Sabtu, 05 Des 2020 08:46
KPU
KPU Binjai

Warga Galih Sari- Musi Banyuasin Ditipu Sindikat Penipuan e-Commerce

Musi Banyuasin (utamanews.com)
Oleh: Anton
Sabtu, 21 Nov 2020 13:21
Istimewa
Bukti transfer ke rekening penipu
Kasus penipuan melalui komunikasi seluler dengan modus mendapatkan hadiah uang tunai melalui BRI Virtual Account (BRIVA) salah satu metode pembayaran di perusahaan e-Commerce, terjadi di Desa Galih Sari, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan. 

Penipuan kali ini dialami oleh sepasang suami-istri inisial HP (40) dan RD (32). Informasi dihimpun, pada hari Jumat (20/11) pukul 14:24 WIB, HP menerima panggilan telepon seluler dari nomor +62 812 71105330 yang memberitahukan HP adalah pemenang peringkat ke 6, dan mendapatkan dana bingkisan ataupun penghargaan dari Tokopedia sebesar Rp5 juta yang langsung bisa diterima, dan dibebaskan biaya ataupun tanpa perpajakan.

Penipu mengatakan, "Selaku penerima Bapak bisa langsung melakukan pengambilan melalui mesin ATM, di Agen BRI Link, Dana ini kami kirimkan langsung di siang hari ini. Jadi Pak, untuk dana ini sudah kami programkan ataupun sudah kami prosedurkan melalui mesin ATM BRI, BNI, Mandiri, BCA. Bapak sudah punya di salah satu ATM dari Bank apa untuk kami kirimkan?"

HP menjawab bahwa ia punya Rekening Bank Sumsel-Babel.


"Jadi kalau dari Bank Sumsel-Babel tidak bisa. Tapi Bapak bisa terima langsung di Agen BRI Link", demikian isi pembicaraan melalui sambungan telepon seluler yang direkam oleh korban.


Kemudian, komunikasi terus berlanjut sampai dengan korban mendapatkan penjelasan mengenai cara berkomunikasi kepada Agen BRI Link. Anehnya, korban diberikan kode pembayaran BRIVA dengan nomor 80777081271256929.

Setelah transaksi berhasil dilakukan, dalam bukti transaksi tercantum: Pembayaran BRIVA. Institusi Tokopedia. Nama Pelanggan PLS1563950270_Tokpedh eb. Keterangan Tokpedh eb. Total Pembayaran Rp 5.001.000.

Melihat transaksi tersebut, Agen BRI Link di Desa Bandar Agung, Kecamatan Lalan mengingatkan HP bahwa ia telah menjadi korban penipuan, namun korban masih berkomunikasi dengan penipu melalui sambungan telepon seluler.

Penipu terus meyakinkan korban dan berusaha tetap mengendalikan korban dengan memberikan kode pembayaran BRIVA kedua, nomor 80777085279781698.

Supaya lebih meyakinkan penipu meminta nomor Rekening Bank Sumsel-Babel milik korban. HP diarahkan mencari mesin ATM Bersama dan Agen BRI Link yang lain, untuk kembali melakukan transaksi dengan nominal sebesar Rp5 juta.


Beruntung korban secara perlahan mulai menyadari dan meminta hadiah yang dijanjikan. Namun Penipu tetap berupaya meyakinkan korban, hadiah akan dikirimkan selama 2x24 jam, dan mengatakan, "Sembari menunggu proses pengiriman sambungan telepon saat ini kita akhiri."

HP mengalami kerugian sebesar Rp5 juta. Ia dibantu penyelesaian pembayaran dengan Agen BRI Link melalui musyawarah mufakat sebesar Rp1,5 juta dan sisanya dapat dicicil selama 2 bulan.

HP pun mengucapkan terima kasih kepada Agen BRI Link tersebut karena telah mengingatkannya yang telah menjadi korban penipuan, agar jangan lagi melakukan transaksi.

Atas kejadian ini, korban masih mempertimbangkan untuk melapor kepada pihak Kepolisian karena jarak dari tempat tinggalnya sangat jauh dengan Mapolda maupun Mapolres.

"Harapannya dengan menceritakan penipuan ini supaya tidak terjadi lagi korban-korban yang lain", ungkap korban.
Editor: Budi

T#g:378MartapuraMubaSumsel
Berita Terkait
  • Sabtu, 05 Des 2020 07:05

    Miliki Senpi Ilegal, Warga Babat Supat-Musi Banyuasin Terancam 20 Tahun Penjara

    Polsek Batang Hari Leko (BHL) menahan satu orang tersangka bernama Bendi (35) Warga Desa Langkap, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin atas kepemilikan sepucuk senjata api laras panjang tak

  • Selasa, 01 Des 2020 07:51

    Pertama di Provinsi Sumsel, Musi Banyuasin Tetapkan Perda Soal Covid-19

    Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin menjadi yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan memiliki Peraturan Daerah tentang Pelaksanaan Pola Hidup Masyarakat yang Sehat, Disiplin dan Produktif di E

  • Jumat, 27 Nov 2020 09:57

    Harapan masyarakat Lalan, infrastruktur jalan rusak diperbaiki

    Aktivitas kehidupan warga dan mata rantai ekonomi mengalami perlambatan karena kerusakan akses jalan poros dari dan menuju Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan.

  • Senin, 23 Nov 2020 10:23

    Tim Hukum Satgasrat Brigif R-9/DY Kostrad Gelar Simulasi Sidang Pertempuran

    Segala kemungkinan dapat terjadi dalam pertempuran, termasuk adanya prajurit yang melarikan diri dari medan pertempuran atau yang dikenal dengan istilah Kelana Yudha.Ketidaksiapan mental akibat tekana

  • Rabu, 09 Sep 2020 10:29

    Polsek Binjai Tangkap Pelaku Penipuan Rp1,2 M

    Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Binjai, berhasil mengamankan seorang Perempuan yang diduga melalukan tindak pidana penipuan dan penggelapan uang, Selasa (8/9).Adalah, Deni Ferianti Manda S

  • Selasa, 01 Sep 2020 00:11

    Polsek Firdaus Ringkus DPO Kasus Penggelapan

    Safrizal (22) warga Dusun 5, Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, ditangkap Tekab Polsek Firdaus, Minggu (30/8/2020) malam.Safrizal merupakan pelaku penggelapan 1 unit motor

  • Sabtu, 29 Agu 2020 07:29

    Poldasu gulung komplotan rampok dari Sumatera Selatan, 1 tewas kena dor

    Ditreskrimum Polda Sumut berhasil mengungkap komplotan pelaku perampokan nasabah bank antar provinsi, satu dari lima pelaku tewas ditembus timah panas.Kelima pelaku bernama Awaluddin alias Udin, Dodi

  • Rabu, 05 Agu 2020 15:35

    3 Oknum Polisi Gadungan Peras Anggota DPRD di Sumut

    Tim Subdit Siber Dit Reskrimsus Polda Sumut menangkap kelompok jaringan penipuan, pemerasan, dan penyebaran konten yang mengandung pornografi melalui media sosial.Dalam penangkapan kelompok jaringan i

  • Selasa, 28 Jul 2020 22:28

    Tepbek Kisaran Bekangdam I/BB Amankan Sutarno Mantan Anggota TNI, Diduga Melakukan Penipuan dan Pemalsuan Dokumen

    Tepbek Kisaran Bekangdam I/BB mengamankan salah seorang warga Medan Selayang, Sutarno (56), mantan anggota TNI yang sudah dipecat, karena diduga melakukan penipuan dan pemalsuan dokumen.Sutarno diaman

  • Minggu, 21 Jun 2020 23:21

    Berdalih jenguk keluarga sakit, Candra 'Gelapkan' Motor Tetangga

    Personel Tekab Unit Reskrim Polsek Perbaungan kembali ciduk seorang tersangka penggelapan sepeda motor. Pelaku adalah Candra (31) warga Dusun 1 Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak