  • Rabu, 09 Jun 2021 21:19

    Terima Kunker DPRD Sumut, Bupati Dairi Harap Anggaran Untuk Infrastruktur

    Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Pemkab Dairi, Jalan Rumah Sakit Umum Kecamatan Sidikalang, Rabu (9/6/2021) Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Prov

  • Rabu, 09 Jun 2021 18:19

    Bupati Dairi Hadiri Rapat KLA Secara Virtual dengan Kemen PPPA

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri kegiatan rapat evaluasi Kabupaten Dairi Layak Anak (KLA) dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, yang d

  • Selasa, 08 Jun 2021 13:58

    Binari Butar-Butar Tewas Dianiaya Anak Tirinya di Sumbul

    Seorang pria diduga mengalami gangguan jiwa diamankan personel Polsek Sumbul usai menganiaya ayah tirinya hingga tewas. Peristiwa yang sempat menghebohkan warga Dusun Gunung Maria, Desa Pegagan Julu I

  • Senin, 07 Jun 2021 18:27

    Permasalahan PT Gruti, Pansus DPRD Sampaikan Rekomendasi Ke Bupati Dairi

    Pansus DPRD Dairi sampaikan rekomendasi hasil kerja terkait permasalahan PT Gruti (Gunung Raya Utama Timber Industries) dengan masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumbul dan Parbuluan untuk segera ditindaklanjuti oleh Bupati Dairi.

  • Senin, 07 Jun 2021 09:07

    Ini saran solusi dari yayasan Petrasa terkait kelangkaan pupuk subsidi di Dairi

    Salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh petani adalah permasalahan pupuk bersubsidi. Realisasi jumlah pupuk bersubsidi selalu tidak sesuai dengan kebutuhan petani dan ditambah adanya oknu

  • Minggu, 06 Jun 2021 16:26

    Kedapatan Konsumsi Sabu, 2 Pria Ditangkap Polsek Tanah Pinem

    Polsek Tanah Pinem menangkap dua orang pria yang kedapatan sedang mengkonsumsi narkotika golongan 1 jenis sabu dari Jalan Kuta Buluh-Tigalingga, Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak