Rabu, 28 Jul 2021 00:56
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Gubsu Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM Masyarakat Paluta

Gubsu Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Peningkatan SDM Masyarakat Paluta

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Umar Rambe
Kamis, 17 Jun 2021 08:17
Istimewa
Dalam rangka kunker ke Padang Lawas Utara, Gubernur Edy mengatakan bahwa kemajuan suatu bangsa dimasa depan ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) dan bukan oleh melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA).

Pesan tersebut menjadi poin penting yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat melakukan pertemuan dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) di aula Serbaguna kantor Bupati Paluta, Rabu (16/6/2021).

Pada kegiatan Kunker tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi oleh ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny Nawal Edy Rahmayadi beserta rombongan dari kalangan pejabat Pemerintahan Provinsi Sumut.

Turut hadir Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Wabup Paluta Hariro Harahap, Kajari Paluta Andri Kurniawan, Sekdakab Paluta Burhan Harahap, Pabung Paluta. Komandan Kompi Rajawali 123 Gunung Tua Forkopimda, MUI, pimpinan OPD se-Kabupaten Paluta ketua Bapera Paluta Asrul Ansori Siregar beserta undangan lainnya.

Dalam pemaparan sekaligus pemberian motivasi kepada Camat, Lurah dan terutama Kepala Desa, Gubernur Edy Rahmayadi mengajak seluruhnya untuk lebih peduli terhadap kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

Sebab berbagai persoalan yang muncul ke publik, sebagian besar karena aparatur pemerintahnya tidak menjalankan dan menjaga amanah yang diberikan rakyat. "Salah satu modal utama pejabat untuk membangun daerah adalah kejujuran," ujarnya.

Menurut Edy, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat itu harus berawal dari desa dan peran pejabat terutama Kepala Desa untuk mewujudkan hal tersebut merupakan salah satu faktor kunci utama yang harus diperhatikan, kepala desa adalah ujung tombak pengelola pemerintahan di tingkat terkecil. Apalagi saat ini, anggaran dana desa begitu besar digelontorkan negara agar konsep Membangun Desa Menata Kota dapat berjalan sehingga Sumut Bermartabat dapat terwujudkan.

"Kunci pembangunan suatu daerah itu dimulai dari desa. Kalau desa belum terbangun dengan baik, maka kota tidak akan tertata dengan baik pula," jelasnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menyampaikan bahwa kemajuan suatu daerah atau bangsa tersebut ditentukan oleh kualitas SDM nya dan bukan hanya melimpahnya SDA saja. Kemajuan SDM tersebut ditunjukkan dengan peningkatan pelayanan dasar sosial antara lain bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadikan masyarakat yang maju dan sejahtera.

Ia juga menekankan bahwa pejabat dalam hal ini kepala desa adalah pengayom dan pelayan masyarakat yang harus menjadi teladan bagi publik. Untuk itu jika SDM pemimpin yang bermodalkan kejujuran merupakan salah satu modal utama dalam memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya.

"Walaupun sumber daya alam kita kaya, kalau SDM-nya tidak ada dan pemimpinnya tidak jujur untuk mengelolanya dengan baik, maka tidak akan menjamin kesejahteraan masyarakat," sebutnya sambil mencontohkan salah satu negara yakni Finlandia yang kunci kemakmuran negaranya adalah kejujuran dari pejabat dan masyarakatnya.

Karena itu, dirinya menekankan pentingnya seorang kepala desa mengetahui dan mampu mengelola potensi yang ada di wilayahnya serta menjadikan jabatannya sebagai amanah yang harus diemban dan dipertanggungjawabkan dengan baik demi kesejahteraan rakyat.

Ia juga berpesan kepada Bupati, Camat, Lurah dan Kepala Desa maupun pejabat pemerintah daerah lainnya agar dapat bergandeng tangan dan bekerjasama dalam membangun daerah dengan menjaga akhlak dan moral yang baik.

Edy meyampaikan para kepala desa jangan Bintek dulu keluar daerah apalagi di masa pandemi covid 19 ini. "Dan kita tengok nanti dana Bintek dianggarkan kemana", ujar pak Gubsu lagi.

"Mari bergandeng tangan membangun daerah, tanpa kalian Sumut bukan apa-apa. Jalankan amanah bermodalkan kejujuran dan akhlak yang baik dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat," ajaknya.

Di akhir acara penyampaian pengarahan, Gubernur Sumut meminta maaf jika ada kalimatnya yang menyinggung seluruh hadirin.

Dia memastikan, bahwa apa yang disampaikan adalah kenyataan saat ini dengan tujuan yang pasti untuk perbaikan ke depan menuju Sumut Bermartabat.

"Yakinlah biarpun kata-kata saya agak kasar dan buruk, tapi hati saya tidak seburuk itu. Maafkan saya, karena tanpa kita berbuat, anak cucu kita akan sengsara nantinya," pungkasnya.

Gubernur Sumut juga menjawab dan memberikan tanggapan atas sejumlah pertanyaan dari para kepala desa yang hadir terkait permasalahan yang dihadapi di desa.

Pantauan, usai menyampaikan motivasi dan pengarahan, Gubernur Sumut juga melakukan sejumlah kegiatan diantaranya penyerahan 5000 keping KIA dan Adminduk kepada masyarakat, menyerahkan bantuan ternak dari Pemprov Sumut kepada sejumlah kelompok ternak, menyerahkan bantuan bibit serta peralatan pertanian berupa hand sprayer dari Pemprovsu kepada sejumlah kelompok tani di Paluta.

Pada kesempatan ini Edy Rahmayadi juga melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, meninjau mobil portable Sumut bermartabat yang melaksanakan pelayanan operasi bibir sumbing serta pelaksanaan sunat massal dan konsultasi dokter spesialis penyakit dalam.

Usai melakukan peninjauan terhadap sejumlah kegiatan dan fasilitas pelayanan masyarakat, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kembali melakukan pertemuan dengan kepala sekolah tingkat SMA/SMK wilayah kabupaten Paluta dan Padang Lawas sekaligus memberikan motivasi dan pengarahan terkait pelaksanaan dan peningkatan pelayanan serta kualitas pendidikan.
Editor: Herda

T#g:Edy Rahmayadipaluta
Berita Terkait
  • Minggu, 25 Jul 2021 19:45

    Hendra Sutan Rambe Terpilih Jadi Sekretaris PC F.SP.TSI-K.SPSI Paluta

    Sekretaris PC F.SP.TSI-K.SPSI Paluta, Hendra Sutan Rambe akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PC. Federasi Serikat Pekerja Trasport Seluruh Indonesia- Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh In

  • Minggu, 25 Jul 2021 09:05

    Gubernur Akui Baru 2 Kabupaten di Sumut Salurkan BLT Dana Desa Hingga Juli 2021

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mendorong percepatan realiasasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat. Sehingga dapat sege

  • Jumat, 23 Jul 2021 12:23

    Ketua AMPI Padang Lawas Utara: Selamat Ulang Tahun KNPI

    Pemuda harapan bangsa. Begitu satu ungkapan kalimat yang sangat akrab di telinga kita tentang hubungan pemuda dan bangsanya. Baik sebagai pelanjut tongkat estafet maupun sebagai pengontrol arah kepemi

  • Rabu, 21 Jul 2021 18:31

    Karang Taruna Dolok Apresiasi Tim IV Monitoring Optimalisasi Penanganan Covid-19

    Pemerintah Padang Lawas Utara melalui Tim IV turun ke daerah Kecamatan Dolok dalam rangka Monitoring tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan mengoptimalkan Posko

  • Selasa, 20 Jul 2021 13:30

    DPD KNPI Paluta Gelar Qurban Bersama Pemuda

    Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah atau tahun 2021, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan Qurban Bersama Pemuda

  • Minggu, 18 Jul 2021 13:28

    Yusron Ghojali Dalimunte terpilih secara aklamasi jadi Ketua Karang Taruna Desa Bahap masa bhakti 2021-2026

    Melalui Musyawarah warga karang taruna (MWKT) pertama desa Bahap, Yursron Ghojali Dalimunte terpilih secara aklamasi sebagai ketua karang taruna desa bahap yang digelar di balai pertemuan desa bahap S

  • Kamis, 15 Jul 2021 15:15

    KNPI Paluta Apresiasi Kegiatan Forum Dialog Kesbangpol

    Forum Dialog Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Paluta mengangkat tema "Penanganan Isu Isu Strategis Yang Berkembang di Kabupaten Padang Lawas Utara", mendapat

  • Rabu, 14 Jul 2021 04:14

    Gubernur Edy, Kapolda dan Pangdam Pantau PPKM Diperketat di Sibolga

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Pandam I/BB Mayjen TNI Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengunjungi Kota Sibolga, guna memantau pelaksanaan Pemberla

  • Senin, 12 Jul 2021 22:12

    PPKM Darurat di Kota Medan, Gubernur Sebut Semua Kabupaten/Kota Harus Berpartisipasi

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan 31 kabupaten/kota di Sumut mesti berpartisipasi dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan dan PPKM Diperke

  • Sabtu, 10 Jul 2021 14:10

    Babinsa Koramil 06/Dolok Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan Melalui Komsos

    Sertu Rajali Ritonga Babinsa Koramil 06/Dolok Kodim 0212 Tapanuli Selatan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) serta menghimbau warga Desa binaan agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal t

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak