Senin, 19 Apr 2021 10:30

KLB Partai Demokrat, Kompolnas: Polri Tunjukkan Netralitas

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 06 Mar 2021 14:06
Istimewa
Poengky Indarti
Kinerja Polri khususnya Polda Sumut dinilai telah menjalankan tugasnya dengan baik menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. 

Penilaian itu pun disampaikan Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti, tentang proses pengamanan KLB Partai Demokrat yang dilakukan Polda Sumut.

"Polda Sumut telah menunjukkan netralitasnya tidak mengintervensi urusan internal partai politik", katanya, Sabtu (6/3/2021).

Walaupun pada pelaksanaan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat tidak mendapat izin rekomendasi dari kepolisian, Poengky mengungkapkan Polda Sumut telah bekerja dengan baik sebagai penanggungjawab keamanan mengantisipasi terjadinya benturan diantara kedua pihak, baik yang mendukung maupun menolak KLB tersebut. 


"Polda Sumut telah berhasil melakukan upaya responsif mengantisipasi potensi konflik yang timbul dari massa yang pro maupun kontra terhadap pelaksanaan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan situasi kamtibmas tidak kondusif", ungkapnya. 

"Oleh karena itu, Kompolnas mendukung tindakan Polri (Polda Sumut-red) yang bersikap netral dan tetap profesional menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif", terang Poengky. 

Sebelumnya, Polda Sumut menegaskan tidak mencampuri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang berlangsung di Hotel The Hill Sibolangit.

"Kami tidak mencampuri urusan internal partai, yang kami jaga adalah situasi kamtibmas agar tetap kondusif, tentu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang Presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggungjawab akan hal itu", kata Kabid Humas Pol Hadi Wahyudi, Jumat (5/3/2021).

Hadi mengungkapkan, Poldasu bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai tupoksinya. Lebih lanjut, ia menuturkan sejumlah personil dari Polrestabes Medan dan Polda Sumut telah bersiaga selama KLB Partai Demokrat di Sibolangit. 

"Kami bekerja secara profesional dan proporsional yang sejalan dengan tuntutan hukum, demokratisasi, keadilan dan kebenaran, serta hak asasi manusia", pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:KLBKompolnas
Berita Terkait
  • Rabu, 31 Mar 2021 13:41

    Pengesahan Pengurus Partai Demokrat Kubu Moeldoko, Ditolak

    Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menko Polhukam Mahfud MD dan Menkumham Yasonna Laoly menegaskan menolak mengesahkan kepengurusan Partai Demokrat hasil KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara.Hal it

  • Kamis, 25 Mar 2021 07:05

    Konperensi Daerah GAMKI Sumut Batal Digelar

    Agenda organisasi konperensi daerah (Konperda) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Sumatera Utara yang seigoiyanya digelar Jumat sampai Minggu (26-28/3) di Tapteng-Sibolga, batal

  • Rabu, 17 Mar 2021 09:17

    Terima Dokumen KLB Demokrat, Yasonna: Kami Teliti Dulu

    Yasonna Hamonganan Laoly, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) mengaku kementeriannya telah menerima permohonan pengesahan kepengurusan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Deli S

  • Sabtu, 06 Mar 2021 11:46

    Akademisi: Polda Sumut Berhasil Atasi Potensi Konflik KLB Partai Demokrat

    Responsibilitas Polda Sumut dan jajaran dalam penggelaran kekuatan untuk mengatasi segala bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut perlu diapresiasi.

  • Jumat, 05 Mar 2021 07:55

    Ketua DPC Partai Demokrat Paluta: Kita Tetap Setia Terhadap Kepemimpinan AHY

    Kisruh internal Dewan Pimpinan Pusat (DPD) Partai Demokrat semakin memanas. Isu kudeta Partai Demokrat terus bergejolak terkait sejumlah mantan pengurus dan oknum kader Partai Demokrat bersama pejaba

  • Kamis, 04 Mar 2021 23:34

    Malam-malam, Pengurus Demokrat Mengadu Ke Polisi, Ini Tuntutannya

    Malam ini, Kamis (4/3), Herri Zulkarnain Hutajulu memimpin sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat Sumatera Utara mendatangi markas Polrestabes Medan, jalan H. Said.

  • Minggu, 29 Mar 2020 22:29

    Bupati Tetapkan Jember KLB Covid 19, Dandim Dukung Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat

    Rilis Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kabupaten Jember per Sabtu  (28/03/2020) menyatakan kasus yang ditangani terhadap kasus virus Covid-19 di Kabupaten Jember, rinciannya sebagai beri

  • Selasa, 23 Jan 2018 17:53

    Satgas Kesehatan TNI Evakuasi Pasien Ke RSUD Agats

    Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) terus melaksanakan pengobatan terhadap anak-anak yang terkena campak dan gizi buruk. Mereka dirawat di Puskemas yang tersebar di be

  • Senin, 22 Jan 2018 14:52

    TNI Kirim Tim Kesehatan ke Kampung Pedam Distrik Okbibab

    Tim Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) di antaranya terdiri dari 7 (tujuh) orang dokter spesialis yaitu spesialis anak, penyakit dalam, penyakit kulit dan obsgyn, yang saat ini sedang mela

  • Sabtu, 20 Jan 2018 06:50

    Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

    Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas K

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak