Selasa, 22 Jun 2021 09:19
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tolak Aksi Demo di Tengah Pandemi Covid-19, Forum Lintas Ormas Dairi Sampaikan Pernyataan Sikap

Tolak Aksi Demo di Tengah Pandemi Covid-19, Forum Lintas Ormas Dairi Sampaikan Pernyataan Sikap

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Jumat, 07 Mei 2021 20:07
Istimewa
Forum Lintas Ormas membacakan pernyataan sikap.
Forum Lintas Ormas yang terdiri dari berbagai gabungan elemen dan komponen Ormas di Kabupaten Dairi, Jumat (7/5/2021) sore menyampaikan pernyataan sikap terkait aksi-aksi demo anarkis dan pelanggaran protokol kesehatan (Prokes), serta opini menyerang Bupati Dairi yang disampaikan secara langsung melalui media sosial.

Pernyataan sikap itu disampaikan di halaman Gedung Nasional Djauli Manik, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang.


Ada 6 poin pernyataan sikap bersama yang dibacakan Forum Lintas Ormas tersebut, yakni :

1. Menuntut sekelompok orang atau oknum sesuai hukum yang berlaku terhadap tindakan yang dilakukannya yang sudah merugikan, mencemarkan dan melecehkan nama baik seseorang apalagi pejabat publik (Bupati) yang jelas-jelas masih dicintai/dihormati oleh dominan masyarakat Kabupaten Dairi.

2. Menuntut pihak terkait yang ikut proaktif men-share dan membangun opini negatif tentang pribadi dan profesi Bupati Dairi yang sifatnya destruktif yang sudah mencemarkan/merongrong kehormatan Bupati Dairi. Oleh karena pribadi Eddy Keleng Ate Berutu disamping sebagai Bupati Dairi juga sebagai unsur penasehat/pembina di berbagai Ormas yang ada di Dairi.


3. Mendesak pihak Polri untuk melakukan penindakan hukum terhadap upaya-upaya sekelompok orang atau oknum tertentu yang sudah jelas-jelas melakukan tindakan melawan hukum, dengan cara melecehkan dan mencemarkan nama baik serta merongrong kehormatan/kewibawaan Bupati Dairi melalui media sosial.

4. Menolak upaya yang dilakukan oleh sekelompok orang atau oknum tertentu untuk melakukan provokasi di Kabupaten Dairi yang dapat mengusik/mengganggu ketentraman/keharmonisan antar elemen masyarakat di Kabupaten Dairi.

5. Mendesak kepada Polri untuk memanggil dan memeriksa koordinator dan penanggung jawab aksi demonstrasi yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Dairi secara berturut-turut selama 2 hari (28-29 April 2021) yang telah melakukan pelanggaran hukum, yakni pengrusakan fasilitas umum, penganiayaan anggota Satpol PP Dairi dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

6. Mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dairi, agar tetap memelihara keharmonisan, kerukunan dan kondusifitas serta tidak terpancing propaganda di Kabupaten Dairi.


Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP), Raja Umar Ujung selaku inisiator kegiatan itu mengatakan, pernyataan sikap bersama ini mereka lakukan, karena selama ini ada sekelompok orang atau oknum dengan sengaja membuat opini untuk menyerang pribadi Bupati Dairi.

"Selain itu adanya aksi-aksi demo anarkis dan melanggar Prokes, sehingga telah merusak citra Kabupaten Dairi. Makanya hari ini kami menyikapi dan membuat ketegasan penuh tanpa adanya unsur-unsur paksaan dari pihak manapun," kata Umar.

Dalam kesempatan itu ia juga menegaskan, bila di tengah pandemi Covid-19 masih ada pihak-pihak yang akan melakukan aksi demo, Forum Lintas Ormas akan menindak dengan cara membubarkan dan melaporkan ke pihak penegak hukum.


"Mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas dan keharmonisan antar sesama yang sudah terjalin sejak lama di Dairi," ujarnya seraya menyebutkan surat pernyataan sikap bersama akan mereka tembuskan ke Polres Dairi dan Polda Sumut.

Sementara Penasehat DPD IPK Kabupaten Dairi, Manahan Panggabean menyebutkan, selama ini keberagaman suku, agama telah terjalin baik di Kabupaten Dairi, dan itu tidak terlepas dari persaudaraan.

"Jadi, bila ada pihak-pihak yang akan membuat anarkis kami siap di depan untuk menghalau. Dan kami siap ikut menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif di Dairi," ucapnya. 
Editor: Ivan

T#g:Bupati DairiormasPT Gruti
Berita Terkait
  • Senin, 14 Jun 2021 11:04

    GIAN Sumut Gelar Rapat Internal dan Penyusunan Progam Kerja

    Setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) Provinsi Sumatera Utara, menggelar rapat internal dan penyu

  • Rabu, 09 Jun 2021 18:19

    Bupati Dairi Hadiri Rapat KLA Secara Virtual dengan Kemen PPPA

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri kegiatan rapat evaluasi Kabupaten Dairi Layak Anak (KLA) dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, yang d

  • Senin, 07 Jun 2021 18:27

    Permasalahan PT Gruti, Pansus DPRD Sampaikan Rekomendasi Ke Bupati Dairi

    Pansus DPRD Dairi sampaikan rekomendasi hasil kerja terkait permasalahan PT Gruti (Gunung Raya Utama Timber Industries) dengan masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumbul dan Parbuluan untuk segera ditindaklanjuti oleh Bupati Dairi.

  • Kamis, 20 Mei 2021 05:20

    Perkembangan Konflik Masyarakat-PT GRUTI, Pansus DPRD Dairi Temui Warga Di Desa Perjuangan

    Persoalan lahan masyarakat beberapa desa di Kabupaten Dairi yang konflik dengan PT Gruti, belum kunjung selesai. Adapun desa yang terdampak yaitu Desa Parbuluan VI, Desa Perjuangan, Desa Pargambiran.

  • Jumat, 07 Mei 2021 21:07

    Masyarakat Dairi Desak Bupati Copot SK KLH Tambang

    Perwakilan masyarakat petani dari Kecamatan Silimapungga-pungga dan Lae Parira beserta Aliansi NGO Dairi menyampaikan tuntutan langsung kepada Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu di ruang rapatnya, Kamis 6 Mei 2021.

  • Rabu, 21 Apr 2021 09:21

    Prof Dr Syahrin Harahap Diadukan Mahasiswa UINSU ke Ombudsman

    Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, diadukan sejumlah mahasiswanya ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut atas dugaan telah melakukan mal administrasi dalam penanganan aksi unjuk rasa.

  • Rabu, 14 Apr 2021 15:44

    Kelompok Tani Bersatu Minta DPRD Dairi berpihak ke Petani

    Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Dairi Penyelesaian Konflik antara masyarakat dan PT Gunung Raya Utama Timber Industries (GRUTI) menerima kunjungan Kelompok Tani Bersatu (KTB), Sileuleu, Dairi.K

  • Minggu, 21 Mar 2021 14:21

    Ormas ini Dukung Kapoldasu dan Pangdam Tertibkan OKP yang Meresahkan Pedagang

    Terkait bentrokan anggota AMPI yang bertugas di Pasar Sambu dengan anggota PP yang viral di media online pada Sabtu (20/3/2021) membuat Ketua Organisasi Pedagang dan Pasar Sumatera Utara (OP2SU) Jhons

  • Kamis, 24 Des 2020 02:24

    Mewaspadai Razia Ormas Radikal Sweeping Atribut Natal

    Jelang hari raya Natal, Polisi makin ketat dalam menjaga keamanan agar selalu kondusif. Karena ada saja oknum yang mengancam kerukunan antar umat. Salah satunya adalah ormas yang terlalu fanatik, samp

  • Jumat, 11 Des 2020 19:01

    Bersama Forkopimda, Kesbangpol Bentuk Tim Terpadu Pengawasan Ormas di Kabupaten Dairi

    Bertempat di Aula Kesbangpol Kabupaten Dairi, Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Jumat (11/12/2020), Kesbangpol Dairi bersama Forkopimda membentuk Tim Terpadu Pengawasan Organi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak