Sabtu, 04 Jul 2020 08:53
  • Home
  • Techno
  • Panglima TNI Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

Panglima TNI Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

Riau (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Senin, 09 Mar 2020 16:09
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. launching Peluncuran Aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dihadiri jajaran Polda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Provinsi Riau, bertempat di Gedung Daerah Pauh Janggi, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (9/3/2020).

Panglima TNI menyampaikan bahwa Aplikasi Lancang Kuning Nusantara adalah satu aplikasi yang memberikan informasi terkait hotspot dan informasi pendukung yaitu arah angin dan awan yang bisa disemai untuk melaksanakan hujan buatan. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam aplikasi Lancang Kuning Nusantara yaitu pertama aplikasi ini sebagai deteksi deteksi menggunakan pengindra jarak jauh, sebelumnya mendapatkan informasi kadang terlambat. Namun dengan adanya aplikasi ini bisa mendapatkan informasi  secara real time.

Artinya dengan aplikasi dapat dideteksi secara dini, setelah itu mendeteksi dengan menggunakan personel di lapangan seperti Kapolsek dan Danramil, apakah benar sesuai aplikasi terdeteksi adanya hotspot yang diidentifikasi di lapangan.

Ada tiga tetapan titik api yaitu low, medium atau high di lapangan, karena yang terbakar di Indonesia ada tiga macam yang pertama api berasal dari lahan gambut, kedua dari batubara dan ketiga dari hutan yang sudah terbakar, sehingga diperlukan satu sinergi di lapangan yaitu jajaran TNI, Polri dan komponen masyarakat lainnya.

Setelah diidentifikasi, diperoleh tahap berikutnya yaitu eksekusi. Eksekusi diberikan satu kesatuan komando yang memerlukan sumber daya Alutsista yang dimiliki seperti pesawat terbang, peralatan traktor dan pompa air.

Dari semua tahapan dektesi, identifikasi dan eksekusi, ada satu yang diperlukan yaitu prosedur mekanisme hubungan kerja, karena apa memerlukan seluruh komponen, baik TNI-Polri maupun komponen masyarakat  harus mempunyai satu visi dan misi yang sama dalam melakukan suatu komando sehingga yang sudah di deteksi, diidentifikasi dan mampu dieksekusi dengan baik serta tepat sasaran, setelah itu baru hasilnya dievaluasi.

Panglima TNI berharap, aplikasi ini sebagai alat untuk mempersatukan komponen lainnya dalam mengeksekusi informasi yang sama dan identifikasi bersama-sama. Mari semua bertekad bersinergi agar TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat dapat melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Aplikasi Dasboard Lancang Kuning yang semula digunakan sebagai aplikasi untuk menangani Karhutla di wilayah Riau, akhirnya dikukuhkan sebagai aplikasi Nusantara untuk penanganan Karhutla di seluruh Indonesia.

Mulai hari ini pengguna aplikasi ini tidak lagi hanya di Provinsi Riau. Kini aplikasi ini sudah digunakan di sebelas Polda lainnya seperti Polda Aceh, Polda Sumut, Polda Sumbar, Polda Jambi, Polda Sumsel, Polda Kaltim, Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kalbar, Polda Kaltara, dan Polda Babel.
Editor: Herda

T#g:aplikasiKarhutlaRiau
Berita Terkait
  • Senin, 29 Jun 2020 02:29

    BLC, Senjata Baru RI Hadapi Covid

    Pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat terus bahu membahu menangani Covid-19. Kali Ini, Pemerintah meluncurkan sebuah sistem untuk mengetahui perkembangan Covid-19 yang dinamis, bernama Bersatu

  • Kamis, 25 Jun 2020 22:25

    Musa Rajekshah Berharap SIGUM Dapat Diterapkan di Seluruh Kabupaten/Kota

    Wagub Sumut Musa Rajekshah membuka Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Binjai dan Kabupaten Langkat secara video conferenc

  • Selasa, 23 Jun 2020 16:33

    Ini 5 Arahan Presiden Jokowi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

    Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas (Ratas) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (23/6).

  • Sabtu, 13 Jun 2020 16:23

    Panglima TNI dan Kapolri Rapat Bersama Pejabat Wilayah Provinsi Riau Terkait Covid-19 dan Karhutla

    Di hari kedua kunjungan kerjanya, Panglima TNI Marsekal TNI (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., memimpin rapat bersama Pejabat Wilayah Provinsi Riau tent

  • Selasa, 02 Jun 2020 09:12

    Anjuran Mediator Tak Digubris PT. 148, FSPMI Pelalawan Akan PHI-kan Anak Perusahaan PT. RAPP

    Semenjak dikeluarkannya Surat Anjuran oleh Pegawai Mediator pada Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan, Riau, terkait kasus PHK sepihak seorang pekerja atas nama Nofri Hendra, oleh

  • Kamis, 16 Apr 2020 15:46

    Gubsu Resmikan Toko Tani Online, Jual Bahan Pokok Murah

    Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Kamis (16/4), di UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Jalan AH Nasution Medan. Toko Tani menjual hasil produk pangan rumah tangga denga

  • Kamis, 09 Apr 2020 11:49

    TNI Serahkan Ribuan APD dan Rapid Test Ke Gubernur Riau

    Sebanyak 8.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 4.800 alat rapid test diserahkan oleh  Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 k

  • Kamis, 02 Apr 2020 08:02

    Listrik gratis 3 bulan, Ini cara dapat token untuk pelanggan prabayar 450 dan 900 VA

    Pemerintah memutuskan untuk membagi token gratis pada pelanggan prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan ke depan.

  • Sabtu, 28 Mar 2020 22:28

    Mendagri Luncurkan Gisa, Layanan Administrasi Kependudukan 'Online'

    Mendagri Tito Karnavian mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Virus Korona (Covid-19) khususnya layanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui online dengan Gisa.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 10:11

    Dengan PIKOBAR, Warga Jabar Bisa Cek Kesehatan Lewat Fitur Periksa Mandiri

    Aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) memiliki fitur periksa mandiri. Lewat fitur tersebut, warga Jabar dapat memeriksakan diri dengan melaporkan gejala-gejala yang dialami.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak