Jumat, 19 Jul 2019 09:38
  • Home
  • Politik
  • Wali Kota Medan Terima Kunjungan Konjen RRT

Wali Kota Medan Terima Kunjungan Konjen RRT

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 11 Jul 2019 20:31
Istimewa
Dzulmi Eldin bersama Konsul RRT
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Kota Medan, Mrs Qiu Weiwei di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/7).

Selain memperkenalkan diri, Qiu Weiwei juga ingin menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat lagi dengan ibukota Provinsi Sumatera Utara. Apalagi sebelumnya, Kota Medan telah menjalin hubungan sister city dengan Kota Chengdu, salah satu kota di  RRT.

Kedatangan Qiu Weiwei didampingi Mrs Wang Jun selaku Wakil Konjen dan Mrs  Guo Jingfei. Dikatakan Qiu Weiwei, dirinya baru pertama kali ini menginjak kaki di Kota Medan. Meski demikian dia mengaku sudah mengenal tentang Kota Medan, terutama terkait kulinernya yang terkenal sangat lezat dan keanekaragaman budayanya yang sangat menarik. Di samping itu Kota Medan juga memiliki sejumlah bangunan bersejarah yang bernilai seni tinggi dan arsitektur mengagumkan.

"Semoga setelah bekerja nanti, saya akan mengetahui lebih jauh tentang Kota Medan. Apalagi saya melihat pembangunan yang dilakukan cukup pesat. Tentunya semua ini tidak terlepas berkat kerja keras Bapak Dzulmi Eldin sebagai Wali Kota Medan. Kita siap untuk menjalin kerjasama dengan Kota Medan," kata Qiu Weiwei.


Kepada Wali Kota, Qiu Weiwei selanjutnya mengungkapkan, hubungan antara Indonesia dengan RRT sudah terbangun sejak dulu dan berjalan cukup baik. Apalagi ungkapnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden RRT Xi Jinpeng pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang beberapa waktu lalu.

Dikatakan Qiu Weiwei, ada sejumlah kesepakatan yang tercapai dalam pertemuan tersebut. "Semoga kesepakatan yang telah dicapai itu semakin mempererat hubungan Indonesia dengan RRT ke depannya," ungkapnya.

Di samping itu, tambah Qiu Weiwei, hubungan dengan Kota Medan juga harus lebih baik lagi ke depannya. Apalagi sejak tahun 2002, sudah terjalin hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Chengdu. Di samping itu imbuhnya lagi, saat ini banyak juga perusahaan Tiongkok berusaha di Kota Medan, termasuk yang tengah mengerjakan pembangunan jalan tol.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan penuh keakraban tersebut, Qiu Weiwei juga menyampaikan ucapan terima kasihnya. Sebab, warga turunan Tiongkok mendapat pelayanan yang sangat baik dan tidak ada diskriminasi sedikit pun sehingga hidup dengan tenang dan nyaman bersama warga lainnya di Kota Medan.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada atas pelayanan yang telah diberikan tersebut. Untuk itulah saya mengajak seluruh warga turunan Tiongkok di Kota Medan agar berkontribusi mendukung pembangunan yang tengah dijalankan Wali kota Medan beserta seluruh jajarannya," imbaunya.


Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di dampingi Kabag Hubungan Kerja Sama (Hakda) Setda Kota Medan M Rivai Nasution serta Kabid menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan tersebut. Di samping itu Wali Kota juga menyampaikan ucapan selamat bertugas di Kota Medan sebagai Konjen RRT yang baru.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan,  hubungan Kota Medan dengan RRT pun sudah baik. Selain melalui sister city, banyak warga turunan Tiongkok yang bermukim dan berbaur dengan baik bersama warga lainnya di Kota Medan. "Bahkan, kini Tiongkok menjadi salah satu suku (etnis) yang ada di Kota Medan," ungkap Wali Kota.

Di samping itu, terang Wali Kota, ada dua warga dari Tiongkok yang memberikan kontribusi cukup besar dalam sejarah pembangunan di Kota Medan yakni Tjong A Fie dan Tjong Yong Hian. Kemudian RRT juga memberikan kontribusi dalam keberagaman kuliner di ibukota Provinsi Sumatera Utara, diantaranya mie tiaw, bi hun serta tomyam.

Wali Kota pun berharap dengan bertugasnya Qiu Weiwei sebagai Konjen RRT yang baru di Kota Medan, hubungan antara Kota Medan dengan RRT semakin lebih baik lagi sehingga memberikan manfaat, terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertemuan ditutup dengan pertukaran cindera mata.
Editor: Budi

T#g:KonsulRRTTiongkok
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 08 Mar 2019 06:38

    Konsultan Ciptakarya Pemkab Jember Kunjungi Bedah Rumah TMMD

    Program Bedah Rumah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 di Desa Gunung Malang Kec Sumberjambe Kabupaten Jember merupakan  sinergitas Kodim 0824 dengan Pemerintah Kabupaten Jember, sehingga

  • Jumat, 08 Feb 2019 09:48

    JK : Jokowi Tak Pernah Pakai Jasa Konsultan Politik Asing

    Menjelang debat Capres kedua pada 17 Februari mendatang, tensi isu politik kembali memanas. Kali ini berkembang isu bahwa Capres petahana, Joko Widodo (Jokowi), dituding menggunakan konsultan politik

  • Rabu, 17 Okt 2018 19:17

    Silaturrahmi Konsulat Jenderal Republik Tiongkok dengan Pimpinan DPRD Sumut

    Konsulat Jenderal Republik Tiongkok Mr. Sun Ang menerima kehadiran Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos  dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, di Rumah Dinas Konsulat Jenderal Ti

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:13

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes RRT

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaks

  • Senin, 24 Jul 2017 23:24

    Terima Konjen Tiongkok, Sun Ang, Gubernur Berharap Hubungan Lebih Baik

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan yang baru, Sun Ang di ruang kerja gubernur di Medan, Senin (24/07/2017).

  • Kamis, 13 Jul 2017 03:03

    Kepolisian Tiongkok Perkuat Kerjasama dengan Polri

    Delegasi Kepolisian Republik Rakyat Tiongkok dipimpin oleh Deputy DG of International Cooperation Departement (ICD) of MPS Mrs Li Li (Irjen Pol), didampigi Director of Asean Division of ICD of MPS Mr

  • Jumat, 09 Jun 2017 10:19

    Gubernur berharap kerjasama Sumut dengan Jepang ditingkatkan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima Konsul Jenderal Jepang yang baru Mr Takeshi Ishii di Kantor Gubsu, Kamis (8/6/2017). Gubernur menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Takeshi dan berharap kerjasama Sumut-Jepang lebih ditingkatkan.

  • Jumat, 12 Mei 2017 16:22

    Gubsu Dukung Investor China Bangun RS Terbesar di Medan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyambut baik rencana pembangunan rumah sakit di Kota Medan oleh investor asal China (Tiongkok) dengan kapasitas hingga 2.000 tempat tidur.

  • Kamis, 13 Apr 2017 17:47

    Donald Trump Bilang Ternyata China Bukan Manipulator Mata Uang

    Kelihatannya pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Xi Jinping berbuah kebaikan. Hal ini bisa dilihat ketika Trump mengatakan Amerika tidak akan lagi melabeli China sebagai manipulator

  • Kamis, 06 Okt 2016 22:08

    Dibalik Manuver Diplomasi Indonesia

    Catatan: Andre Penas *)Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia menarik simpati negara-negara kecil di kawasan Pasific Selatan guna meredam aksi gerakan separatis Papua Merdeka, nampaknya masih belum

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak