Selasa, 26 Mei 2020 14:21
  • Home
  • Ragam
  • Plt Bupati Labuhanbatu Kembali Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Sei Berombang

Plt Bupati Labuhanbatu Kembali Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Sei Berombang

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 14 Jun 2019 08:54
Junaidi
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi saat menyerahkan bantuan pada masyarakat korban kebakaran di Sei Berombang.
Ini adalah kunjungan kedua saya pasca bencana kebakaran yang sama-sama kita ketahui pada tanggal 6 Juni yang lalu, dimana kebakaran tersebut menelan korban jiwa sebanyak empat orang dan menghanguskan begitu banyak tempat tinggal, tempat usaha dan mudah-mudahan ini akan terus menjadi pantauan kita dan saya sebagai kepala daerah akan terus memperhatikan ini.

Hal tersebut dikatakan Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dalam arahannya pada acara penyerahan/penyaluran bantuan kepada warga masyarakat korban musibah kebakaran Sei Berombang, Kamis (13/6/2019) siang di Halaman Vihara Jayanthi Sei Berombang yang dihadiri Sekdakab, Kepala Per-Bankan, Para Asisten, Kepala OPD dan Pengurus Lions Club Rantauprapat.


Andi Suhaimi dalam kesempatan itu berjanji akan mempermudah semua urusan dalam pembangunan kembali rumah atau tempat usaha para korban musibah kebakaran, seperti IMB, korban hanya membayar retribusi yang lainnya semua digratiskan. "Serta syarat-syarat yang diperlukan untuk urusan ke bank maupun urusan sertifikat, KK dan KTP sudah saya perintahkan Camat untuk segera membuat surat-surat itu kembali, demikian juga dengan ijazah-ijazah yang hangus terbakar nanti kita tugaskan Dinas Pendidikan untuk mengurusnya, apakah itu surat keterangan atau membuat ijazah yang baru. Semua urusan surat-surat berharga nanti akan kita bantu dan tidak akan kita kenakan biaya nantinya. Itulah janji saya kepada masyarakat khususnya warga yang menjadi korban musibah kebakaran di Sei Berombang ini", kata Andi Suhaimi.

Pada kesempatan itu Plt. Bupati Labuhanbatu ini juga meminta kepada perbankan untuk memberikan keringanan bila korban mau kredit untuk membangun rumah. "Sertifikatnya nanti diurus belakangan karena saya berharap secepat mungkin pembangunan rumah ini bisa kita laksanakan. Kita juga berharap bantuan dari Provinsi maupun dari Pusat dapat segera diluncurkan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah sehingga bantuan-bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan-pembangunan rumah korban kebakaran," kata Andi Suhaimi.


Plt. Camat Panai Hilir Hadmansyah dalam sambutannya mengutarakan dan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya untuk memberikan bantuan kepada warga masyarakat korban kebakaran. "Dan disini perlu kami jelaskan bahwa sampai tadi malam kami masih menerima bantuan dana sebesar Rp.300 Juta dan dari salah seorang pengusaha yang tidak mau disebutkan namanya 6.500.000,- per kepala keluarga untuk 30 rumah yang kebakaran dan bantuan yang kami terima telah disalurkan kepada korban musibah kebakaran. Mudah-mudah bantuan yang bapak berikan hari ini dapat memberikan semangat kepada para korban untuk lebih semangat dalam membangun usahanya kembali, kemudian kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur, OPD maupun Perbankan yang telah memberikan bantuannya", kata Plt. Camat Panai Hilir.

Sementara, Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat H. Sujendi atasnama Badan Musyawarah Perbankan Sedaerah Labuhanbatu mengucapkan turut berduka atas musibah yang dialami bapak/ibu. "Dan kehadiran kami kesini akan memberikan bantuan kepada bapak/ibu, mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban dari bapak/ibu sekalian. Tadi telah disampaikan pak Bupati, peran perbankan agar membantu untuk pembangunan rumah yang sudah terbakar dan juga membantu dari sisi modal usaha. Di samping membangun rumah juga untuk tempat usaha, kemudian kami sangat mendukung apa yang disampaikan oleh pak Bupati untuk ikut membantu dan mencarikan solusi apa yang harus dilakukan untuk kembali membangun usaha dan membangun tempat tinggal yang ada", jelas Sujendi.


Di sela-sela penyerahan bantuan kepada warga korban musibah kebakaran yang terjadi pada hari rabu tanggal 5 Juni 2019 pukul 03.30 wib, di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir, Kepala Dinas Sosial Labuhanbatu Sofyan Effendy Harahap, SP menjelaskan, bahwa bantuan yang diserahkan kepada korban kebakaran yaitu dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berupa bantuan uang tunai sebesar Rp.150 Juta untuk pengadaan material bahan bangunan untuk 30 rumah masing-masing senilai Rp. 5 Juta per-rumah, kemudian bantuan untuk korban yang meninggal dunia sebesar Rp.30 Juta untuk 4 jiwa masing-masing menerima Rp.7,5 Juta.

Selanjutnya bantuan dari para ASN (Setdakab, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para OPD dan Staf, Para Kabag) bagi 45 KK sebesar Rp.30 Juta,  kemudian bantuan dari Bank Sumut Cabang Rantauprapat untuk 45 KK sebesar Rp.10 Juta, selanjutnya bantuan dari BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah)Kabupaten Labuhanbatu untuk 45 KK beras sebanyak 800 Kg, ada juga bantuan dari Lions Club Rantauprapat untuk 45 KK sebesar Rp.7 Juta, bantuan dari Dinas Pendidikan untuk 45 KK khusus untuk anak sekolah sebesar Rp.50 Juta dan bantuan dari BRI untuk 45 KK yaitu Beras 50 goni, Minyak Goreng 50 bungkus, Gula Putih 50 bungkus dan Mie Instan sebanyak 50 kotak.

Sofyan Effendy Harahap juga menjelaskan bahwa total bantuan uang yang diserahkan pada hari ini adalah sebesar Rp.277.000.000,- kemudian pada tanggal 6 Juni 2019 yang lalu bapak Plt. Bupati Labuhanbatu juga sudah menyerahkan bantuan sembako untuk para korban musibah kebakaran Sei Berombang yang terdiri dari bantuan Beras sebanyak 1.350 Kg untuk 45 KK dan per-KK masing-masing menerima 30 Kg, kemudian Mie Instans sebanyak 45 Kotak, Gula Putih 225 Kg, Bubuk Teh 45 Kotak dan Kain sarung 45 helai.
Editor: Herda

T#g:Bank SumutkebakaranSei Berombang
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Mei 2020 04:22

    Bank Sumut Berikan Bantuan pada MUI Sumut

    Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo menyerahkan bantuan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, dan diterima langsung oleh Sekretaris Umum MUI Sumut Dr.H. Ardiansyah Lc.MA., Ra

  • Kamis, 14 Mei 2020 23:14

    Laba Bank Sumut Meningkat 8,3%

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menekankan kepada seluruh Bupati dan Walikota se-Sumut perlunya memberikan perlakuan khusus terhadap debitur termasuk UMKM yang mengalami kesulitan memenu

  • Rabu, 13 Mei 2020 17:13

    Akhyar Nasution Apresiasi Dinas P2K Padamkan Api Kapal Tanker Jagleela

    Kerja keras petugas Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan untuk memadamkan api pada kebakaran Kapal Tanker MT Jag Leela di area Pelabuhan Belawan, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Med

  • Selasa, 12 Mei 2020 16:22

    Korban Kebakaran Kapal Tanker MT Jagleela 7 Orang

    Jumlah korban yang meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran kapal Tanker MT Jagleela di Galangan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard di Belawan menjadi 7 orang.

  • Senin, 11 Mei 2020 12:21

    Kapal Tanker sepanjang 250 meter terbakar di Belawan, 12 korban sudah dikirim ke rumah sakit

    Kapal Tanker terbakar di di galangan kapal PT Waruna Shipyard Indonesia, Belawan, Senin (11/5/2020), sekitar pukul 08.30 wib.

  • Jumat, 24 Apr 2020 04:44

    Peduli Terhadap Kesulitan Masyarakat, Danramil 03/SB dan Babinsa Antar Sembako Langsung Ke Rumah Warga

    Dengan menempuh perjalanan melalui sungai dengan menggunakan Boat, dan demi memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari warganya, Danramil 03/SB Mayor Inf H. Syamsul Anwar Harahap beserta tiga orang Babinsan

  • Rabu, 01 Apr 2020 22:31

    Gedung Laboratorium Analisis PSBB Bangun Bandar Terbakar

    Gedung Laboratorium Analisis PSBB (Pusat Seleksi Bangun Bandar) di Dusun I Desa Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai, terbakar, Rabu (1/3/2020) sekitar pukul 03.00 Wib.

  • Jumat, 27 Mar 2020 14:57

    Pemko Tebing Tinggi Semprotkan 15 Ton Disinfektan Ke Jalan-jalan Utama Kota

    Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui kerja sama dengan Dinkes, Satpol PP dan Koramil 13 TT Kodim 0204-DS melakukan penyemprotan fasilitas jalan utama dan inti di Kota Tebing Tinggi, Jumat (27/3).

  • Senin, 02 Mar 2020 01:02

    Danramil Kaliwates Pimpin Bakti TNI Renovasi Rumah Korban Kebakaran

    Beberapa hari yang lalu telah terjadi kebakaran rumah di jalan hayam Wuruk Gg. I No. 119 RT/02/02 Kelurahan Kaliwates Kab Jember. Pemilik rumah yang tertimpa musibah kebakaran tersebut adalah Madin, 5

  • Jumat, 07 Feb 2020 09:47

    H.Andi Suhaimi Dalimunthe Diupah- Upah Jama'ah Masjid Lekok Sei Berombang

    Kunjungan kerja ke Sei Berombang, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.,MT diberi upah-upah oleh para Jama'ah pada saat selesai melaksanakan ibadah shalat magrib secara berjama'a

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak