Minggu, 28 Feb 2021 14:20
  • Home
  • Pendidikan
  • Pesantren Aljumhuriyah Palas, Unggul Dalam Agama, Tak Kalah di Bidang Sains

Pesantren Aljumhuriyah Palas, Unggul Dalam Agama, Tak Kalah di Bidang Sains

TABAGSEL (utamanews.com)
Kamis, 12 Mar 2015 07:07
Maulana Syafii
Siswa berprestasi Pesantren Aljumhuriyah Kabupaten Palas diabadikan bersama Pimpinan Pesantren Ahmad Sanusi Daulay, SAg (paling kiri) 
Di usianya yang baru beranjak empat tahun, sejak beroperasi tahun 2011 lalu, Pesantren Aljumhuriyah Padang Lawas turut memberi warna keagamaan di daerah ini, prestasi demi prestasi, terus dicatatkannya.

Seperti pada ajang MTQ Kecamatan Sosa yang digelar baru-baru ini, tercatat tiga orang siswanya menjuarai posisi paling puncak di cabang perlombaan yang diikutinya. Otomatis, siswa itu pun bakal menjadi utusan kecamatan untuk MTQ di tingkat kabupaten.

Ketiganya adalah, Misla Husni Harahap, siswa kelas X MTs Aljumhuriyah menyabet juara I bidang Mujawwad tingkat remaja putri, kemudian, Susi Aswita Harahap, kelas IX menjuarai Khattil Quran kategori tulisan, dan Nur Jamilah, kelas IX berhasil juara di perlombaan Khattil Quran kategori hiasan Mushaf.

"Selain tampil sebagai juara I, ada lagi siswa lain yang menduduki posisi II sampai juara harapan. Dari 28 siswa yang dikirim, semuanya hampir jadi juara di ajang MTQ Kecamatan Sosa", kata Ahmad Sanusi Daulay, pimpinan Pesantren Aljumhuriyah didampingi seorang guru, Jamaluddin Dalimunte saat ditemui Media, Rabu (11/3).

Dikatakannya, beberapa bulan lalu, satu siswanya, Abdul Maulup Harahap, siswa kelas IX ini berhasil jadi juara I pada lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. Siswa ini pun jadi utusan Kabupaten Palas ke tingkat Provinsi Sumut di Medan. "Ia mengikuti lomba sains untuk bidang studi fisika", ucapnya.

Tak hanya itu, beberapa prestasi menggembirakan lainnya berhasil diukir siswanya, seperti, jadi pemenang lomba dai cilik tingkat kabupaten sekitar tiga bulan lalu. Siswanya bernama Nur Atikah Dalimunte jadi juara I.

"Banyak lagi sebenarnya prestasi yang didapatkan. Termasuk dalam lomba pramuka 17 Agustus tahun lalu, banyak siswa kita saat itu jadi juara," pungkasnya.

Tentu saja, berbagai prestasi itu didapatkan karena dukungan semua kalangan, mulai dari pihak yayasan, guru dan juga orang tua siswa. Termasuk juga peran masyarakat sekitar sekolah, tambahnya.

Sekolah yang berlokasi di Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa ini, memang memiliki ciri khas berbeda dengan sekolah lain. Mengusung konsep pesantren, tapi tetap tidak mengesampingkan pendidikan umum. Tepat pula dengan visi yang diusungnya, yakni "melahirkan generasi kaffah eksis duniawi dan ukhrowi".

"Makanya, kita memadukan sekolah Tsanawiyah dan SMK di sini. SMK-nya juga tetap diberi kurikulum keagamaan, kitab kuning," tambah Ustad Sanusi lagi.

Dalam pandangannya, tidak tepat jika dibuat dikotomi antara pendidikan umum dan keagamaan. Dua sisi pendidikan itu, menurutnya sama-sama penting, untuk menjadi bekal anak dalam menghadapi masa depan.
 Karena itu, selain pendidikan formal, anak-anak juga dibekali ekstra kurikuler dan pendidikan berbasis skill.

"Ekstra kurikulernya, di sini paling giat latihan pramuka se Kecamatan Sosa. Kemudian, ada juga keahlian anak-anak untuk seni marawis. Satu lagi, untuk tambahan skill, kita sudah sediakan alat cetak batako bagi anak yang bermukim di sini," jelasnya.

Dalam bayangannya, ke depan anak-anak di sekolah ini akan ditambah lagi penguasaan skillnya, termasuk untuk kemampuan menjahit bagi siswi tingkat SMK.

Sebab, bagaimana pun keseimbangan dalam pendidikan menurutnya penting, ilmu keagamaan penting, sains atau ilmu umum juga penting dan tak kalah pentingnya menyiapkan skill siswa.

"Dengan tiga konsep itu, generasi kita akan mampu menatap masa depan yang cemerlang dengan tetap terbingkai akhlak mulia," jelas alumni IAIN Sumut Medan ini. (MS)
T#g:IslamPalasPesantren
Berita Terkait
  • Jumat, 05 Feb 2021 17:05

    Dies Natalis 74 Tahun HMI, Menjadi Episentrum Dialog Berbagai Perbedaan

    Sejak bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 2012, saya berhadapan dengan wacana-wacana keislaman dan keindonesiaan yang dengan berbagai penjelasan menjadi satu kesatuan yang saling mengisi.

  • Selasa, 02 Feb 2021 18:02

    Sah! Provinsi Jabar Lahirkan Perda Pesantren Pertama di Indonesia

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jabar dengan agenda Laporan Panitia Khusus (pansus) dan Persetujuan DPRD terhadap Keputusan DPRD Perihal Penetapan Emp

  • Kamis, 21 Jan 2021 05:21

    Mendukung Moderasi Islam, Menolak Provokasi Khilafah

    Islam mengajarkan perdamaian dan antikekerasan. Sebagaimana Islam dalam arti harfiahnya berasal dari kata "salam" artinya damai, selamat, dan tunduk. Salam dan Islam sama-sama bertemu mengajak kepada

  • Selasa, 19 Jan 2021 17:19

    Utamakan Pencarian Potensi dan Pembinaan Alquran Edy Rahmayadi Minta LPTQ Perkuat Kerja Sama dengan Pemkab/Pemko

    Pencarian bakat dan potensi generasi muda di tingkat desa menjadi fokus Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi guna melahirkan bibit-bibit qori dan hafiz dalam pengembangan Tilawah Alquran. Kar

  • Minggu, 10 Jan 2021 07:20

    LSM CIFOR Apresiasi Kejaksaan Negeri Padanglawas Berani Tetapkan 2 Tersangka BOS Afirmasi

    Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign "CIFOR" melalui Sekjennya, Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengapresiasi informasi diperoleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang

  • Rabu, 30 Des 2020 14:30

    Camat Sosa Serahkan Bantuan 247 Anak Yatim

    Camat Sosa, Asrin Daulay menyerahkan secara langsung bantuan sosial santunan kepada sebanyak 247 anak yatim yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Rabu (30/12/2020).Bantuan

  • Selasa, 08 Des 2020 01:08

    Wagub Ajak Masyarakat Jaga Ukhwah Islamiyah

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) yang juga Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut Musa Rajekshah mengukuhkan Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Labuhan Batu, di Asrama Haji Ran

  • Rabu, 11 Nov 2020 10:01

    Polres Palas Tetapkan Ketua KC FSPMI Palas Tersangka, LBH FSPMI Sumut Laporkan ke Wassidik Poldasu

    Terkait penetapan status Tersangka atas nama Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kabupaten Padang Lawas (KC FSPMI Palas), Maulana Syafi'i, SH.I, oleh penyidik Kepolisia

  • Senin, 02 Nov 2020 02:02

    Bijak Menyikapi Kasus Pelecehan Agama di Prancis

    Kasus Presiden Prancis yang melakukan hate speech terhadap umat islam hendaknya kita tanggapi dengan bijaksana. Jangan balas kejahatan dengan kejahatan, apalagi memboikot barang bermerek dari negara t

  • Minggu, 18 Okt 2020 08:08

    Edy Rahmayadi Berharap Pengurus Persatuan Umat Islam (PUI) Sumut Dapat Mengontrol Pemprovsu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengucapkan selamat kepada pengurus DPW Persatuan Umat Islam (PUI) Sumut periode 2020-2025 yang baru dilantik dan berharap agar PUI Sumut dapat berperan d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak