Jumat, 18 Jun 2021 09:38
  • Home
  • Ragam
  • Rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan

Rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan

MEDAN (utamanews.com)
Rabu, 14 Agu 2013 23:37
Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Repulik Indonesia  Ke-68 Tingkap Propinsi Sumatera Utara dan Kota Medan tahun 2013, sejumlah kegiatan pun akan digelar, diantaranya Sidang Paripurna DPRD Medan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), Upacara Bendera, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran bendera Merah Mutih, pawai pembangunan serta serenade pelajar dan penurunan bendera.

Demikian terungkap dalam rapat akhir persiapan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68 tahun 2013 di ruang rapat 3 Kantor Wali Kota Medan, Selasa (14/8). Rapat yang dipimpin Asisten Pemerintahan Drs Musadad didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat Drs Erwin Lubis, Kabag Kesra Drs Ahmad Raja Nasution serta mewakili Kasatlantas Polresta Medan.

Dihadapan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan dan camat yang menghadiri rapat, Musadad  menjelaskan tema peringatan HUT Kemerdekaan kali ini adalah “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita guna meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

Adapun sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan tersebut, jelas Musadad, meliputi  Sidang Paripurna DPRD Kota Medan yang akan digelar di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (16/8), pukul 10.00 WIB. Dalam sidang paripurna, seluruh yang hadir akan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2013-2014 di Gedung MPR, DPR dan DPD RI Jakarta.  

Rencananya, tambahnya,  rapat paripurna ini akan dihadirikan oleh para juara lomba tingkat nasional maupun Kota Medan seperti peraih kapaltaru, guru teladan maupun perlombaan lainnya yang berasal dari masiong-masing  kecamatan.

“Pada hari dan tempat yang sama, pukul 14.00 WIB rapat paripurna dilanjutkan kembali untuk mendengar pidato kenegaraan RI dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas Rancangan UU tentang APBN Tahun Anggaran 2014 besertaNota Keuangannya di depan Rapat Paripurna DPR Tahun Sidang 2013-2014 di Gedung MPR, DPR dan DPD RI,” kata Musadad.

Selanjutnya, kata Musadad, tengah malamnya pukul 24.00 WIB diteruskan dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan  (TMP) Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan. Keesokan harinya, Sabtu (17/8), pukul 07.30 WIB dilanjutkan dengan upacara bendera di Lapangan Benteng Medan.  “Untuk upacara bendera di Lapangan Benteng, seluruh pegawai diwajibkan hadir!” tegasnya.
 Kemudian tepat pukul 10. 00 WIB, dilanjutkan dengan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran BenderaMerah Putih di Lapangan Merdeka Medan. Setelah itu pukul 11.30 WIB, acara diteruskan dengan Pawai pembangunan (pawai jalan kaki dan pawai kenderaan hias) di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro Medan. Sore harinya pukul 16.30 WIB,  kegiatan diisi dengan Serenade Pelajar dan Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan. Sedangkan di Lapangan Benteng Medan sekitar pukul 17.00 WIB dilaksanakan upacara penurunan Bendera Merah Putih.

Untuk itulah kepada seluruh pimpinan SKPD maupun camat yang telah mendapatkan rincian tugas, Musadad berharap dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan. “Sesuai dengan pesan Bapak Pelaksana Tugas Wali Kota Medan, seluruh kegiatan harus berjalan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jadi mari kita laksanakan tugas yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya mengingatkan.

Pengibaran Bendera

Sementara itu di tempat terpisah itu Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MM kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan agar mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh  di depan kantor instansi pemerintah/swasta,TNI/Polri, perusahaan negara/swasta, perguruan tinggi, sekolah-sekolah-sekolah, toko-toko dan di depan rumah-rumah penduduk. “Pengibaran bendera  mulai dilakukan tanggal 14 sampai 18 Agustus 2013 mulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB,” kata Sekda.

Khusus kepada camat, Sekda mengistruksikan agar memerintahkan kepada lurah dan kepala lingkungan untuk menyampaikan penguman pengibaran bendera kepada seluruh warganya di kelurahan maupun lingkungannya masing-masing. “Selain itu saya minta kepada camat untuk memantau pelaksanaannya untuk kemudian dilaporkan kepada Wali Kota Medan pada kesempatan pertama,” ungkapnya. (Hpm)
T#g:17anhutHaulperayaan
Berita Terkait
  • Jumat, 18 Jun 2021 08:18

    Babinsa Sarang Burung Kuala Imbau Masyarakat Tak Bakar Lahan

    Dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Desa Sarang Burung Kuala, Kecamatan Jawai, Tim Gabungan melakukan patroli serta sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan laha

  • Selasa, 15 Jun 2021 07:15

    Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan, Tim Terpadu Cek Kondisi Air di Desa Sungai Baru

    Tim patroli terpadu Karhutla terdiri dari TNI-Polri, Manggala Agni dibantu masyarakat melakukan pengecekan yang dianggap rawan terjadi kebakaran di desa Sungai Baru, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten

  • Kamis, 10 Jun 2021 08:30

    Cegah Karhutla Meluas, TNI-Polri dan Manggala Agni Bersinergi Laksanakan Patroli Terpadu

    Anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1208-04/Jawai, melaksanakan kegiatan Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla) Kabupaten Sambas, Selasa (8/6/2021).Kegiatan Patroli Terpa

  • Sabtu, 05 Jun 2021 08:35

    Bobby Ajak Kahiyang Terobos Hujan Kunjungi Hutan Kota

    Di tengah hujan yang cukup deras, Wali Kota Medan Bobby Nasution ajak Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu mengunjungi Hutan Kota Kanal Jalan Eka Sama, Medan Johor, Jumat (4/6/2021).

  • Kamis, 03 Jun 2021 14:23

    LKLH Harapkan Bupati Dapat Memberikan Dukungan Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial

    Darwin Marpaung Kordinator Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) Labuhanbatu Raya pada media ini saat dikunjungi ke Kantornya di Perumnas Damuli Minimalis Tahap 2 Blok C. No. 11 Damuli Pekan, Lab

  • Rabu, 02 Jun 2021 15:02

    Duma Realisasikan Penggeseran Tiang Kayu Milik PLN di Kelurahan Helvetia

    Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Wilayah Perumnas Helvetia akhirnya melakukan penggantian satu buah tiang kayu milik PLN yang berada di Jalan Aster II No 185 Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan

  • Selasa, 18 Mei 2021 07:18

    Korem 174 Merauke Gelar Doa Bersama HUT Ke-58 Kodam XVII/Cenderawasih

    Keluarga Besar Korem 174 Merauke menggelar doa bersama dalam rangka memperingati HUT ke-58 Kodam XVII/Cenderawasih tànggal 17 Mei tahun 2021, bertempat di Masjid At'Taqwa Makorem bagi yang

  • Senin, 17 Mei 2021 13:37

    Forkopimda hadiri rapat istimewa Peringatan HUT Kota Binjai Ke-149 di DPRD

    Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Binjai, menghadiri rapat Istimewa dalam rangka Peringatan HUT Kota Binjai Ke-149, yang dilaksanakan di gedung DPRD, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Senin (17/5).

  • Sabtu, 08 Mei 2021 06:38

    Solidaritas Muda Mudi Batak (Somba) Merayakan Ulang Tahun Ke 2

    Solidaritas Muda Mudi Batak (Somba) melaksanakan perayaan ulang tahun ke 2, di Cafe Cempaka Medan, Jumat (7/5/2021).

  • Senin, 26 Apr 2021 23:26

    Satgas Yonif 642/Kps Rayakan HUT Ke-56 Secara Sederhana di Perbatasan

    Satgas Pamtas Yonif 642/Kps merayakan hari jadi ke-56 secara sederhana di tengah pandemi Covid-19, dan perayaannya berbeda dari biasanya karena digelar di daerah penugasan di perbatasan RI-Malaysia bersama unsur Stakeholder wilayah perbatasan Entikong.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak