Rabu, 12 Agu 2020 19:33
  • Home
  • Techno
  • Nanti Kamu Bisa Isi Sensus Penduduk Secara Online, Tetapi Bukan Hari Ini

Nanti Kamu Bisa Isi Sensus Penduduk Secara Online, Tetapi Bukan Hari Ini

Medan (utamanews.com)
Oleh: Erfin Triyaman Harefa, SST (Statistisi Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, sekarang bekerja di Badan Pusat Statistik Kota Medan).
Senin, 10 Feb 2020 08:00
Istimewa
Ilustrasi
Menghitung hari, satu-dua-tiga-empat-lima, ya lima hari lagi menuju Sensus Penduduk Online, tepatnya dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Siapapun Anda, kapanpun, dimanapun, Anda dapat mengisi Sensus Penduduk secara online tanpa takut tidak tercatat sebagai Penduduk Indonesia. Kamu tinggal mengakses situs https://sensus.bps.go.id melalui smartphone, ataupun laptop, ataupun tablet, ataupun personal computer kamu, yang terpenting semua alat itu terhubung dengan internet. 

Setelah masuk ke situs tersebut, kamu tinggal masuk menggunakan NIK (nomor induk kependudukan) dan nomor KK (kartu keluarga). Ketika masuk pertama kali pada situs tersebut, pertanyaan keamanan dan kata sandi dibuat terlebih dahulu agar data yang kamu berikan aman. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah pengisian Sensus Penduduk Online:
1. Masuklah ke laman https://sensus.bps.go.id 
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)
3. Klik kota kosong pada Captcha lalu klik Cek Keberadaan
4. Jika pertama kali melakukan akses pada Sensus Penduduk Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai. Lalu klik "Buat Password"
5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik "Masuk"
6. Bacalah panduan awal mengenaik pengisian Sensus Penduduk Online, "Mulai Mengisi"
7. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
8. Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol "Kirim"
10. Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email Anda dengan mengisikan alamat email

Sebelum menjelang hari H, kamu bisa cek terlebih dahulu NIK dan No KK kamu melalui website https://sensus.bps.go.id/cek agar pada saat hari H tidak panik dan kecewa padahal sudah berniat mengikuti Sensus Penduduk Online. Setiap semester, data NIK dan No KK kita di Disdukcapil dilakukan konsolidasi pada tingkat nasional dan berbeda tiap provinsinya. 

Untuk Sensus Penduduk Online ini, Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan data dasar yang terkonsolidasikan di tingkat nasional per Juni 2019 lalu. Kalau kamu sudah cek pada website https://sensus.bps.go.id/cek dan ternyata tulisan yang keluar "Selamat! Data Anda ada dalam database SP2020-Online" maka kamu dapat berpartisipasi aktif dalam pengisian Sensus Penduduk Online 2020 mulai tanggal 15 Februari nanti. Kalau tidak berhasil, maka kamu tidak akan bisa berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online, namun jangan takut karena nanti Bulan Juli akan bertemu dengan petugas lapangan yang akan melakukan wawancara langsung pada Sensus Penduduk Wawancara. 


Nah, pasti bertanya-tanya, kok ada Sensus Penduduk Online dan Wawancara? Mengapa harus disensus? Tenang, semua ada penjelasannya seperti judul artikel ini "Nanti Kamu Bisa Isi Sensus Penduduk Secara Online Tetapi Bukan Hari Ini". 

Sensus Penduduk 2020 merupakan sensus penduduk ketujuh yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik sejak tahun 1961, kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 1971, 1980, 1990, 2000, 2010. Pada tahun ini, tidak hanya Indonesia yang melaksanakan Sensus Penduduk tetapi ada 54 negara lainnya yang ikut melaksanakannya seperti, Amerika Serikat, Malaysia, Arab Saudi, Korea Selatan, Singapura dan negara lainnya. 

Sensus Penduduk dilaksanakan sepuluh tahun sekali dengan tahun yang berakhiran nol (0). Metode Sensus Penduduk sebelumnya dengan didatangi oleh petugas lapangan secara door to door atau dengan istilah metode secara tradisional, berbeda dengan tahun 2020 ini, BPS menggunakan metode kombinasi, yaitu penggabungan antara metode registasi dan metode tradisional, maka oleh dari itu BPS menggunakan data administrasi kependudukan yang berasal dari Ditjen Dukcapil yang menjadi basis data dasar dan akan diupdate keberadaannya pada Sensus Penduduk 2020. 

Melihat kondisi zaman yang telah berubah dan untuk beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang, BPS melakukan terobosan baru. Masyarakat bisa berpartisipasi dalam Sensus Penduduk dengan cara mengisi secara mandiri melalui sebuah halaman website https://sensus.bps.go.id. 

Cara ini merupakan salah satu dari tiga cara dalam pengumpulan data atau biasa disebut Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) yang selanjutnya disebut Sensus Penduduk Online. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, sebagai salah satu solusi dari masalah yang pernah terjadi sebelumnya yaitu petugas lapangan yang susah menemui responden dalam hal ini penduduk/warga/masyakarat setempat sehingga lebih dari satu kali kunjungan diakibatkan karena si responden seharian bekerja, dihadapkan pada perumahan elite yang butuh prosedur panjang mulai dari izin masuk hingga petugas yang hanya bisa bertemu dengan asisten rumah tangga saja, dan berbagai masalah di lapangan. Dengan adanya Sensus Penduduk Online ini, diharapkan masyarakat lebih berpartisipasi aktif dalam mencatatkan dirinya dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. 

Selain CAWI atau Sensus Penduduk Online ini, moda pengumpulan data yang akan ditempuh oleh BPS adalah CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan PAPI (Pencil and Paper Interview) atau agar lebih awam dinamai Sensus Penduduk Wawancara. 

Pelaksanaan ini nantinya bulan Juli setelah pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Untuk Kota Medan dan beberapa Kota/Kabupaten lainnya di Sumatera Utara, Sensus Penduduk Wawancaranya menggunakan CAPI, atau dengan kata lain pada saat melakukan wawancara langsung dengan responden menggunakan smartphone atau gadget, tidak lagi menggunakan kuesioner kertas. 

Begitu banyak kemudahan yang diberikan BPS agar seluruh masyarakat Indonesia terutama Kota Medan dapat berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk. Mengutip kata-kata Presiden RI, Bapak Joko Widodo bahwa kunci kesuksesan Sensus Penduduk 2020 adalah partisipasi seluruh elemen bangsa, hajatan besar ini harus didukung oleh semua pihak. Catat tanggalnya. Sensus Penduduk Online dimulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli 2020.

Sensus Penduduk 2020 adalah milik kita bersama, oleh karena itu mari bersama #MencatatIndonesia.

Editor: Sam

T#g:BPSsensusSensus Online
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jun 2020 19:08

    286.848 Jiwa Warga Kota Medan Telah Ikuti SP Online

    Sebanyak 286.848 jiwa warga Kota Medan telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online yang telah diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan sejak 15 Februari-29 Mei 2020.Warga Kecamatan

  • Rabu, 17 Jun 2020 15:57

    Walikota Tebing Tinggi Dukung BPS Survey Podes (Potensi Desa)

    Walikota Tebing Tinggi, Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM Menerima audensi dengan Kepala BPS Kota Tebing Tinggi di Balai Kota, Selasa (16/6). Pertemuan ini membahas persiapan pelaksanaan program kerja

  • Selasa, 02 Jun 2020 13:02

    Penumpang pesawat di Kualanamu-Medan anjlok 78,70 persen

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara domestik pada April 2020 sebanyak 838,1 ribu orang atau turun 81,70 persen dibanding Maret 2020.

  • Jumat, 21 Feb 2020 15:11

    BPS Labura Ajak Wartawan Kampanyekan Sensus Penduduk 2020

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Diskominfo Labura terus berupaya mendorong kemajuan pembangunan menopang program pemerintah pusat maupun Daerah untuk mewujudkan hal dimaksud. P

  • Kamis, 20 Feb 2020 20:40

    Diskominfo Labura Undang Insan Pres Cofee Morning

    Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut mengundang Wartawan/ insan pers sesuai dengan Surat Nomor: 005/440/Diskominfo/ 2020, tanggal 19 Februari 2020. Hal tersebut disam

  • Rabu, 19 Feb 2020 16:49

    Kepala BPS Sumut: Tidak Ada Pertanyaan Nama Ibu Kandung di Sensus Penduduk Online

    Kepala BPS Sumut, Dr Syech Suhaimi SE, M.Si., menegaskan bahwa tidak ada permintaan nama ibu kandung dalam sensus penduduk online yang saat ini berlangsung."Tidak ada permintaan nama ayah atau ibu dal

  • Selasa, 18 Feb 2020 05:18

    Dandim 0824/Jember Dukung Sensus Penduduk

    Bertempat di Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember pada Senin (17/02/2020) dilaksanakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tahun 2020 yang dipimpin oleh Bupati Jember dr Hj Faida MMR.Hadir pada kesem

  • Sabtu, 15 Feb 2020 13:55

    Sensus Penduduk Online (SP Online) Dimulai Di Kabupaten Asahan

    Pengisian Sensus Penduduk Online (SP Online) di Kabupaten Asahan dimulai hari ini, Sabtu 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Untuk Kabupaten Asahan diawali dari Rumah Dinas Bupati Asahan.Kepala Badan Pu

  • Kamis, 02 Jan 2020 15:12

    Deflasi Dan Kesejahteraan Petani Sumatera Utara

    Fenomena naik atau turunnya harga barang/jasa selalu menjadi pusat perhatian khalayak ramai dan perbincangan berbagai pihak dalam mengomentari posisi pemerintah dalam menjaga harga barang/jasa di dala

  • Rabu, 30 Okt 2019 17:50

    Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

    Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menegaskan komitmennya untuk mengimplementasikan program Satu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak