Selasa, 13 Apr 2021 01:02
  • Home
  • Ragam
  • Medan Dapat Tambahan Kuota 40 Ribu Penerima Bantuan Sosial, Data Muktahir Diperlukan

Medan Dapat Tambahan Kuota 40 Ribu Penerima Bantuan Sosial, Data Muktahir Diperlukan

Belawan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 27 Mar 2021 07:57
Istimewa
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, Medan mendapat tambahan kuota 40 ribu keluarga tidak mampu penerima bantuan dari Kementerian Sosial untuk dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Oleh karena itu, Camat dan Lurah diminta segera memutakhirkan data untuk memenuhi tambahan kuota itu agar bantuan berupa Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai, dan Bantuan Sosial Tunai (pada masyarakat terdampak pandemi Covid-19) dapat disalurkan.

Guna mendorong percepatan pemuktahiran data tersebut, Wali Kota Medan pun meninjau ke kecamatan-kecamatan seraya bertatap muka dengan warga kurang mampu.

Jumat (26/3) siang menjelang sore, peninjauan dilakukan di Kecamatan Medan Belawan. Pada pertemuan yang berlangsung di aula kantor kecamatan Medan Belawan itu, Wali Kota mengatakan, penambahan kuota keluarga tidak mampu untuk dimasukkan ke DTKS ini merupakan janjinya kepada warga saat kampanye dulu.


"Mudah-mudahan janji itu bisa terpenuhi. Mungkin kuota itu belum mencukupi, tapi secara bertahap akan kita penuhi, " ucap Wali Kota seraya mengatakan, Pemko Medan akan berupaya kuat terus membantu warga yang kurang mampu agar dapat bertahan selama pandemi ini.

Dalam pertemuan yang dihadiri Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis, Kadis Kesehatan, Edwin Effendi, Camat Medan Belawan, Ahmad, S.P., dan tokoh masyarakat Medan Belawan, H. Irfan Hamidy, serta puluhan warga kurang mampu itu, Wali Kota kembali mengingatkan Camat dan Lurah agar serius dalam melakukan pendataan hingga menghasilkan data yang valid.

Wali Kota menegaskan, selain memenuhi tambahan kuota 40 ribu KK itu, Camat dan Lurah juga harus melakukan update data penerima bantuan. Jangan ragu-ragu mencoret warga yang memang tidak layak mendapat bantuan. Selain itu, warga yang dulunya menerima bantuan dan kini telah hidup dengan layak harus juga dicoret dan digantikan dengan warga yang benar-benar tidak mampu.

"Jangan hanya meminta penambahan saja. Data yang ada sekarang harus diupdate, hingga warga masuk ke data benar-benar pantas menerima bantuan sosial," ucap Wali Kota.


Wali Kota juga mengingatkan warga agar menggunakan bantuan itu untuk berbelanja di lingkungan masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar perekonomian di lingkungan tersebut berjalan.

"Beli sembako, bahan pangan, gula di warung dekat rumah agar perekonomian bergerak, agar para tetangga yang berjualan dan tidak termasuk penerima bantuan itu dapat juga merasakan manfaat bantuan sosial ini," ucap Wali Kota.

Usai berbicara di hadapan warga, Wali Kota mendampingi seorang warga lansia kurang mampu, Boru Sihombing, agar didata sebagai penerima bantuan. Wali Kota meminta petugas pendataan memberikan penjelasan dengan baik dan sederhana kepada nenek tersebut, termasuk soal besaran dan waktu pencairan bantuan.

Di hadapan Wali Kota, petugas pendataan menjelaskan kepada warga itu, bahwa dia akan dimasukkan sebagai penerima bantuan PKH Lansia. Bantuan itu akan disalurkan melalui rekening BRI setiap tiga bulan sekali. Petugas pendataan itu juga mengatakan, akan ada petugas pendamping bagi kelompok warga penerima bantuan.
Sebelumnya, dalam pertemuan itu, Camat Medan Belawan, Ahmad, S.P. mengungkapkan kegembiraan atas kehadiran Wali Kota yang membawa kabar baik bagi keluarga tidak mampu di kecamatan. Dalam kesempatan itu, dia pun melaporkan, saat ini jumlah penerima PKH di Medan Belawan 7.038 KK yang berasal dari Kelurahan Belawan 1, Belawan 2, Bahagia, Bahari, Sicanang, dan Bagan Deli.

Dia mengakui, masih banyak lagi keluarga tidak mampu yang belum masuk ke data penerima bantuan sosial.
Editor: Budi

T#g:belawanDTKS
Berita Terkait
  • Rabu, 07 Apr 2021 14:07

    Panglima TNI: Latsitarda Nusantara Merupakan Momentum Bangun Sinergi TNI-Polri Dengan Komponen Bangsa

    Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara merupakan sebuah momentum untuk membangun sinergi TNI, Polri dan masyarakat. Latsitarda Nusantara menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan,

  • Senin, 05 Apr 2021 21:25

    1.200 Taruna Akpol dan Akmil Tiba di Belawan Ikuti Latsitarda Nusantara

    Sebanyak 1.200 Taruna Akpol dan Akmil setelah berlayar selama empat hari dengan KRI Makassar dari Pelabuhan Semarang akhirnya tiba di Pelabuhan Belawan, Senin (5/4/2021).

  • Kamis, 18 Mar 2021 19:48

    Perkuat Soliditas, Kapolda Sumut Kunjungan ke Lantamal I Belawan

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi melaksanakan kunjungan ke Lantamal I Belawan yang berada di Jalan Serma Hanafiah Belawan, Kamis (18/03/2021).

  • Jumat, 12 Mar 2021 23:02

    Wali Kota Medan Minta Camat, Lurah dan Kepling Lebih Peduli dengan Kondisi Warganya

    Usai menyerahkan laptop dan modem untuk Pelajar SMP, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengunjungi rumah salah seorang warga yang berada di dalam gang kecil di Jalan Pusara, Sicanang,

  • Selasa, 09 Mar 2021 06:49

    Bobby Nasution Tinjau Vaksinasi Khusus Lansia di Medan Tuntungan dan Belawan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM terus melakukan peninjauan guna memastikan kelancaran dan kesuksesan program vaksinasi di ibu kota Sumatra Utara ini, Senin (8/3), Wali Kota meninjau

  • Senin, 01 Mar 2021 15:01

    Oknum Polisi Polres Belawan Tersangka Pembunuhan Diancam 15 Tahun Penjara

    Polisi akan profesional dalam menangani kasus pembunuhan terhadap wanita muda Rizka Fitria dan Aprilia Cinta dengan tersangka oknum anggota polisi Polres Belawan berpangkat Aipda."Kita tegas dan profe

  • Kamis, 25 Feb 2021 21:05

    Pembunuh 2 wanita muda yang mayatnya dibuang di Sergai dan Medan, ternyata oknum Polisi

    Pelaku pembunuhan 2 orang wanita yang jasad korbannya dibuang secara terpisah, akhirnya berhasil ditangkap Polda Sumut.

  • Rabu, 06 Jan 2021 15:15

    Kasat Reskrim Pelabuhan Belawan: Tersangka Pembunuh Pensiunan TNI Berhasil Ditangkap Kurang Dari 24 Jam

    Kurang dari 24 jam, Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil menangkap tersangka pembunuhan pensiun TNI Parlidungan Napitupulu (62) warga Jalan Jaring Udang I Lingkungan 28 Kelurahan Pekan Labuhan

  • Jumat, 01 Jan 2021 07:31

    Maraknya Kapal GT 30 di Belawan, Tim Investigasi DPN LKLH Minta Ditpolair Poldasu Menangkap

    Sejumlah pukat trawl masih marak beroperasi di perairan Belawan, Sumatera Utara. Ironisnya Kapal-kapal tersebut menangkap ikan di zona tangkapan nelayan skala kecil, Sabtu (31/12/2020).Dalam keteranga

  • Jumat, 27 Nov 2020 19:27

    Apresiasi Baksos Yonmarhanlan I Belawan, Gubsu harapkan hal serupa diadakan di lain tempat

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan bakti sosial (Baksos) Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan. Bakti sosial berupa pembagian kaki palsu bagi penyandang disab

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak