Senin, 01 Jun 2020 22:41
TESTING ADSENSE 9668897277
  • Home
  • Techno
  • Laboratorium PCR Pertama Di Sumut Beroperasi, Covid-19 Semakin Cepat Dideteksi

Edy Rahamyadi: Dapat Lebih Cepat Mengetahui Pasien Terpapar Covid-19

Laboratorium PCR Pertama Di Sumut Beroperasi, Covid-19 Semakin Cepat Dideteksi

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Jumat, 17 Apr 2020 15:07
Biro Humas & Keprotokolan Setdaprovsu/ Fahmi Aulia
Edy Rahmayadi bersama Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Rektor Universitas Sumatera Utara Runtung Sitepu, saat berkunjung ke Laboratorium Rumah Sakit USU, Jalan Dr. Mansur, Medan, Jum'at (17/04).
Gubsu Edy Rahmayadi meninjau laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) pertama untuk Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur Medan, Jumat (17/4).

Bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini diharapkan dapat mempercepat pengujian Covid-19.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga secara resmi membuka laboratorium untuk pengujian Covid-19. Pada hari pertama beroperasi laboratorium tersebut sudah menerima 40 sampel dari berbagai RS di Sumut untuk dilakukan pengecekan.

"Selama ini kita melakukan pengujian menggunakan Rapid Test, dilakukan sebanyak dua kali untuk menentukan apakah pasien tersebut terpapar Corona (Covid-19) atau tidak. Tapi sekarang sudah bisa dilakukan Swab PCR. Ini yang pertama di Sumut. Hari ini resmi kita buka, ke depan kita akan lebih cepat mengetahui seseorang terpapar Covid-19 sebelum masa inkubasinya selesai," ujar Gubernur Edy Rahmayadi.


Terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini, Gubernur Edy menyatakan belum menerapkannya. Karena hingga saat ini kondisi Sumut belum membutuhkan pelaksanaan PSBB.

"Saat ini Sumut mengambil langkah lain, yaitu untuk secara fisik menyiapkan rumah sakit dengan berbagai peralatannya. Yang kedua kita akan melakukan antisipasi non fisik, menyiapkan antisipasi dampak sosial dengan refokusi dan realokasi dana sebanyak Rp500 Miliar untuk tahap awal," ujar Edy Rahmayadi.

Terakhir, Edy pun berpesan kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik. Silahkan libur Lebaran, namun dalam kondisi wabah Covid-19 ini untuk sementara masyarakat diminta jangan mudik ke kampung halaman.

"Gunakanlah sosial media untuk menjaga silahturahmi. Covid-19 ini tidak mau tahu, siapa pun kita. Untuk itu sayangilah keluarga dengan tetap tinggal di rumah. Untuk tahun ini kita bersilahturahmi dari rumah masing-masing saja," tambahnya.


Sementara Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan bahwa di hari pertama ini pihak RS USU telah menerima 40 sampel dari berbagai RS di Sumut, dan untuk pemeriksaannya tidak dipungut biaya. "Di sini saya sampaikan bahwa pemeriksaan dengan metode Swab PCR tidak akan dipungut biaya alias gratis. Jadi pihak rumah sakit yang merujuk kesini jangan coba-coba berani memungut biaya dari pasien yang ada di daerah. Hari ini sudah masuk 40 sampel untuk diperiksa," ucap Runtung.

Untuk proses waktu pengujian, Runtung mengatakan, hanya butuh waktu 24 jam untuk dapat mengetahui hasilnya, apakah pasien tersebut positif terpapar Covid-19. "Riilnya kita hanya membutuhkan waktu 4 jam saja. Namun karena juga diperlukan waktu untuk mengirim sampelnya ke sini, maka kita genapkan membutuhkan waktu 24 jam untuk mendapatkan hasil agar dilaporkan ke Litbangkes yang ada di Jakarta," ujarnya.

Runtung juga menjelaskan, saat ini pihak RS USU baru memiliki 850 Reagensia, yaitu larutan zat yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19. "Saat ini alat yang bernama Reagensia itu terbatas. Sementara hari ini saja sudah masuk 40 sampel yang harus diperiksa. Untuk itu kami harapkan bantuannya kepada Pemprov Sumut untuk penambahan reagensia sebelum habis stok yang kita miliki," terangnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua MWA USU Panusunan Pasaribu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit dan Dirut RS USU Syah Mirsya Warli.
Editor: Herda

T#g:LaboratoriumPCRRS USUUSU
Berita Terkait
  • Senin, 01 Jun 2020 08:01

    Progres PSN Rusun Pasar Jumat Sudah 88,12%

    Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan infrastruktur perumahan yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

  • Jumat, 29 Mei 2020 11:39

    Selain ribuan alkes dan APD, BIN juga sediakan mobil laboratorium PCR untuk penanganan COVID-19 di Surabaya

    Badan Intelijen Negara (BIN) RI membantu ribuan alat kesehatan (alkes) dan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan kasus COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

  • Jumat, 22 Mei 2020 00:22

    GTPP Covid-19 Sumut Pastikan Semua Penumpang Pesawat Diperiksa Kesehatan

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) memastikan bahwa kedatangan warga negara Indonesia (WNI) maupun asing (WNA) melalui Bandara Kualanamu akan dilakukan pemeriksaa

  • Jumat, 15 Mei 2020 21:15

    Bantuan dari pusat tiba, 16.800 PCR Test untuk laboratorium RS USU

    Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut mulai menyalurkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) di 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumut. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang terd

  • Kamis, 07 Mei 2020 19:47

    Laboratorium RS USU Bisa Periksa 96 Sampel/Hari, Begini mekanisme pemeriksaannya

    Sebagai Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 pertama di Sumatera Utara (Sumut), Laboratorium Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) Medan berperan penting dalam upaya percepa

  • Kamis, 07 Mei 2020 06:27

    BIN Sediakan Laboratorium berjalan COVID-19 miliki PCR

    Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Polisi Bambang Sunarwinowo mengatakan salah satu keandalan atau keunggulan laboratorium berjalan (mobile laboratorium) milik intansi tersebut yakni

  • Senin, 27 Apr 2020 20:17

    Pasien Positif Covid-19 Ditentukan Lewat Pemeriksaan Swab PCR

    Penentuan pasien positif Covid-19 lewat pemeriksaan sampel swab (dahak) menggunakan polymerase chain reaction (PCR). Sedangkan rapid test digunakan untuk skrining pasien yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan tes swab.

  • Sabtu, 18 Apr 2020 23:18

    Bupati Sergai Jalani Tes Swab Covid-19

    Pengambilan spesimen terhadap Bupati ini dilaksanakan di Posko Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di Rumah Dinas Bupati, di Sei Rampah, Sabtu (18/4).Peme

  • Jumat, 17 Apr 2020 20:17

    Laboratorium PCR RS USU Beri Banyak Manfaat Pada Penanganan Covid-19

    Beroperasinya Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Universitas Sumatera (USU), Jalan Dr Mansyur Medan mulai Jumat (17/4), akan memberikan banyak manfaat dan mempercepat penanganan Covid-19.

  • Kamis, 16 Apr 2020 20:56

    Percepat Pemeriksaan Spesimen Covid-19, Sumut Segera Miliki Laboratorium PCR

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam waktu dekat akan memiliki 2 laboratorium yang bisa menguji spesimen Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), sehingga penentuan seseorang positif a

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak