Rabu, 13 Nov 2019 08:48

Manfaat Kayu Secang

Oleh: Tessa
Minggu, 10 Nov 2019 15:10
Doktersehat.com
Kayu secang tidak hanya dapat dijadikan menjadi hiasan, tapi juga sebagai tanaman obat. Kayu secang atau Caesalpinia sappan L berasal dari pohon kecil dan berduri yang bisa tumbuh hingga 9 m.

Tanaman kayu secang banyak tumbuh di India, Cina, serta Indonesia. Untuk mendapatkan kayu secang, bagian dalam batang pohon diambil kemudian dipotong kecil-kecil. 

Ramuan tradisional kayu secang

Di Indonesia, kayu secang digunakan sebagai bahan pembuat minuman rempah penghangat tubuh. Sedangkan dalam pengobatan tradisional Cina, kayu secang dengan citarasa manis  campur asin dihubungkan dengan penanganan untuk gangguan jantung, hati, serta limpa. 

Sebagai ramuan herbal tradisional, kayu secang dipercaya memiliki khasiat menyegarkan darah, memperbaiki siklus menstruasi, serta pereda nyeri dan bengkak. Sebagian besar manfaat kayu secang sebagai obat tradisional adalah mengatasi kondisi yang berkaitan dengan darah.

Manfaat kayu secang menurut penilitian medis

Mengonsumsi minuman kayu secang diyakini berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kayu secang di bawah ini sudah diteliti secara ilmiah:

1. Memiliki senyawa antimikroba

Menurut sebuah riset pada hewan, kandungan etanol dalam kayu secang mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri. Ini berarti kayu secang berpotensi untuk mengatasi penyakit akibat infeksi. 

2. Membantu dalam mengatasi masalah jerawat

Konon, mencuci muka dengan air rebusan kayu secang bisa membantu Anda untuk mengatasi jerawat. Manfaat kayu secang ini diduga muncul berkat kandungan brazilein.

Brazilein adalah pigmen merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam peneltian tertentu, kandungan ini dianggap mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. 

3. Sebagai sumber antioksidan

Ekstrak kayu secang mengandung kadar fenol, flavonoid, dan terpenoid yang tinggi. Ketiga senyawa ini adalah antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas di tubuh.

Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai jenis penyakit. Seperti kanker dan penyakit jantung. 

4. Mengandung senyawa antialergi

Bagi mereka yang menderita alergi, manfaat kayu secang mungkin bisa membantu. Anda bisa mengonsumsi minuman secang secara rutin. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa senyawa chalcone dalam kayu ini memiliki khasiat untuk mengurangi gejala alergi. 

5. Membantu dalam mengatasi kejang

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak kayu secang memiliki potensi sebagai bagian dari pengobatan terhadap kejang-kejang baik karena epilepsy maupun kelainan lainnya. Sejauh ini beberapa penelitian menemukan bahwa kayu secang memiliki aktivitas anti konvulsan. 

6. Berpotensi sebagai antijamur

Uji coba ekstrak air kayu secang ternyata memperlihatkan kemampuan menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus niger dan Candida albicans. Kedua jenis jamur ini merupakan dalang di balik beberapa infeksi pada manusia. 

Semua klaim khasiat dan manfaat kayu secang tersebut tentu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih luas. Dengan ini, kita bisa mengetahui apakah efek baik kayu secang pada hewan percobaan akan memberikan dampak yang sama pada manusia.

Sambil menantikan kelanjutan dari hasil penelitian medis mengenai manfaat kayu secang, Anda tetap dapat menikmati minuman rempah kayu secang yang menghangatkan tubuh. Untuk lebih amannya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kecocokan tanaman ini dengan kondisi kesehatan Anda.

Editor: Yaya

T#g:kesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 10 Nov 2019 20:10

    Pemko Medan Gelar Rapat & Bentuk TKT Tangani Masalah Bangkai Babi

    Menyikapi persoalan bangkai babi yang mencemari Sungai Bedera di Kecamatan Medan Marelan, Pemko Medan kembali menggelar rapat lanjutan sekaligus membentuk Tim Khusus Terpadu (TKT)  guna menangani

  • Kamis, 07 Nov 2019 15:07

    Obat Maag, Harus Sebelum Atau Sesudah Makan?

    Maag dapat terjadi pada pada siapa saja dan merupakan penyakit yang sering terjadi. Obat untuk mengatasi maag adalah salah satu obat dengan aturan pakai khusus yang sering kali membingungkan. Inilah a

  • Minggu, 03 Nov 2019 15:03

    Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

    Buah naga masih populer di kalangan masyarakat karena diyakini memiliki banyak manfaat. Menjadi antioksidan adalah manfaat utama buah naga. Mari kita bicara tentang masing-masing manfaat bua

  • Jumat, 28 Jun 2019 22:28

    Babinsa Nogosari Koramil Rambipuji Kodim 0824/Jember Dampingi Posyandu Melaksanakan PSN

    Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada setiap hari Jum'at selalu melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), yang dimaksud adalah nyamuk demam berdarah yang menjadi momok mas

  • Kamis, 16 Mei 2019 15:16

    Personel Bakamla Simak Sosialisasi Kanker

    Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan akan penyakit kanker dan tumor, personel Bakamla dengan antusias menyimak penyuluhan terkait penyakit berbahaya tersebut. Tim dari Yayasan Pemerhati Kanker Indone

  • Selasa, 14 Mei 2019 20:14

    Dinas Kesehatan Labuhanbatu Buka Posko Kesehatan Ramadhan 1440 Hijriah

    Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Tinur Bulan sejak awal perdana bulan puasa telah membuka posko kesehatan Safari Ramadhan 1440 H.Salah satunya, Posko Kesehatan

  • Selasa, 09 Apr 2019 05:19

    Babinsa Sertu Asrol Adam Siregar Jenguk Warga Binaannya yang Menderita Sakit Menahun

    Babinsa Sertu Asrol Adam Siregar beserta kepala dusun Janji, Syahril Nasution menjenguk putra Ibu Leni Marlina (janda) atas nama Ahmad Putra Habibi, usia 11 tahun yang menderita sakit Burger Disease a

  • Selasa, 12 Mar 2019 18:12

    Kesehatan TNI Perlu Tingkatkan Perannya di Kancah Internasional

    Kesehatan TNI perlu meningkatkan perannya di kancah internasional. Hal ini tidak saja untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan personel melainkan juga untuk meningkatkan pelaksanaan diplomasi milite

  • Minggu, 06 Jan 2019 20:26

    Selang Cuci Darah Dipakai Berulang Kali Kata Prabowo, Benarkah?

    Dalam pidatonya di Hambalang Bogor, Prabowo bercerita bahwa keadaan perekonomian di Indonesia saat ini sangat kurang, sehingga membuat BPJS menombok dana yang sangat besar.Dalam pidatonya-pun Capres n

  • Jumat, 14 Des 2018 10:04

    Adu Program Kesehatan Prabowo dan Jokowi

    Seorang pemimpin tentunya harus memenuhi sikap yang baik. Selain tegas, seorang pemimpin juga sangat di elu- elukan programnya dalam menangani kasus atau masalah vital yang terjadi di masyarakat bahka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak