Senin, 19 Apr 2021 09:26
  • Home
  • Politik
  • Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 30 Okt 2019 17:50
Istimewa
Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menegaskan komitmennya untuk mengimplementasikan program Satu Data Indonesia yang dicanangkan Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina saat membuka kegiatan rapat koordinasi peningkatan peran dan fungsi institusi statistik dalam Satu Data Indonesia, tingkat Provinsi Sumut, di Cambridge Hotel, Jalan S Parman, Medan, Rabu (30/10).

"Program apapun pastilah harus terhubung dengan data. Apapun yang dikerjakan pasti kembalinya ke data, datanya harus akurat, jangan sepele sama data," kata Sabrina.

Menurut Sabrina, dengan Satu Data Indonesia, ke depan tidak akan ada lagi perbedaan data antara satu instansi dengan yang lain. Hal tersebut dapat memudahkan segala pekerjaan pemerintah termasuk dalam mengambil kebijakan.

"Saya pikir satu data akan lebih baik lagi, tidak lagi nanti kita mempertentangkan data ini itu, yang membuat kita kesusahan sendiri," kata Sabrina.


Dalam Satu Data Indonesia yang akan diimplementasikan, Dinas Kominfo Sumut berperan sebagai walidata. Walidata adalah unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data, serta menyebarluaskan Data.

Sedangkan OPD Pemprov Sumut dan daerah Kabupaten/Kota, serta instansi terkait lainnya berperan sebagai produsen data. Peran ini berfungsi untuk menghasilkan data. "OPD membuat datanya sendiri, nanti disatukan di walidata yaitu Kominfo, nanti Kominfo bersama BPS akan memverifikasi datanya, nanti data tersebut yang akan menjadi data yang bisa digunakan pengguna data," ujar Sabrina.

Mengenai data, Pemprov Sumut akan memasukan materi mengenai pentingnya data pada diklat ASN Pemprov Sumut. Hal ini dilakukan agar ASN sadar bahwa data sangatlah penting untuk mengambil suatu kebijakan.


Selain itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Pemprov Sumut yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Sumut Abdul Aziz dengan Kepala Badan Pusat Statistik Sumut Syech Suhaimi agar mengimplementasikan prinsip Satu Data Indonesia dalam setiap penyelenggaraan kegiatan statistik untuk mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi memaparkan beberapa fungsi dan tujuan Satu Data Indonesia. Di antaranya, memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data.

Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pusat dan daerah. Mendorong keterbukaan dan transparansi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data, serta mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan.

Suhaimi mengatakan ada 3 tahapan jangka pendek, menengah, dan panjang dalam mewujudkan sistem statistik nasional yang andal, efektif, dan efisien melalui Satu Data Indonesia. Nantinya, pada tahap akhir di tahun 2021, ditargetkan Portal Satu Data Indonesia yang data dari berbagai produsen data akan terwujud.

"Tinggal peran kita sebagai ASN kelembagaan baik pusat dan daerah yang sangat menentukan keberlangsungan Satu Data Indonesia yang sudah dicanangkan pemerintah kita," kata Suhaimi.

Turut hadir Direktur Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Efliza, kepala Dinas Kominfo se-Sumut, Kepala BPS se-Sumut, serta undangan lainnya.
Editor: Budi

T#g:BPSDatasekdaprovsu
Berita Terkait
  • Rabu, 31 Mar 2021 00:31

    Tingkatkan Akurasi Data, Dinas PPPA Sumut Gelar Pelatihan Sistem Informasi Online

    Akurasi data sangat penting dalam penanganan dan pencegahan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ketidakakuratan data dapat menyulitkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan terkait tinda

  • Rabu, 27 Jan 2021 16:27

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lantik Muh Aris Marfai Jadi Kepala BIG, Ini 4 Pesan Khusus Untuknya

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menekankan pentingnya peran Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam mendukung program pemerintah. Hal itu disampaikan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah ke

  • Kamis, 24 Des 2020 06:24

    Menuju Indonesia Bebas Buta Aksara

    Kemajuan suatu bangsa, tak jauh ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kemampuan keaksaraan (membaca dan menulis) merupakan sal

  • Jumat, 18 Des 2020 15:38

    Menanti Lapangan Kerja Baru Pasca Covid

    Krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif terhadap ketenagakerjaan di Indonesia. Penutupan usaha baik sementara maupun permanen, serta pengurangan pegawai un

  • Jumat, 04 Des 2020 23:04

    BPSDM Sumut Sudah Bisa Selenggarakan Diklat Penanggulangan Bencana

    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima Surat Keputusan (SK) Akreditasi Pendidikan Kilat Teknis Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulanga

  • Kamis, 17 Sep 2020 16:17

    Walikota Perintahkan Camat, Lurah dan Kepling Sukseskan Sensus Penduduk di Tebing Tinggi

    Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM memerintahkan Camat, Lurah dan Kepling agar turut serta mensukseskan Sensus Penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Tebingtinggi.Hal ini disampaik

  • Senin, 17 Agu 2020 12:07

    Pemkab Sergai Terima Penghargaan dari BPS RI

    Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), di Sei Rampah,  Pemkab Sergai menerima penghargaan dar

  • Rabu, 17 Jun 2020 15:57

    Walikota Tebing Tinggi Dukung BPS Survey Podes (Potensi Desa)

    Walikota Tebing Tinggi, Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM Menerima audensi dengan Kepala BPS Kota Tebing Tinggi di Balai Kota, Selasa (16/6). Pertemuan ini membahas persiapan pelaksanaan program kerja

  • Selasa, 02 Jun 2020 13:02

    Penumpang pesawat di Kualanamu-Medan anjlok 78,70 persen

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara domestik pada April 2020 sebanyak 838,1 ribu orang atau turun 81,70 persen dibanding Maret 2020.

  • Jumat, 21 Feb 2020 15:11

    BPS Labura Ajak Wartawan Kampanyekan Sensus Penduduk 2020

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Diskominfo Labura terus berupaya mendorong kemajuan pembangunan menopang program pemerintah pusat maupun Daerah untuk mewujudkan hal dimaksud. P

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak