Sabtu, 26 Sep 2020 01:27
  • Home
  • Ragam
  • Kapolda Sumut: Unsur Tiga Pilar Ujung Tombak Penanganan Covid-19

Kapolda Sumut: Unsur Tiga Pilar Ujung Tombak Penanganan Covid-19

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 15 Sep 2020 18:15
Istimewa
Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengatakan peran dari unsur 3 pilar yaitu Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sangatlah besar dan menjadi ujung tombak penanganan Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut dalam Rakor Bhabinkamtibmas dengan tema "Peran Kamtibmas Dalam Penerapan Protokol Kesehatan, Ketahanan Pangan dan Menghadapi Pemilukada Tahun 2020" yang digelar di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (15/09/2020)

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengatakan, saat ini kasus positif Covid-19 sudah mencapai  8.526 orang. Covid-19 tidak mengenal pangkat, jabatan dan status siapa saja dapat terpapar virus tersebut. Wilayah Sumut menduduki peringkat ke-7 Nasional terkonfirmasi Covid-19.

Unsur 3 pilar harus berperan aktif dalam mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Beri sanksi sosial berupa tindakan fisik bagi masyarakat yang melanggar namun tetap secara sopan dan humanis.



Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan dihari pertama pelaksanaan Operasi Yustisi Tahun 2020, sudah ada sekitar 1.300 teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi anjuran protokol kesehatan dimana mayoritas adalah para pelaku usaha.

"Minggu ini masih kita berikan teguran dan penahanan KTP selama 3 hari bagi para pelanggar. Namun, minggu depan akan kita beri sanksi denda berupa 100 ribu untuk perorangan dan 300 ribu bagi para pelaku usaha", ungkapnya.

Jika para pelaku usaha masih tidak patuh maka tempat usaha akan ditutup sementara.

Hal ini dimaksudkan untuk menimbulkan kesadaran diri masyarakat akan pentingnya mematuhi anjuran protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19

Kapolda Sumut juga meminta agar Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk tegas dan tidak ragu memberikan sanksi jika masih ada masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Dampak dari pandemi Covid-19 juga menganggu perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, Irjen Pol Martuani Sormin meminta Kepala Desa dan Lurah bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa menciptakan satgas diseluruh kampung agar menjadi Kampung Tangguh untuk terlibat secara aktif dalam penanganan Covid-19 dengan melibatkan komunitas maupun organisasi didaerah masing- masing.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi juga mengingatkan agar seluruh personil TNI-Polri dan ASN bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada yang akan datang. Tugas sebagai aparatur negara hanya menjamin penyelenggaraan Pilkada berjalan aman dan kondusif. 

"Siapapun yang terpilih nantinya dia adalah putra-putri terbaik daerah. Mari kita jaga netralitas sebagai aparatur negara dan bekerja sama agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan aman, lancar dan tertib", pungkas Kapolda Sumut.
Editor: Budi

T#g:Tiga Pilar
Berita Terkait
  • Kamis, 06 Agu 2020 04:06

    Tiga Pilar Kabupaten Jember Panen Raya, Tingkatkan Produksi Pertanian Untuk Kesejahteraan Petani Dan Ketahanan Pangan

    Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasionaldiantaranya dengan dilakukan program kemitraan antara produsen pupuk, obat- obatan dan lain-lain, di samping sebagai bagian dari upaya promosi produk,

  • Kamis, 11 Jun 2020 12:51

    Sosialisasi Pemahaman Kampung Tangguh Covid 19 Di Kodim 0824/Jember

    Tiga Pilar dari Perwakilan Desa dan Kelurahan se- Kabupaten Jember kumpul dan menerima sosialisasi Kampung Tangguh Bencana Covid 19 dari akademisi Universitas Brawijaya Malang, di Aula Kodim 0824/Jemb

  • Jumat, 27 Mar 2020 10:27

    Tiga Pilar Kab Jember Kompak Perangi Covid-19

    Dalam rangka menangkal masuknya virus Corona (Covid 19) di Kab Jember, Tiga Pilar Tingkat Kabupaten hingga Desa kompak melakukan upaya perangi wabah tersebut.

  • Jumat, 01 Mar 2019 21:01

    Unsur Tiga Pilar Desa Mulyorejo Kerjabakti Lebarkan Jalan

    Tiga Pilar Desa terdiri dari Kepala Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas, merupakan komponen yang sangat strategis dalam kehidu

  • Selasa, 02 Okt 2018 20:42

    Tiga Pilar Adakan Festival Muharram 1440 H di Sidomekar, Jember

    Kepala Desa Ir Sugeng Priyadi, Babinsa Serma Komaryono dan Bhabinkamtibmas Aipda Abdul Aziz, menggelar Festival Muharram 1440 H, di Halaman Balai Desa Sidomekar Kec Semboro Kabupaten Jember sejak 26 S

  • Jumat, 07 Apr 2017 21:15

    Rakor Tiga Pilar Plus Bahas Ancaman Narkoba di Humbahas

    Kapolres Humbahas AKBP Nicolas A Lilipaly,‎ Wakil Bupati ‎Humbahas Saut P Simamora, SE., Pabung Wilayah Kab. Humbahas Kodim 0210/TU Mayor Inf Junaedi mengikuti Rakor Tiga Pilar Plus (Bhabi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak