Sabtu, 04 Jul 2020 08:29
  • Home
  • Techno
  • Mendagri Luncurkan Gisa, Layanan Administrasi Kependudukan 'Online'

Mendagri Luncurkan Gisa, Layanan Administrasi Kependudukan 'Online'

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Sabtu, 28 Mar 2020 22:28
Humas Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian mendorong pelayanan publik tetap berlangsung dengan baik di tengah pandemi Virus Korona (Covid-19) khususnya layanan administrasi kependudukan (adminduk) melalui online dengan Gisa.

Untuk itu, menjalankan perintah Presiden Joko Widodo untuk melakukan physical distancing, Mendagri meluncurkan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berupa Chatbot bernama Gisa untuk layanan Adminduk yang akan membantu mewujudkan layanan online dan physical distancing. 

GISA diambil dari program Dukcapil yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Pada masa seperti ini, kata Tito, masyarakat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Melalui pencarian di web, informasi sering kali tidak akurat, karena belum tentu sumbernya resmi dan bisa saja sudah kadaluarsa karena ada perubahan aturan.

"Dengan Chatbot Gisa, masyarakat bisa bertanya layaknya percakapan dengan seorang petugas. Gisa akan selalu memberi informasi akurat yang bersumber dari Dukcapil," kata Mendagri.

Secara teknis, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa Chatbot Gisa adalah hasil kerja sama antara Ditjen Dukcapil dengan KORPRI. Gisa ada di aplikasi android AKUI. Aplikasi ini sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan kata kunci AKUI.

Dengan memanfaatkan Chatbot Gisa, Dukcapil dapat terus melayani masyarakat dan tetap menerapkan standar informasi. Informasi terkait pelayanan di Kantor Layanan Dukcapil, seperti prosedur pembuatan KTP dan KK, syarat-syarat pencatatan pernikahan, akta kelahiran, informasi biaya, dan sebagainya, dapat diperoleh dari Gisa secara cepat dan akurat.

"Dengan informasi yang lengkap ini masyarakat terhindar bolak-balik ke kantor layanan karena persyaratan yang tidak lengkap," kata Mendagri.

Dalam beberapa waktu ke depan, masing-masing Kantor Layanan Dukcapil akan secara khusus meningkatkan pelayanan publik di daerahnya dengan memberikan informasi spesifik seperti lokasi kantor layanan, nomor kontak petugas, informasi waktu penyelesaian, serta menerima masukan dari masyarakat.

Dengan demikian, meskipun tanpa kontak langsung, pelayanan masyarakat yang diperoleh dari Ditjen Dukcapil Kemendagri akan terus berjalan, baik di tingkat nasional maupun daerah.
Editor: Herda

T#g:aplikasiDukcapile-KTPe KTP
Berita Terkait
  • Senin, 29 Jun 2020 02:29

    BLC, Senjata Baru RI Hadapi Covid

    Pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat terus bahu membahu menangani Covid-19. Kali Ini, Pemerintah meluncurkan sebuah sistem untuk mengetahui perkembangan Covid-19 yang dinamis, bernama Bersatu

  • Kamis, 25 Jun 2020 22:25

    Musa Rajekshah Berharap SIGUM Dapat Diterapkan di Seluruh Kabupaten/Kota

    Wagub Sumut Musa Rajekshah membuka Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Binjai dan Kabupaten Langkat secara video conferenc

  • Sabtu, 06 Jun 2020 01:46

    Pemprov Sumut dan PTPN IV Jalin Kerja Sama Data Kependudukan

    Pemprov Sumut melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menjalin kerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV tentang data kependudukan. Tujuannya untuk meningkatkan verifikasi

  • Jumat, 08 Mei 2020 20:08

    Satpol PP kembalikan KTP warga terjaring razia masker

    Setelah lebih kurang 4 hari Tim Gabungan melakukan razia masker terhitung mulai Senin (4/5), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan melakukan pengembalian Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik warga yang terjaring ketika razia tersebut.

  • Senin, 04 Mei 2020 21:04

    Akhyar Pimpin Razia Masker Di Pasar Sentosa Baru, 16 KTP Disita

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi turun langsung memimpin razia penggunaan masker di Pasar Sentosa Baru, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (4/5/2020).

  • Kamis, 16 Apr 2020 15:46

    Gubsu Resmikan Toko Tani Online, Jual Bahan Pokok Murah

    Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Kamis (16/4), di UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Jalan AH Nasution Medan. Toko Tani menjual hasil produk pangan rumah tangga denga

  • Kamis, 02 Apr 2020 08:02

    Listrik gratis 3 bulan, Ini cara dapat token untuk pelanggan prabayar 450 dan 900 VA

    Pemerintah memutuskan untuk membagi token gratis pada pelanggan prabayar listrik golongan 450 voltampere (VA) dan subsidi 900 VA selama 3 bulan ke depan.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 10:11

    Dengan PIKOBAR, Warga Jabar Bisa Cek Kesehatan Lewat Fitur Periksa Mandiri

    Aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) memiliki fitur periksa mandiri. Lewat fitur tersebut, warga Jabar dapat memeriksakan diri dengan melaporkan gejala-gejala yang dialami.

  • Jumat, 20 Mar 2020 21:20

    Ridwan Kamil Launching Aplikasi PIKOBAR, Bisa Update Kasus Corona, Cari Informasi, hingga Donasi

    Ridwan Kamil secara resmi me-launching aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/20).

  • Senin, 09 Mar 2020 16:09

    Panglima TNI Launching Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. launching Peluncuran Aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dihadiri jajaran Polda dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Prov

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak