Selasa, 26 Mei 2020 13:08
TESTING ADSENSE 9668897277

Manfaat Kayu Secang

Oleh: Tessa
Minggu, 10 Nov 2019 15:10
Doktersehat.com
Kayu secang tidak hanya dapat dijadikan menjadi hiasan, tapi juga sebagai tanaman obat. Kayu secang atau Caesalpinia sappan L berasal dari pohon kecil dan berduri yang bisa tumbuh hingga 9 m.

Tanaman kayu secang banyak tumbuh di India, Cina, serta Indonesia. Untuk mendapatkan kayu secang, bagian dalam batang pohon diambil kemudian dipotong kecil-kecil. 

Ramuan tradisional kayu secang

Di Indonesia, kayu secang digunakan sebagai bahan pembuat minuman rempah penghangat tubuh. Sedangkan dalam pengobatan tradisional Cina, kayu secang dengan citarasa manis  campur asin dihubungkan dengan penanganan untuk gangguan jantung, hati, serta limpa. 

Sebagai ramuan herbal tradisional, kayu secang dipercaya memiliki khasiat menyegarkan darah, memperbaiki siklus menstruasi, serta pereda nyeri dan bengkak. Sebagian besar manfaat kayu secang sebagai obat tradisional adalah mengatasi kondisi yang berkaitan dengan darah.

Manfaat kayu secang menurut penilitian medis

Mengonsumsi minuman kayu secang diyakini berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kayu secang di bawah ini sudah diteliti secara ilmiah:

1. Memiliki senyawa antimikroba

Menurut sebuah riset pada hewan, kandungan etanol dalam kayu secang mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri. Ini berarti kayu secang berpotensi untuk mengatasi penyakit akibat infeksi. 

2. Membantu dalam mengatasi masalah jerawat

Konon, mencuci muka dengan air rebusan kayu secang bisa membantu Anda untuk mengatasi jerawat. Manfaat kayu secang ini diduga muncul berkat kandungan brazilein.

Brazilein adalah pigmen merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam peneltian tertentu, kandungan ini dianggap mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. 

3. Sebagai sumber antioksidan

Ekstrak kayu secang mengandung kadar fenol, flavonoid, dan terpenoid yang tinggi. Ketiga senyawa ini adalah antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas di tubuh.

Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai jenis penyakit. Seperti kanker dan penyakit jantung. 

4. Mengandung senyawa antialergi

Bagi mereka yang menderita alergi, manfaat kayu secang mungkin bisa membantu. Anda bisa mengonsumsi minuman secang secara rutin. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa senyawa chalcone dalam kayu ini memiliki khasiat untuk mengurangi gejala alergi. 

5. Membantu dalam mengatasi kejang

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak kayu secang memiliki potensi sebagai bagian dari pengobatan terhadap kejang-kejang baik karena epilepsy maupun kelainan lainnya. Sejauh ini beberapa penelitian menemukan bahwa kayu secang memiliki aktivitas anti konvulsan. 

6. Berpotensi sebagai antijamur

Uji coba ekstrak air kayu secang ternyata memperlihatkan kemampuan menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus niger dan Candida albicans. Kedua jenis jamur ini merupakan dalang di balik beberapa infeksi pada manusia. 

Semua klaim khasiat dan manfaat kayu secang tersebut tentu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih luas. Dengan ini, kita bisa mengetahui apakah efek baik kayu secang pada hewan percobaan akan memberikan dampak yang sama pada manusia.

Sambil menantikan kelanjutan dari hasil penelitian medis mengenai manfaat kayu secang, Anda tetap dapat menikmati minuman rempah kayu secang yang menghangatkan tubuh. Untuk lebih amannya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kecocokan tanaman ini dengan kondisi kesehatan Anda.

Editor: Yaya

T#g:kesehatan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 10 Mei 2020 15:10

    7 Penyebab Otak Kamu Mulai Lemot, Hindari dari Sekarang!

    Otak memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk memberikan perintah kepada seluruh organ tubuh. Oleh karena itu, ketika otak mengalami gangguan seperti menjadi lambat berpikir, hak tersebut

  • Rabu, 06 Mei 2020 21:26

    Pekerja BHL Tidak Didaftar BPJS Kesehatan, Jamkeswatch Korda Tabagsel Surati BPJS Kesehatan

    Berdasarkan hasil investigasi tim relawan Jamkeswatch Kordinator Daerah Tapanuli Bagian Selatan (Korda Tabagsel), masih banyak ditemui pekerja buruh harian lepas (BHL) di sejumlah perusahaan yang ters

  • Sabtu, 09 Mei 2020 08:59

    5 Trik psikologi yang bisa membantu keseharianmu

    Banyak trik Psychological dan  meuro-linguistic programming yang sudah dibahas oleh banyak psikolog dan ditulis di berbagai buku tentang psikologi. Trik-trik ini sering digunakan oleh para psikol

  • Jumat, 08 Mei 2020 15:08

    Mengenal Sinestesia, Fenomena Unik Saat Seseorang Bisa Merasakan Warna

    Di saat kebanyakan dari kita dapat melihat pemandangan dan mendengar suara, beberapa orang ternyata mampu  merasakan warna dan melihat suara. Hal ini dikenal dengan sinestesia, suatu fenomena neu

  • Sabtu, 02 Mei 2020 15:02

    5 Bahan Dapur yang Bisa Kita Jadikan Masker Selama Dirumah Aja

    Bingung mau ngapain lagi di rumah?Kenapa enggak mencoba merawat diri aja dengan beragam perawatan kulit?Kita bisa banget mencoba membuat masker dari bahan-bahan dapur yang membuat kulit jadi bebas mas

  • Rabu, 22 Apr 2020 18:22

    7 Penyakit Berbahaya yang Bisa Terjadi Jika Kamu Tidur Setelah Makan

    Apakah kamu sering tidur setelah makan? Jika iya, sepertinya kamu harus menghentikan kebiasaan ini. Rasa kantuk usai makan adalah hal yang normal terjadi dan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

  • Rabu, 15 Apr 2020 15:15

    6 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan

    Mie instan sudah menjadi makanan yang umum di Indonesia, terutama bagi anak kos. Cara masak yang mudah dan rasanya yang nikmat membuat makanan cepat saji ini digemari banyak orang. Jangan keseringan k

  • Rabu, 15 Apr 2020 09:15

    Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

    Pernahkah Anda mengonsumsi telur setengah matang? Bagi penikmatnya, jenis kuliner sederhana yang satu ini terasa sangat lezat dan diklaim lebih bernutrisi ketimbang telur yang direbus hingga matang se

  • Rabu, 08 Apr 2020 15:08

    10 Manfaat Susu Beruang yang Sangat Berguna untuk Tubuh Kita!

    Semua orang pasti sudah tidak asing dengan susu yang satu ini. Susu beruang merupakan minuman yang biasa diminum ketika kamu sedang sakit. Pasalnya, manfaat susu beruang dikenal dapat membantu memperc

  • Minggu, 05 Apr 2020 03:05

    Banyak Pasien Positif Covid-19 Di Daerah Sembuh

    Jumlah pasien positif corona memang mengalami peningkatan, namun bukan berarti tidak ada kabar tentang kesembuhan dari pasien yang terlah terpapar dari virus tersebut. Banyaknya pasien positif Covid-1

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak