Rabu, 13 Nov 2019 09:06
  • Home
  • Ragam
  • Diresmikan Doni Monardo, Pembangunan 892 Rumah Huntap Relokasi Tahap III Dimulai

Diresmikan Doni Monardo, Pembangunan 892 Rumah Huntap Relokasi Tahap III Dimulai

Karo (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 18 Okt 2019 21:18
Istimewa
Pembangunan 892 unit rumah hunian tetap (Huntap) Relokasi Tahap III, untuk korban terdampak erupsi Gunung Sinabung, di Siosar, Tiga Panah, Kabupaten Karo, ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia Doni Monardo bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Jumat (18/10).

Rencananya, Huntap Tahap III ini akan dihuni oleh warga korban terdampak erupsi Gubung Sinabung yang direlokasi dari 3 desa dan 1 dusun, yakni Desa Sigarang-Garang, Desa Sukanalu, Desa Mardingding dan Dusun Lau Kawar.

Ditargetkan pembangunan 892 unit rumah ini akan rampung pada Desember 2019, sedangkan sejumlah infrastruktur pendukungnya ditargetkan pembangunannya selesai pada tahun 2020.

Gubernur Edy Rahmayadi berpesan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dan tidak menjarah hutan. Keberlangsungan ekosistem di Siosar harus tetap dijaga dan dilestarikan. Jika dijarah, maka hutan akan rusak dan pada akhirnya akan mengakibatkan bencana yang merugikan masyarakat sekitar.


"Saya pesan kepada masyarakat, agar tidak merusak lingkungan, lingkungan ini kita jaga sama-sama. Jika tidak dijaga, maka bencana yang nantinya datang akan sulit kita tangani," kata Edy Rahmayadi.

Disampaikan juga, Siosar merupakan tempat yang indah. Jika dikelola dengan baik akan dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Hal tersebut akan menambah pendapatan bagi masyarakat di kawasan Siosar, selain pertanian. "Untuk itu, mari sama-sama kita jaga dan lestarikan, sehingga jadi tempat yang indah," kata Gubsu.

Selain peletakan batu pertama, Gubernur Edy Rahmayadi bersama Kepala BNPB Doni Monardo juga melakukan penanaman kopi di kawasan tersebut, serta penyerahan alat pengupas kulit kopi kepada masyarakat di 12 Desa. Di antaranya Desa Mardingding, Desa Laukawar, Desa Kutagugung, Desa Pintu Besi, Desa Sigarang Garang, Desa Kuta Tengah, Desa Jeraya, Desa Sukamalu, Desa Simacem, Desa Suka Meriah, dan Desa Bekerah.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, pemerintah telah menggalokasikan dana sekitar Rp734,8 miliar untuk relokasi masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung. Untuk relokasi hunian tahap III pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp161,7 miliar.


Dikatakannya, kedatangannya di Siosar antara lain untuk memastikan pembangunan rumah Huntap untuk korban erupsi Gunung Sinabung ini berjalan dengan baik. "Saya kemari memastikan apakah pembangunannya sudah berjalan dengan baik dan apa yang perlu mendapat perhatian lagi dari  pemerintah pusat," kata Doni.

Doni juga menyampaikan, bencana tidak dapat diprediksi. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan risiko bencana dalam hal ini, mitigasi, pencegahan, dan kesiapsiagaan. Untuk bencana gunung api, yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah melakukan vegetasi atau menjaga kelestarian alam di sekitar kawasan gunung. "Antara lain dengan melakukan vegetasi yang bisa memberikan perlindungan suatu saat jika ada awan panas," ungkap Doni.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi kunjungan kerja Kepala BNPB Doni Monardo bersama Gubernur Edy Rahmayadi.

Terkelin berharap agar kunjungan serupa akan terus berlanjut ke depan. "Ini merupakan kunjungan pertama Pak Doni Monardo sebagai Kepala BNPB ke daerah kami, selamat datang Pak, kami sangat mengapresiasi dan berharap kerja sama ini terus belanjut ke depan. Terutama dalam hal penanganan bencana di daerah ini," ujar Bupati.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Doddy Usodo HGS, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kepala Dinsos Sumut Rajali, Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Hendra Dermawan Siregar, unsur Fokopimda setempat dan ratusan masyarakat.
 
Editor: Budi

T#g:Siosar
Berita Terkait
  • Selasa, 05 Sep 2017 19:15

    Pangdam I/BB : Derita Rakyat, Derita TNI

    Di sela-sela kunjungannya ke Mako Yonif 125/Si'mbisa, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri melaksanakan kunjungan ke pemukiman relokasi dampak bencana erupsi Gunung Sinabung sekaligus memberikan

  • Kamis, 28 Apr 2016 06:31

    Panglima TNI : Hujan ini adalah Anugerah Yang Maha Kuasa

    Kedatangan Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo untuk meresmikan gedung gereja Oikumene Bahtera Kasih dan Masjid Al Hikmah di relokasi pengungsian erupsi Sinabung Desa Siosar, Kecamatan Merek Kabu

  • Rabu, 27 Apr 2016 11:40

    Warga Siosar Antusias Sambut Kedatangan Panglima TNI

    Ratusan warga Siosar terlihat antusias menyambut kedatangan Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo untuk meresmikan Gereja Oikumene Bahtera Kasih dan Masjid Al-Hikmah di desa mereka, Rabu (27/4/2016

  • Rabu, 03 Feb 2016 07:36

    Truk angkut anak SD pengungsi Siosar masuk jurang, 1 tewas

    KARO, (utamanews.com) – Empat belas siswa/i sekolah dasar (SD), yang merupakan anak-anak pengungsi erupsi Sinabung yang tinggal di tempat relokasi, Siosar mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga m

  • Kamis, 24 Sep 2015 20:40

    Presiden tunda Kunker ke Sumut karena kebakaran Kalteng

    Presiden Joko Widodo menunda kunjungan kerja ke Sumatera Utara karena mesti meninjau kebakaran lahan yang menyebabkan bencana kabut asap di Kalimantan Tengah.Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dala

  • Rabu, 02 Sep 2015 17:51

    Ini kondisi rumah pengungsi erupsi Sinabung di Siosar sekarang

    Teguh Sitepu, saat menjelaskan perkembangan proses pembangunan rumah bagi pengungsi erupsi gunung Sinabung di Siosar kepada rekan-rekan media, Rabu, (2/9). Latar belakang, pembangunan gereja di areal

  • Senin, 02 Feb 2015 07:54

    Pangdam I/BB tinjau situasi terakhir pembangunan relokasi pengungsi Sinabung

    Untuk melihat langsung perkembangan terakhir pembangunan para pengungsi Korban Erupsi Sinabung, di desa Siosar Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sesuai perintah lisan Presiden Republik Indonesia pada ta

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak