Selasa, 11 Agu 2020 16:53
  • Home
  • Kesehatan
  • Kenapa Ada Orang yang Alergi Setelah Makan Alpukat?

Kenapa Ada Orang yang Alergi Setelah Makan Alpukat?

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Sabtu, 14 Des 2019 15:14
Hello Sehat
Buah alpukat mengandung serat, folat, dan antioksidan yang menyehatkan tubuh. Bahkan,  Dietitians Association of Australian menyebutkan bahwa buah ini baik untuk jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Namun, tidak semua bisa menikmati buah ini. Ada beberapa orang yang menunjukkan reaksi alergi setelah makan buah alpukat. Apa penyebabnya?

Penyebab orang alergi makan alpukat

Buah alpukat disukai tidak hanya karena manfaatnya yang melimpah, tapi juga karena rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut. Rasa alpukat cenderung hambar kadang sedikit pahit.

Namun, karena rasanya inilah buah alpukat bisa disajikan menjadi berbagai menu, contohnya smoothies, sushi, salad, cake, dan selai roti. Jika kamu bosan dengan satu menu, kamu bisa beralih ke menu lainnya.

Sayangnya, ada beberapa orang yang menunjukkan gejala alergi setelah makan buah ini. Berikut penyebab kenapa ada orang yang alergi makan buah alpukat.

1. Sensitif dengan kandungan alpukat

Sama seperti beberapa makanan lain, buah berkulit hijau ini juga bisa menyebabkan alergi. Hanya saja ini tidak terjadi pada semua orang. Alergi ini terjadi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan pada zat tertentu pada buah yang mengandung lemak sehat.


2. Punya alergi terhadap lateks

Munculnya reaksi alergi setelah makan alpukat, tidak hanya disebabkan oleh kandungan zat yang ada di alpukat. Lateks juga bisa jadi penyebab kamu alergi setelah makan alpukat.

Lateks berasal dari getah pohon karet, yaitu Hevea brasiliensis. Zat ini merupakan bahan dasar untuk pembuatan gelang karet, boneka, balon, atau sarung tangan. Diketahui bahwa protein alami yang ada pada lateks memiliki potensi untuk menyebabkan alergi.

Akan tetapi, kenapa lateks ada pada alpukat? Menurut State Government of Victoria, setengah dari orang yang alergi lateks diketahui mengalami reaksi alergi pada makanan tertentu, salah satunya alpukat. Penyebabnya adalah protein yang menyebabkan seseorang mengalami alergi lateks, juga ditemukan pada buah tersebut.


Apa saja gejala alergi alpukat?

Gejala alergi buah ini sama dengan alergi makanan lainnya. Namun, tidak semua orang akan mengalami gejala yang serupa. Ada yang ringan, ada pula yang parah. Beberapa gejala alergi yang mungkin umumnya terjadi, meliputi:

Bibir membengkak, Bersin, hidung dan mata terasa gatal, Perut nyeri, mual, atau muntah, Munculnya gatal di seluruh kulit, Reaksi anafilaksis, yakni pembengkakan saluran pernapasan sehingga menyebabkan sesak napas.

Gejala sesak napas adalah reaksi serius yang butuh pertolongan. Untungnya, gejala ini jarang terjadi. Jika kamu mengalami gejala yang telah disebutkan di atas, segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan, terutama reaksi anafilaksis.

Tips mengatasi alergi alpukat

Untuk meredakan gejala, dokter akan meresepkan obat antihistamin. Obat ini bekerja untuk mengurangi produksi histamin di dalam tubuh sehingga gejala akan semakin membaik. Bila alergi hebat terjadi hingga membuatmu sesak napas, kamu akan disuntik dengan epinephrine segera.

Kondisi ini tidak dapat disembuhkan. Itu artinya orang akan terus memiliki kondisi ini seumur hidup. Langkah tepat yang bisa dilakukan adalah mencegah diri terpapar dari buah alpukat, yakni menghindari makan buah alpukat dan olahannya.


Editor: Yaya

Sumber: Hellosehat.com

T#g:Alergibuah
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Jul 2020 07:07

    Polsek Teluk Mengkudu Bagikan Nasi Bungkus Pada Masyarakat Terdampak Covid-19

    Polsek Teluk Mengkudu Polres Serdang Bedagai menggelar dapur umum sebagai bentuk kepedulian dampak Covid-19 di Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu,Kab. Serdang Bedagai, Senin (06/7/2020)Turut

  • Senin, 29 Jun 2020 22:49

    Penerapan New Normal, Forkopimcam Teluk Mengkudu Sosialisasi Ke Pedagang Pasar

    Menyongsong Penerapan Tatanan kehidupan baru (New Normal), Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Teluk Mengkudu melakukan sosialisasi kepada para pedagang pasar, bertempat di Pasar Tradisi

  • Senin, 01 Jun 2020 16:31

    Mengintip Nuansa Pedesaan Di Pekarangan Belakang Rumah Dinas Dandim 0209/LB

    Pekarangan belakang rumah dinas Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso yang tidak begitu luas, mencerminkan nuansa pedesaan dengan dipenuhi tanaman buah- buahan dan sayuran lengkap dengan kolam ikan mas yang terlihat asri dan nyaman.

  • Kamis, 28 Mei 2020 16:18

    Napi asimilasi di Sialang Buah berulah, bongkar rumah curi peralatan salon

    Setelah satu bulan keluar dari penjara Lapas kelas II Tebing Tinggi melalui program asimilasi dari pemerintah, MS alias Encep (17) kembali ditangkap team khusus anti bandit (TEKAB) Polsek Teluk Mengku

  • Rabu, 12 Feb 2020 20:12

    Edarkan Sabu, Penjual Lontong Di Sialang Buah Ditangkap Polisi

    Nurhayati alias Inun (40) warga Dusun IV, Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, ditangkap tim Opsnal Polsek Teluk Mengkudu di rumahnya, Senin (10/02/2020).Kapolres Se

  • Sabtu, 06 Jul 2019 19:06

    Gubsu: Mari Kita Wujudkan Berastagi yang Berseri

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka Festival Bunga dan Buah 2019 yang berlangsung di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Kabupaten Karo, Jum'at (5/7). Ribuan masyarak

  • Kamis, 12 Jul 2018 12:12

    Manfaat Buah Apel untuk Kulit Wajah Berminyak

    Ternyata, buah apel mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Bukan hanya vitaminnya saja yang baik untuk perkembangan tubuh, tetapi buahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit wajah.

  • Senin, 09 Jul 2018 00:09

    5 Buah yang bisa mencerahkan wajah

    Banyak yang menginginkan kecerahan wajah dan memilih melakukan perawatan pada dokter kecantikan. Melakukan perawatan wajah pada dokter kecantikan bukanlah hal yang murah.

  • Selasa, 29 Mei 2018 22:29

    Manfaat Buah Rimbang Untuk Kesehatan Tubuh

    Mungkin masih banyak yang awam tentang buah rimbang itu apa, atau seperti apa, disini akan dibahas tentang manfaat dari buah rimbang ini.Buah rimbang ini yang tergolong dalam  suku terong-teronga

  • Kamis, 06 Jul 2017 23:16

    Tengku Erry: Bunga, Buah dan Sayuran Karo Luar Biasa Paten

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan aneka buah, bunga dan sayuran dari Kabupaten Karo sudah terkenal luas. Untuk itu perlu dikenalkan lebih luas lagi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak