Rabu, 28 Jul 2021 02:31
  • Home
  • Politik
  • DPRD Sumut Soroti Dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai

DPRD Sumut Soroti Dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 15 Jun 2021 20:55
Istimewa
Adanya dugaan ditemukannya 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai, yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, kini menjadi perbincangan banyak orang.

Berbagai dugaan pun akhirnya muncul dari banyak warga, mulai dari adanya kecurangan Panitia PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) MTs Negeri Binjai, oknum Kepala Sekolah yang bermain, hingga ketidaksiapan Kementerian Agama Kota Binjai yang semestinya mempunyai tanggung jawab dan peran yang sangat penting dalam koridor penerimaan Siswa baru.

Dugaan adanya 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai tersebut ternyata sudah didengar oleh DPRD Sumatera Utara.

Bahkan, Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah yang mempunyai peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektifitas produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintah Daerah ini, kini sedang menyorotinya.

Adalah, Hendro Susanto, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara, akhirnya angkat bicara terkait adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai.

Menurutnya, belum adanya akuntabilitas dan transparansi dalam proses PPDB, menjadi salah satu penyebab adanya dugaan yang dimaksud.

"Terkait dengan adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai, kami dari Fraksi PKS DPRD Provinsi Sumatera Utara, saat ini menyoroti hal tersebut. Kami menduga belum terjadi akuntabilitas dan transparansi dalam proses PPDB untuk menerima Siswa baru di Sekolah tersebut," ungkap Hendro Susanto, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (15/6).

Pria berkacamata ini juga menegaskan, jika dugaan tersebut ternyata benar, ia meminta hal tersebut segera diusut tuntas agar bisa diketahui siapa para Oknum yang bermain dibdalamnya.

"Ini harus diusut tuntas siapa oknumnya, hingga muncul 16 nama Siswa yang diduga memang benar merupakan Siswa Siluman. Karena ini sudah tidak sesuai dengan prinsip prinsip PPDB untuk memberikan semua pelajar mempunyai kesempatan yang sama secara adil agar bisa menikmati Pendidikan di Sekolah, baik itu SMP atau MTs Negeri," ujarnya.

Selain belum terjadi akuntabilitas dan transparansi dalam proses PPDB, Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga melihat ada kelalaian dari Oknum PPDB.

"Ini juga harus diusut tuntas. Untuk itu kita minta kepada Kemenag Kota Binjai, agar segera mengusutnya dan menyampaikan kepada publik Sumatera Utara, khususnya di Binjai dan Langkat, bahwa apa yang terjadi sekarang ini harus di buka secara terang benderang," tegas Hendro dengan nada kesal.

Sebagai Wakil Rakyat, Hendro juga menambahkan, dengan adanya 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai, tentunya para anak didik yang berpotensi masuk di Sekolah tersebut, tidak mempunyai peluang untuk mengenyam Pendidikan ditempat itu.

"Jangan sampai ada anak anak yang berpotensi untuk masuk, namun dikarenakan adanya dugaan 16 Siswa Siluman tersebut, akhirnya menghambat dan mencederai orang orang atau Siswa yang berkualitas untuk masuk Sekolah MTs Negeri Binjai," beber Hendro.

Untuk itu, sebagai Anggota DPRD Provsu Dapil XII (Binjai - Langkat) pria berpostur tinggi ini berharap, sekaligus mengajak dan menghimbau Panitia Seleksi PPDB, untuk tranparansi sehingga tidak mencoreng nama baik dunia Pendidikan.

Sebab, dengan adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai, Hendro juga menilai bahwa hal tersebut sudah tidak sesuai dengan Prinsip Undang Undang Sikdiknas (Sistem Pendidikan Nasional).

"Di awal saja kalau sudah begini, bagaimana proses Pendidikan kedepannya. Mari kita sama sama menjaga kualitas Pendidikan hingga proses input dan output-nya. Sebab, jika input-nya sudah bermasalah atau diduga dimainkan, maka itu tidak benar dan tentunya sangat sangat mencederai dalam dunia Pendidikan kita," urainya.

Diakui Hendro, sebagai anggota DPRD Provsu dari Fraksi PKS, sebelumnya dirinya juga sudah banyak mendapatkan laporan dari masyarakat tentang ketidakpuasan yang terjadi di MTs Negeri Binjai.

"Saya wajib menyuarakan dan menyampaikan pada Kanwil Kemenag Sumatera Utara. Jika ini bisa di tuntaskan, tentunya kami sangat berterima kasih. Namun jika hal ini tidak bisa dituntaskan, maka saya akan membuat laporan kepada Pimpinan Komisi VIII DPR RI, agar ini menjadi perhatian serius. Bahkan bila perlu di evaluasi. Jika memang ada indikasi pelanggaran, maka harus dicopot," kata Hendro diakhir pembicaraannya.

Terkait adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai, Ainul Aswad, berjanji akan segera mengambil tindakan tegas terkait PPDB MTs Negeri Binjai yang dilaksanakan pada bulan lalu.

Selain berjanji akan memanggil Panitia PPDB untuk dimintai penjelasannya, Ainul Aswad juga berjanji akan memberikan sanksi tegas jika terbukti Oknum Kepala Sekolah MTs Negeri Binjai, melakukan kecurangan.
Editor: Herda

T#g:KemenagMTS
Berita Terkait
  • Jumat, 18 Jun 2021 15:48

    Soal 16 Siswa Siluman, Ketua Komisi A DPRD Sumut Temui Kepala Sekolah MTs Negeri Binjai

    Guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat, serta adanya kabar santer dipemberitaan terkait adanya dugaan 16 Siswa Siluman di MTs Negeri Binjai yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung

  • Kamis, 29 Apr 2021 21:49

    Ruang Belajar Sekolah Madrasah Tsanawiyah Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta Rupiah

    Dua ruangan belajar sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Yayasan Pendidikan Sholihin yang beralamat di Gang Madrasah Dusun 2, Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, terbakar, pada Kamis (29/4/2021) sekira pukul 07.00 WIB.

  • Kamis, 25 Feb 2021 00:25

    Kasus Jual Beli Jabatan Kepala Kantor Kementerian Agama Mandailing Natal, IZ dan ZA Ditahan

    Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menahan dua orang tersangka dalam kasus dugaan jual beli jabatan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, yakni, IZ yang merupakan eks Kakanwil Kemenag Sumut

  • Selasa, 05 Jan 2021 19:55

    Walikota Tebingtinggi, Inspektur Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke-75 Kementerian Agama RI

    Walikota Tebingtinggi Ir H umarZunaidi Hasibuan MM, melaksanakan upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-75 yang berlokasi di Madrasah Negri (MAN) jl Baja Kecamatan Padang Hil

  • Jumat, 28 Agu 2020 16:38

    Demi Suksesnya MTQ Tingkat Provinsi, Kemenag Tebing Tinggi Gelar Doa dan Zikir Bersama

    Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan digelar di Kota Tebing Tinggi pada tanggal 5 hingga 11 September 2020 mendatang, Kantor Keme

  • Kamis, 09 Jul 2020 04:29

    Tanah Pengadilan Agama Sidikalang, Kapolres: Di Kwitansi Rp1,4 miliar, Ternyata Pemilik Cuma Terima Rp500 juta

    Dalam waktu dekat, Polres Dairi akan menyerahkan tersangka dan Barang Bukti (Tahap II) kasus tindak pidana korupsi pengadaan tanah untuk gedung Kantor Pengadilan Agama Sidikalang, yang bersumber dana

  • Selasa, 25 Feb 2020 02:15

    Sudah Bayar Sejak 6 Bulan Lalu, Baju Batik & Olahraga Madrasah Negeri Ini Tak Kunjung Ada

    Salah satu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) di Labuhanbatu Utara telah memungut biaya dari para wali murid kelas VII untuk pengadaan baju batik dan 1 (satu) stel pakaian olahraga, namun hingga saat i

  • Selasa, 18 Feb 2020 10:18

    Wabup H Darma Wijaya Hadiri Acara Alih Tugas Kakan Kemenag Sergai

    Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H.Darma Wijaya SE, menghadiri acara alih tugas Kakan Kemenag Sergai di Pantai Wong Rame, Pantai Cermin, Senin (17/02/2020).Hadir pada acara alih tugas tersebut Wa

  • Senin, 20 Jan 2020 16:20

    Dansatgas Yonif RK 136/TS Resmikan TPA Ar-Rahmat Tuah Sakti Batu Gajah di Haruku

    Komandan Satgas Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti (Dansatgas Yonif RK 136/TS) Letkol  Inf Hasbul Hasyiek Lubis di dampingi Sekretaris Negeri Pelauw Bapak M. Ali Latuconsina, S.E. me

  • Jumat, 03 Jan 2020 15:13

    68 Orang Pensiunan Kemenag Terima Bingkisan Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74

    Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama telah menyerahkan bingkisan kepada 68 orang para pensiunan ASN Kementerian Agama Ka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak