Jumat, 22 Feb 2019 10:04
  • Home
  • Ragam
  • AM IMF-WB Bali 2018 Sukses, Menko Luhut: Indonesia Naikkan Standar Baru Dunia

AM IMF-WB Bali 2018 Sukses, Menko Luhut: Indonesia Naikkan Standar Baru Dunia

Bali (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Minggu, 14 Okt 2018 09:14
Biro Informasi dan Hukum, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.
Bali Art, Sabtu (13/10/2018).
Sebagai tuan rumah, Indonesia dinilai sukses menyelenggarakan Annual Meeting IMF-WB 2018. Kesuksesan Indonesia ini meningkatkan ekpektasi internasional terhadap kemampuan negara tuan rumah dalam menyelenggarakan event sejenis. "Standar penyelenggaraan pertemuan seperti IMF-WB itu pasti harus ditingkatkan karena apa yang sudah diberikan Indonesia di sini ini betul-betul berkelas," ujar Menko Luhut dalam keterangannya kepada media di Bali Art, Sabtu (13/10/2018).

"Untuk 2 tahun yang akan datang Maroko akan menjadi tuan rumah dan mereka mendapatkan 'pressure' karena standar Indonesia menjadi sangat-sangat tinggi untuk menjadi tuan rumah. Mereka sangat khawatir. Bahkan Saudi yang akan menjadi 'host' untuk G20, mereka melakukan observasi dan merasa kagum," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani di lokasi yang sama, setelah mendengar ungkapan dari para pejabat negara tersebut.

Menjelang penutupan 'event' ini pada hari Minggu (14/10), pujian dari berbagai pihak terus mengalir. Tidak ada satu peserta pun yang tidak memuji keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Well done', semua bagus sekali, di luar ekspektasi kami! Kami tidak membayangkan begitu rapinya semua, tidak ada terlambat, acara semua tepat waktu. Selamat!" ungkap Luhut menceritakan kembali pujian dari Managing Director IMF Christine Lagarde saat duduk bersebelahan di acara Host Country Reception kemarin malam.


Pujian serupa juga datang dari pihak investor yang juga menjadi peserta AM IMF-WB.

"Sampai tadi saya masih ketemu 'chairman'-nya Standard Charterded Bank dan City Bank. Mereka memberikan apresiasi luar biasa. Dan mereka bilang belum pernah kami mengikuti suatu konferensi sebesar ini yang beribu-ribu kali lebih bagus daripada yang pernah kami ikuti. Indonesia sekarang sudah masuk di kelas dunia," lanjutnya menceritakan salah satu apresiasi yang diterimanya hari ini.

"Karena mereka mengalami seperti pertemuan di Lima itu bagaimana 'semrawutnya', jauh sama sekali tidak bisa dibandingkan," beber Menko Luhut mengenai Indonesia yang dinilai lebih baik dalam hal memberikan jaminan keamanan, ketepatan waktu setiap sesi acara, serta ketertiban dan kenyamanan lalu lintas.

Kesuksesan ini berdampak lebih jauh terhadap kepercayaan internasional untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sesuatu yang sangat dibutuhkan negara di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global sampai beberapa tahun ke depan.

"Ya kami akan kerja. Kalau melihat kerja kalian seperti ini," ujar Menko Luhut menceritakan ungkapan kepercayaan yang diberikan kedua bank kelas dunia tersebut untuk berinvestasi di Indonesia.



Manfaat Pertemuan

Pertemuan AM IMF-WB 2018 di Bali diklaim menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang begitu besar. "Kami catat di sini tepatnya 36.619 orang yang hadir," 'update' Menko Luhut mengenai angka faktual peserta yang hampir 2 kali lipat di atas asumsi pemerintah sebelumnya yakni 19.000 orang.

"Pastilah dampaknya lebih dari 6,54%", prediksi Menko Luhut mengenai angka pertumbuhan ekonomi Bali yang akan berada di atas nasional.

Salah satu penyumbang ekonomi datang dari sektor pariwisata. Sebagian peserta disinyalir melanjutkan kunjungannya di Bali untuk melancong. "Turis asing hampir 3.000 orang yang pergi ke berbagai tempat, ada yang ke Bali, Lombok, Mandalika, Gili Trawangan, ada juga yang pergi ke Labuan Bajo, Komodo, malah ke kampung saya juga ada ke Toba sana," terang Menko Luhut.

"Saya monitor sekarang ini sebagian delegasi ini ada di Bangli di desa kuno di Penglipuran, ada ke Ubud, ada ke Kintamani, ada ke Tanah Lot. Jadi ke mana-mana. Jadi selain menikmati suasana pertemuan juga menikmati destinasi wisata. Ini buat kami adalah promosi gratis buat Bali," tambah Gubernur Bali I Wayan Koster yang juga menjelaskan bahwa Bali juga menikmati promosi gratis kepada para peserta yang berasal dari 189 negara.

"Kami betul-betul berterimakasih kepada Bapak Menko Maritim, pemerintah pusat yang telah memberikan kepercayaan sebagai tempat jalannya acara ini," tutup Gubernur Bali. 

Editor: Dito

T#g:BaliIMF-WBIMF WBLuhut PanjaitanWisata
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Jan 2019 12:50

    Wings Air Terbang Perdana Jogja Menuju Majalengka

    Sudah ke Jogjakarta? Dikenal sebagai pendidikan, budaya dan pusat seni, Yogyakarta yang mudah diucapkan 'Jogja' merupakan destinasi istimewa. Berbagai objek wisata mudah dijumpai di kota ini

  • Rabu, 09 Jan 2019 22:09

    Lion Air Ajak Turis Milenial Jelajahi Majalengka Langsung dari Balikpapan

    Wisatawan yang akan mempersiapkan liburan di kawasan domestik, Balikpapan menawarkan pilihan objek tersendiri dan memukau. Bermaskot satwa langka yaitu beruang madu, salah satu kota di Kalimantan Timu

  • Sabtu, 22 Des 2018 20:22

    Thai Lion Air Resmikan Penerbangan Langsung Bangkok ke Bali

    Liburan ke luar negeri, Thailand masih menjadi primadona bagi wisatawan Indonesia, karena tetap menyimpan berbagai jenis tourism.

  • Rabu, 19 Des 2018 00:19

    Batik Air Luncurkan Rute Penerbangan Baru Jakarta ke Banyuwangi

    Untuk Pengalaman Menarik yang Semakin Tak Terlupakan

  • Minggu, 16 Des 2018 20:16

    Wings Air Membuka Rute Menakjubkan "Tarakan ke Nunukan"

    Destinasi Baru Bagi Turis Milenial dengan Spot Terbaik di Kaltara

  • Sabtu, 15 Des 2018 16:55

    Bupati Humbahas Resmikan Anjungan Danau Toba di Wisata Sipinsur

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE disaksikan Manager CSR Airnav Indonesia Hermawansyah meresmikan anjungan danau Toba yang berada di objek wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupat

  • Minggu, 09 Des 2018 11:09

    Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

    Kalangan turis milenial sekarang bisa menjelajahi destinasi instagramable di gugusan Kepulauan Sunda, salah satunya ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mendekati perayaan Natal, Maumere yang t

  • Kamis, 06 Des 2018 05:05

    Batik Air Terbang Langsung dari Jakarta Menuju Samarinda

    Batik Air Ajak Travelers Merasakan Sensasi dan Inspirasi Destinasi Baru

  • Selasa, 20 Nov 2018 10:50

    DPW Bakomubin Beri Pelatihan Dakwah Digital pada Muballigh se-Sumut

    Dewan Pimpinan Wilayah Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (DPW- Bakomubin) Sumut gelar pelatihan Dakwah Digital yang diselenggarakan di Hotel Saka Medan. Pelatihan tersebut, menurut  H Ardiansya

  • Minggu, 11 Nov 2018 14:01

    Tahun 2018 PTPN III Berangkatkan Enam Karyawan Ziarah Rohani Ke Jerusalem

    PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) kembali memberangkatkan enam karyawan yang beragama Kristiani untuk menunaikan ibadah wisata rohani ke Jerusalem.Program tahunan ini sebagai bentuk apresiasi kep

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak