Selasa, 28 Sep 2021 21:38
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Isu Dugaan Suap Dalam Pemilihan Wakil Walikota Binjai, Mencuat Ke Publik

Isu Dugaan Suap Dalam Pemilihan Wakil Walikota Binjai, Mencuat Ke Publik

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 27 Jul 2021 21:37
Istimewa
Rekaman Voice note percakapan antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu, dengan salah seorang anggota DPRD Kota Binjai yang disebut- sebut adalah Irhamsyah Putra Pohan, yang tidak lain adalah Ketua DPC PPP Kota Binjai, kini menjadi pembicaraan hangat di kalangan elit Politik maupun masyarakat Kota Binjai.

Sebab, dalam rekaman Voice note yang berdurasi kurang lebih 1 menit 12 detik itu, terdengar pembicaraan adanya dugaan suap dalam pemilihan Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024, yang dimenangkan oleh Rizky Yunanda Sitepu.

Bahkan, Ketua Forum Konsorsium Mahasiswa Pemuda dan Pelajar Kota Binjai, Yudhi Pranata, meminta dan mendesak pihak kepolisian Polda Sumatera Utara, agar mengusut adanya dugaan suap oknum Anggota DPRD Kota Binjai dalam pemilihan Wakil Walikota Binjai, yang digelar belum lama ini.

Hal tersebut di sampaikan Yudhi Pranata dalam konfrensi Persnya di Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Senin (26/7) kemarin.

"Besok rencananya kita akan Ke Polda Sumut dan meminta pihak Diskrimsus Polda Sumut untuk mengusut kasus dugaan suap itu," kata Yudhi dalam konfrensi Persnya.

Sebab menurut Yudhi, dalam rekaman tersebut, menyebutkan adanya sejumlah uang sebesar Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) untuk masing masing tiga orang dengan total Rp 60.000.000 (Enam Puluh Juta Rupiah) untuk tiga orang anggota DPRD Binjai dari Partai Nasdem.

Terkait hal itu, awak media melakukan konfirmasi kepada Ketua DPC PPP Kota Binjai, Irhamsyah Putra Pohan. Saat ditemui disalah satu Cafe yang ada diseputaran Lapangan Merdeka Binjai, I'am (sapaan akrab Irhamsyah Putra Pohan) tampak bersama salah seorang anggota DPRD Binjai dari fraksi Nasdem, Tengku Matsyah.

I'am mengakui bahwa rekaman Voice note percakapan itu adalah dirinya dengan Ketua DPD Nasdem Binjai, Edy Putra Sitepu.

"Pembicaraan itu hanya seloro (bercanda-red). Bahkan di DPRD Binjai kami juga sering seloro, yang ada ditiadakan, dan yang gak ada diada adakan. Karena beliau (Edy Putra Sitepu-red) pernah menjadi kawan saya di DPRD Binjai, Periode 2014-2019," ungkap I'am, Selasa (27/7) Sore.

Sebagai Anggota DPRD Binjai, I'am juga mengaku tidak keberatan jika namanya dibawa bawa dalam permasalahan itu. "Tidak masalah, saya tidak akan melakukan upaya apapun. Yang namanya persahabatan menurut saya itu sah sah saja nama kita dibawa bawa. Mudah mudahan itu menjadi positif buat masyarakat," ujar Irhamsyah Putra Pohan.

Disoal upaya apa yang akan dilakukan jika terbukti Yudi Pranata melaporkannya ke Poldasu, Pria berpostur tinggi mengaku akan melaporkannya kembali.

"Kalau dilaporkan sama Yudhi, ya tidak masalah. Artinya, kalau dia melaporkan, kita akan laporkan kembali, apa benar bahasa itu atau tidak," tegas Irhamsyah Putra Pohan.

Sebagai seorang Politikus, Irhamsyah Putra Pohan juga mengaku tidak keberatan namanya disebut sebut Ketua Partai. "Kalau itu sifatnya positif, ya tidak apa apa. Ini juga menjadi konsumsi publik bahwanya itu juga menjadi kampanye Politik," tuturnya.

"Kalau Yudhi mau membawa masalah ini, tinggal dia menyikapinya. Rekan rekan kita yang keberatan juga bisa saja menuntut Yudhi, karena dia menyatakan Lembaga (DPRD-red)," sambung I'am.

Dikhir pembicaraannya, I'am menegaskan bahwa dirinya tidak akan mendatangi Yudhi Pranata. Sebab, dirinya tidak keberatan.

"Walau Yudhi berbuat seperti itu, kita balas dengan kebaikan saja dan kita ambil nilai positifnya," demikian ungkap Irhamsyah Putra Pohan, sembari mengatakan bahwa pertemuannya dengan Tengku Matsyah disalah satu Cafe yang ada diseputaran Lapangan Merdeka Binjai, guna membahas Cafe milik mereka masing- masing.
Editor: Herda

T#g:binjaiWakil Walikota Binjaisuap
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Sep 2021 19:08

    Walikota dan Forkopimda Binjai Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Covid-19

    Dalam rangka percepatan penanggulangan dan penanganan Disease Coronavirus 2019 (Covid-19) di Kota Binjai, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat koordinasi terkait percepatan penanganan terseb

  • Selasa, 28 Sep 2021 16:18

    BIN kembali gelar vaksinasi di Binjai, Tuntaskan dosis 2 untuk 5 ribu warga yang divaksin sebelumnya

    Untuk kesekian kalinya, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Utara, menggelar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar dan masyarakat, Selasa (28/9).Kali ini, Vaksinasi yang digelar BIN Daerah Sumatera

  • Selasa, 28 Sep 2021 14:18

    Daud Ketaren, pemilik tanah eks HGU PTPN 2 harap Polisi jalankan instruksi Presiden

    Daud Ketaren, pemilik tanah eks HGU PTPN 2 yang berada di Kecamatan Binjai Timur, merasa bersyukur atas adanya instruksi Presiden RI Ir H Joko Widodo, yang meminta aparat Kepolisian, untuk menindak te

  • Selasa, 28 Sep 2021 10:38

    Sukseskan Pembelajaran Tatap Muka, BIN Vaksin Dosis Kedua Untuk Ribuan Pelajar SMP di Binjai

    Sekitar 3 ribuan pelajar setingkat SMP di kota Binjai mendapat suntikan vaksin dosis dua program Badan Intelijen Negara, Selasa (28/9/2021).Amatan media ini, tampak pelajar berseragam putih biru satu

  • Senin, 27 Sep 2021 13:17

    Pemko Binjai Terjunkan Satgas PB Cari Korban Longsor di Karo

    Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerjunkan Satgas PB, guna membantu pencarian korban bencana longsor yang terjadi pada Minggu (26/9) bertempat di De

  • Senin, 27 Sep 2021 13:07

    Bencana Longsor di Dolat Rayat, Kabupaten Karo 4 Warga Binjai- Langkat Tewas

    Bencana alam berupa tanah longsor terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, atau lazim disebut (Reba Embang), Minggu 26/9) Dinihari, sekira Pukul 14.30 wib. Akibatnya, 4 ora

  • Jumat, 24 Sep 2021 14:44

    Kapolres Baru, AKBP Ferio Sano Ginting Silaturahmi ke Sejumlah Institusi di Kota Binjai

    Memasuki hari ketiga menjabat sebagai Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting S.IK MH melaksanakan silaturahmi ke beberapa Institusi yang ada di Kota Binjai. Seperti yang terlihat pada Jumat (24

  • Kamis, 23 Sep 2021 19:23

    BIN Vaksin Warga Binjai, Pasangan Suami-istri Penyandang Disabilitas Ucap Terimakasih Kepada Presiden

    Pasangan suami-istri penyandang disabilitas Iwan Noveriyadi, usia 51 tahun dan Melia Suryana, 49 tahun, yang tinggal lingkungan II kelurahan Kebun Lada, kecamatan Binjai Utara, merupakan dua dari ribu

  • Kamis, 23 Sep 2021 19:13

    PN Binjai Gelar Sidang Percobaan Pembunuhan Dan Pembakaran Rumah Wartawan

    Pengadilan Negeri (PN) Kota Binjai, menggelar Sidang kedua terdakwa dalam perkara percobaan pembunuhan terhadap wartawan, serta pembakaran rumah wartawan. Sidang ini digelar secara Daring pada Kamis (

  • Rabu, 22 Sep 2021 22:22

    Kalapas Kelas ll A Binjai Apresiasi Polres Binjai

    Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas ll A Binjai, Maju Amintas Siburian A.Md IP S.Pd MH, mengapresiasi Polres Binjai yang telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap l kepada ratusan Warga Bi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak