Rabu, 13 Nov 2019 09:30
  • Home
  • Kesehatan
  • Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu Bagi Warga Perbatasan RI-PNG

Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu Bagi Warga Perbatasan RI-PNG

Papua (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Minggu, 10 Nov 2019 19:10
Puspen TNI
Sebagai wujud kepedulian terhadap tumbuh kembang balita dan Ibu hamil, Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad bersama Puskesmas Sota menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan layanan kesehatan bagi warga perbatasan di Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., di Distrik Elikobel, Merauke, Sabtu (9/11/2019) menuturkan bahwa  pada hari Jumat 8 November 2019, Satgas Yonif 411 Kostrad Pos Yakyu bekerjasama dengan Puskesmas Sota dan Puskesmas Pembantu Rawa Biru melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru. "Kegiatan tersebut adalah untuk memastikan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan bagi Ibu hamil," ucapnya.

"Kegiatan Posyandu tersebut meliputi penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, Imunisasi, layanan KB, Antenatal Care bagi Ibu hamil, pencegahan Diare dilanjutkan penyuluhan kesehatan, yang kesemuanya adalah untuk memastikan tumbuh kembangnya balita serta Ibu hamil," ungkapnya.

Tidak hanya menggelar Posyandu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengobatan bagi warga yang mempunyai keluhan sakit dan tercatat ada 23 warga. Sedangkan 15 balita dan 3 Ibu hamil mengikuti kegiatan Posyandu.

"Apa yang kita lakukan merupakan wujud sinergitas antara Satgas dan instansi kesehatan di wilayah setempat guna memastikan pertumbuhan balita selalu terpantau dengan baik, sehingga daya tahan tubuh balita juga selalu terjaga dari serangan virus maupun kuman, agar tetap sehat dan ceria, sementara ibu hamil memeriksa kesehatan janin dan fisiknya," jelas Dansatgas.

Dansatgas juga mengatakan bahwa di akhir kegiatan diberikan makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita, karena balita di RT 03 Yakyu harus mendapat asupan vitamin dan gizi tambahan, terlebih karena lokasinnya berada di pedalaman serta harus ditempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional Papua) selama 2½ jam melewati rawa-rawa.

"TNI dalam hal ini Satgas Pamtas selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, selain menjalankan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan juga memiliki tanggung jawab moral memastikan generasi penerus bangsa agar  tumbuh dan berkembang secara sehat," kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Kepala Puskesmas Sota Ibu Merry S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad atas kerjasamanya pada pelaksanaan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru. "Hadirnya tim kesehatan Satgas, tentunya membuat Puskesmas terbantu dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat," katanya.
Editor: Budi

T#g:Posyandu
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Okt 2019 16:28

    Pembinaan Kader Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Lima Puluh Kota Dipimpin Arafat Syam S.STP

    Kegiatan pembinaan kader kesehatan masyarakat dipimpin langsung oleh Lurah Arafat Syam S. STP, dilaksanakan di aula Kelurahan Lima Puluh Kota, Jalan Perintis Kemerdekaan, Batubara, Selasa (8/10/2019).

  • Rabu, 11 Sep 2019 16:11

    Prajurit Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Gelar Posyandu di Pedalaman Papua

    Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan

  • Selasa, 17 Apr 2018 20:47

    Babinsa Desa Ampel Dampingi Posyandu Giat PSN Jember

    Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan program kegiatan kesehatan yang pelaksananya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tiap-tiap lingkungan Rukun Tetangga (RT) dalam rangka mengajak masyarakat u

  • Kamis, 07 Sep 2017 19:27

    Kader Posyandu Ujung Tombak Pembentukan Generasi Bangsa

    Keberadaan Kader Posyandu memang tidak dapat diabaikan sebagai relawan yang memantau langsung kesehatan dan pertumbuhan anak serta kesehatan ibunya di setiap lingkungan, sehingga dari merekalah ibu-ib

  • Kamis, 07 Sep 2017 07:27

    Dandim 0824 dan Bupati Bekali Orientasi Kader Posyandu Kabupaten Jember

    Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) yang memiliki pos dan beberapa orang kader di setiap Rukun Warga (RW) memiliki peran dan tugas yang sangat strategis dalam menjaga kesehatan ibu dan anak karena mereka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak