Minggu, 19 Jan 2020 23:33
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Sejumlah Indomaret Di Rantauprapat Diduga Bebas Beroperasi Tanpa Izin

Sejumlah Indomaret Di Rantauprapat Diduga Bebas Beroperasi Tanpa Izin

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 07 Des 2019 20:27
Junaidi
Spanduk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Labuhanbatu.
Sejumlah pasar modern Indomaret yang menjalankan usaha perdagangan di Rantauprapat kabupaten Labuhanbatu diduga tidak mengantongi izin usaha perdagangan serta bebas beroperasi, sehingga merugikan pemerintah daerah, dan juga merugikan masyarakat pelaku usaha kecil.

Berdasarkan data dari (DPMPTSP), Rekap izin pasar modern badan penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu kabupaten Labuhanbatu yang dihimpun awak media, di kecamatan Rantau Utara hanya ada 7 titik lokasi pasar modern indomaret yang terdaftar. Setelah dilakukan penelusuran, faktanya lebih dari 7 titik lokasi usaha perdagangan pasar modern indomaret. Patut diduga beberapa tempat lokasi usaha perdagangan Indomaret yang lain, beroperasi tidak mengantongi izin usaha perdagangan yang di keluarkan dinas perizinan kabupaten Labuhanbatu.

Dalam hal ini diduga pengusaha (Perusahaan) melakukan kecurangan, dengan tidak memiliki izin usaha perdagangan dan sejenisnya terlebih dahulu, beroperasi dan mengambil keuntungan dari usaha perdagangannya. Ini tentunya sangat merugikan pemerintah daerah kabupaten Labuhanbatu dan juga dapat menghambat pemerintah dalam menjalankan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.


Adapun salah satu pendapatan asli daerah termasuk juga dari hasil pembayaran retribusi, seperti izin usaha perdagangan, izin usaha industri, tanda daftar industri, gudang dan perusahaan yang mana hasil dari retribusi tersebut diperuntukkan untuk pembangunan fisik dan non fisik, serta dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat banyak, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di kabupaten Labuhanbatu.

Kewajiban pengusaha memiliki izin usaha perdagangan, usaha industri, tanda daftar industri, gudang dan perusahaan  berdasarkan peraturan daerah (Perda) kabupaten Labuhanbatu No. 06 Tahun 2008 tentang izin usaha industri, izin usaha perdagangan, tanda daftar industri, gudang dan perusahaan.

Menimbang dimana pada salinan alinea kedua hurup b, dijelaskan bahwa dalam rangka pemberian tanda daftar gudang, tanda daftar industri/ izin usaha industri, izin usaha perdagangan dan tanda daftar perusahaan merupakan sumber pendapatan daerah yang penting guna pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Di pasal 1 butir 7, Perda kabupaten Labuhanbatu No.06 Tahun 2008, dijelaskan, Badan adalah suatu bentuk badan usaha yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, dan perseroan lainnya, badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah dengan nama dan bentuk apapun, persekutuan, perkumpulan, firma, kongsi, yayasan atau organisasi yang usahanya bergerak dalam bidang perdagangan.

Di butir 19 pasal 1 Perda kabupaten labuhanbatu No. 06 Tahun 2008 dijelaskan, Perdagangan adalah kegiatan usaha transaksi barang atau jasa seperti jual beli, sewa beli, sewa menyewa yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan pengalihan atas hak atas barang atau jasa dengan disertai imbalan atau kompensasi.


Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan kegiatan usaha perdagangan yang bersifat tetap, berkelanjutan, didirikan, bekerja dan berkedudukan dalam kabupaten labuhanbatu untuk tujuan memperoleh keuntungan dan/atau laba.

Kemudian yang disebut Retribusi adalah pemungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan hukum.

Perizinan tertentu adalah kegiatan tertentu pemerintah daerah dalam  rangka pemberian izin kepada orang pribadi atau badan yang dimaksud untuk pembinaan, pegaturan, pengendalian dan pengawasan atas kegiatan pemanfaatan ruang, pengunaan sumber daya alam, barang, prasarana, sarana atau fasilitas tertentu guna melindungi kepentingan umum dan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu Ketentuan Pidana juga dijelaskan di Perda kabupaten labuhanbatu No. 06 Tahun 2008 pada pasal 33 dikatakan, Wajib retribusi yang tidak melaksanakan kewajibanbya sehingga merugikan keuangan daerah diancam pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan dan atau denda setinggi- tingginya Rp5.000.000,- (lima juta rupiah).

Menanggapi hal itu, Ketua LSM Peduli pembangunan dan penyelamatan harta negara (P3HN) kabupaten Labuhanbatu, Parlaungan Sipahutar kepada awak media, Sabtu (07/12/19) mengatakan, "Sangat menyesalkan adanya pasar modern di kabupaten Labuhanbatu yang diduga tidak memiliki izin dan bebas beroperasi menjalankan usahanya meraup keuntungan."

"Semestinya kalau bersifat perusahaan harus izin dululah dilaksanakan, artinya pemerintah itupun mendapatkan hasil untuk pembagunan Labuhanbatu, kita kan peduli tentang pembangunan itu yang kesatu," kata Parlaungan.

Yang kedua, timpalnya lagi, dengan maraknya tanpa izin tadi seolah- olah mengkangkangi usaha masyarakat pedangang kecil yang semestinya tadi bisa menghidupi keluarganya sehingga berkuranglah pendapatannya. 

"Yang ketiga, sangat kita kesalkan instansi yang berkepentingan di dalam itu, contohnya seperti Satpol PP, sampai sejauh ini perusahaan seperti itu menjamur dan sudah lama beroperasi, dimana tindakan dari pada pihak Satpol PP ada apa disananya, yang terkait yang bisa melakukan pemeriksaan dan penindakan dan selaku pengawal peraturan daerah di kabupaten Labuhanbatu ini," tukas Parlaungan.

Parlaungan Sipahutar juga menambahkan, terkait hal ini kita mengasih solusi kepada Bupati Labuhanbatu untuk segera memanggil pihak dinas perizinan dan Kasatpol pamong praja, selanjutnya memerintahkan untuk melakukan penertiban dan penutupan usaha yang tidak mengantongi izin, supaya jera pengusaha, sehingga tidak ada lagi pengusaha nakal yang menjalankan usahanya tanpa mengantongi izin terlebih dahulu.

"Kedepannya pengusaha harus terlebih dahulu memiliki izin baru menjalankan usaha perdaganganya untuk meningkatkan PAD dan mendorong kemajuan dan pembangunan daerah serta untuk kepentingan khalayak ramai," tegas Ketua LSM P3HN menutup komunikasinya.
Editor: Budi

T#g:IndomaretPerdaRANTAUPRAPAT
Berita Terkait
  • Kamis, 09 Jan 2020 05:09

    Panglima TNI Bangga Keberhasilan Kontingen Garuda Mengemban Tugas Pasukan Pemelihara Perdamaian

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P yang diwakili Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas profesionalisme dan dedikasi yang te

  • Sabtu, 04 Jan 2020 13:04

    Pemandian Pasuruan Jaya Rantauprapat Diduga Beroperasi Tanpa Kantongi Izin

    Tempat wisata buatan pemandian Pasuruan Jaya milik pengusaha berinisial YS yang berlokasi di lingkungan Pasuruan Jaya Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, diduga beroper

  • Selasa, 10 Des 2019 11:40

    Hutagalung, Warga Aek Nabara Ditemukan Sudah Jadi Mayat di SPBU By Pass Rantauprapat

    Seorang laki- laki paruh baya ditemukan tergeletak tidak bernyawa di teras SPBU jalan by pass H. Adam Malik lingkungan Al- Huda Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Sela

  • Selasa, 26 Nov 2019 10:16

    Plt Kalapas IIA Rantauprapat Bina Mental Napi dengan Kegiatan Sosial dan Kerohanian

    Menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Plt Kalapas Kls IIA Rantauprapat, M Taviv Pardede menjalankan program bakti sosial dengan masyarakat bekerjasam

  • Rabu, 20 Nov 2019 13:50

    Plt Kalapas IIA Rantauprapat Dan Dinkes Labuhanbatu Lakukan Fogging di Lingkungan Lapas

    Guna mengantisipasi para tahanan/ narapidana terjangkit penyakit DBD, Kalapas Kls IIA Rantauprapat, M Taviv bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu melakukan fogging di lingkungan Lapas, Selasa

  • Senin, 11 Nov 2019 06:51

    Letkol Inf. Santoso, Bersama Unsur Forkopimda Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Rantauprapat

    Usai pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan nasional ke 74 tahun 2019 yang diadakan di lapangan Ika Bina Enpabolo jalan MH Thamrin Rantauprapat, Minggu (10/11/19), Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Sa

  • Selasa, 17 Sep 2019 09:07

    Plt Bupati Labuhanbatu Kunker ke Kabupaten Tulungagung

    Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe, melakukan kunjungan kerja (Kunker) Ke Ka

  • Kamis, 12 Sep 2019 03:12

    Sah! MA Gugurkan Kewenangan Gubernur Anies Baswedan Untuk Menutup Jalan

    Gubernur Anies Baswedan sebelumnya telah menertibkan Pedagang Kaki Lima PKL di Tanah Abang sehingga kawasan Tanah Abang menjadi tempat yang tertib dan rapi. Namun, kembali lagi dihancurkan oleh Gubern

  • Kamis, 15 Agu 2019 20:45

    Revisi RT/RW Menuju Medan Kota Bertaraf Internasional

    Perkembangan Kota Medan yang cenderung memusat pada inti kota berimplikasi terhadap keterbatasan lahan. Ditambah lagi pembangunan yang dilakukan secara vertikal serta adanya trend permintaan pasar ter

  • Senin, 12 Agu 2019 06:12

    Plt Bupati Labuhanbatu Sholat Idul Adha 1440 H/2019 M di Lapangan Ika Bina En Pabolo Rantauprapat

    Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.M.T. bersama Ketua Tim Pengerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Ny.Hj.Rosmanidar Andi Suhaimi, beserta masyarakat melaksanakan ibadah sh

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak