Senin, 19 Apr 2021 09:54

Nginap di rumah janda, pria mengaku PM diamankan Prajurit Kodim 0201/BS

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Minggu, 04 Apr 2021 21:44
Istimewa
Aktif dan rutinnya Babinsa melaksanakan Komsos guna meningkatkan Pembinaan Teritorial (Binter) dengan warga binaan-nya, membuahkan hasil berkat adanya informasi dari mitra karib, Babinsa Koramil 0201-14/PB berhasil mengamankan pria mengaku bertugas di Polisi Militer.

Penangkapan berawal atas adanya informasi bahwa dalam beberapa hari belakangan ini, beredar informasi bahwa ada seorang pria mengaku Tentara yang sering menginap di salah satu rumah warga Desa Delitua, Kecamatan Namo Rambe. Pria tersebut mengaku berdinas di Pomdam I/BB, dan diketahui sering menginap di rumah Virhana br Sinuhaji (41 thn) yang merupakan seorang janda dan bermukim di Jln Sejarah Dusun 4 Desa Delitua Kec Namo Rambe.

Babinsa Koramil 0201-14/PB Serka Edison Aritonang yang mengetahui informasi tersebut dari Mitra Karib yang juga bermukim di Desa Delitua coba mencari tentang kebenaran dari informasi itu dengan melakukan penyelidikan dan pemantauan langsung di sekitar rumah Virhana br Sinuhaji tersebut.


Setelah mengetahui Identitas awal dari oknum tentara tersebut, selanjutnya Serka Edison Aritonang coba mengkonfirmasi tentang kebenaran dari identitas oknum tentara tadi kepada salah seorang Anggota Pomdam I/BB yang dulunya juga pernah berdinas sebagai Babinsa di Koramil 0201-14/PB yakni Serda Pancoko.

Setelah mendapat kepastian dari Serda Pancoko bahwa pria mengaku Tentara tadi bukanlah organik dari Pomdam I/BB, selanjutnya Serka Edison Aritonang selaku Babinsa yang memiliki wilayah binaan di Desa Delitua Kecamatan Namo Rambe mulai merencanakan penangkapan terhadap pria mengaku anggota Tentara tadi, dengan melakukan pengintaian langsung di sekitar rumah Sdri Virhana br Sinuhaji sejak sabtu pagi (03/04/2021).

Kemudian Serka Edison Aritonang juga menghubungi rekannya yakni Serma Suswanto dan salah seorang Anggota Intel Denpom 1/5 Medan yakni Serka Irwanto, untuk merencanakan penangkapan terhadap pria yang mengaku berdinas di Pomdam I/BB tadi.


Setelah melakukan pengintaian di sekitar rumah Virhana br Sinuhaji sejak pagi hari, sekitar jam 22.30 wib Serka Edison Aritonang bersama Serma Suswanto dan anggota Intel Denpom 1/5 Medan Serka Irwanto melihat tentara gadungan tadi datang dan masuk ke rumah Virhana br Sinuhaji tadi.

Kemudian Serka Edison Aritonang sebagai Babinsa Desa Delitua segera memanggil Kepala Dusun 4 Desa Delitua untuk langsung melakukan penangkapan terhadap pria mengaku Anggota Pomdam I/BB tadi.

Sesampainya di rumah Virhana br Sinuhaji, dengan disaksikan oleh Kepala Dusun 4 Desa Delitua, Serka Edison Aritonang langsung melakukan penangkapan terhadap pria yang mengaku Tentara tadi dengan dibantu oleh Serma Suswanto dan Serka Irwanto dari Denpom 1/5 Medan. Dan tanpa perlawanan, pria yang mengaku Tentara tadi berhasil diamankan di rumah Virhana br Sinuhaji.

Selanjutnya Serka Edison Aritonang dan Serka Irwanto dari Denpom 1/5 Medan melakukan Interogasi singkat di tempat terhadap Tentara Gadungan tersebut. Kemudian didapati Informasi dan Identitas dari Tentara Gadungan tersebut yakni bernama Mawardi (39 tahun)
warga Jln Perjuangan II Medan, pekerjaan buruh bangunan.


Setelah dilakukan penangkapan dan Interogasi singkat, selanjutnya Serka Edison Aritonang cs juga mengamankan dan menyita sejumlah barang bukti dari rumah Virhana br Sinuhaji, yang antara lain adalah sepasang Baju PDL lengkap dengan Atribut PM, baret dan Emblem PM, Dua Pasang Sepatu PDL Hitam, Satu Pasang Sepatu PDL Putih, Satu Kopel Putih, Satu Kopel Hitam, Tali Kur dan Tali Selempang Putih, Dua buah Pistol Mancis dan Topi Pet Hitam logo PM.

"Oknum tentara gadungan tersebut merupakan buruh bangunan, warga Jln Perjuangan II Medan. Hampir 2 minggu ini pria tersebut kerap menginap di rumah Virhana br Sinuhaji dan sudah tinggal seperti suami istri karena dia juga telah berjanji akan menikahi Virhana br Sinuhaji yang juga merupakan seorang janda," terang Serka Edison, Minggu (4/4/2021).

Awal mula perkenalan tentara gadungan dengan SiVirhana br Sinuhaji melalui media sosial ketika dirinya masih bekerja di daerah Meulaboh, Aceh. 

"Saat ini tentara gadungan sudah kita amankan dan dibawa ke Kantor Denpom 1/5 Medan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Ternyata buruh bangunan mengaku tentara tersebut juga sudah melakukan hal serupa di tempat lain,csehingga dia juga sudah menjadi target operasi dan penangkapan oleh pihak Denpom 1/5 Medan," tandas Serka Edison Aritonang.
Editor: Budi

T#g:CPMDelituaJandaPOM
Berita Terkait
  • Rabu, 24 Mar 2021 15:04

    Kasum TNI: Citra Positif TNI di Mata Masyarakat Masih Tinggi

    Tingkat kepercayaan rakyat terhadap TNI masih tinggi, jika diukur dalam prosentase jumlahnya mencapai 89%. Citra positif TNI ini tinggi karena usaha dan kerja keras serta prestasi dan pelaksanaan tuga

  • Selasa, 16 Mar 2021 14:56

    Jalin Sinergitas, Brimob Batalyon B Kunjungi Kodim Simalungun dan Denpom Siantar

    Batalyon B Sat Brimob Polda Sumut kunjungi Kodim 0207/Simalungun di Pematang Raya dan Denpom I/1 Pematang Siantar, Selasa (16/3/2021) di Kota Pematang Siantar.

  • Selasa, 16 Mar 2021 11:16

    Kadiv Propam Polri Sambangi Danpuspomad

    Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo bersama jajaran bersilaturahmi dengan mengunjungi Komandan Puspom (Danpuspom) TNI AD Letjen TNI Chandra W Sukotjo di Mako Puspom TNI AD di Jalan Medan Merdeka, Gam

  • Rabu, 10 Mar 2021 01:10

    BPOM Terbitkan 'Emergency Use Authorization' untuk Vaksin AstraZeneca

    Dalam rangka pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, sudah terdapat tiga jenis vaksin yang memperoleh Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengaw

  • Kamis, 04 Mar 2021 12:44

    POM TNI Tangkap Pelaku Yang Menggunakan Plat Dinas Palsu 3423-00

    Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Dr. Edys Riyanto, M.Si. membenarkan terkait penangkapan salah seorang warga Bandung, yang sempat viral di media sosial Tik Tok,

  • Jumat, 22 Jan 2021 22:22

    Danpuspomad Kunjungi Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa

    Dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja ke jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, termasuk salah satu diantaranya Kabupaten Merauke, Komandan Pusat Polisi Militer TNI-AD (Danpuspomad) Letjen TNI Dodik Wij

  • Selasa, 19 Jan 2021 14:19

    Gubernur Edy Rahmayadi Ingatkan Untuk Tidak Berhenti Menuntut Ilmu

    Gubsu Edy Rahmayadi menghadiri secara langsung acara wisuda Institut Deli Husada Delitua Tahun Akademik 2019/2020, Selasa (19/1). Edy Rahmayadi mengingatkan wisuda merupakan langkah awal dalam menuntu

  • Jumat, 04 Des 2020 16:54

    Gubernur Tinjau Lokasi Banjir di Medan - Deli Serdang

    Hujan yang mengguyur sejumlah kawasan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang menyebabkan debit air di sejumlah sungai di Kota Medan cukup tinggi. Kondisi itu membuat tanggul seperti di Sungai Belawa

  • Jumat, 04 Des 2020 08:04

    Emak-emak melawan saat dijambret, pelaku kabur tinggalkan motor Beat BK 6673 di TKP

    Dewi Sri Wahyuni (37) warga Desa Selamat, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, dijambret pria mengendarai Honda Beat BK 6673 AJL di jalan Umum Desa Sidomulyo-Deli Tua, tepatnya di Desa Sidomul

  • Kamis, 03 Des 2020 17:43

    Tingkatkan Solidaritas TNI-Polri, Polresta Deli Serdang Silaturahmi ke Mako Denpom

    Polresta Deli Serdang, Polda Sumut melaksanakan giat kunjungan silaturahmi ke Mako Detasemen Polisi Militer (Denpom)I/1-3 Lubuk Pakam, Rabu (2/12/2020).Dalam kunjungannya Kapolresta Deli Serdang Kombe

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak