Rabu, 28 Jul 2021 01:40
  • Home
  • Ragam
  • Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi 30 Orang Dengan HIV (ODHIV) oleh HKBP AIDS Ministry

Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi 30 Orang Dengan HIV (ODHIV) oleh HKBP AIDS Ministry

Toba (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 26 Mei 2021 11:36
Istimewa
HKBP AIDS Ministry melakukan Pelatihan budidaya ikan lele di dalam kolam terpal kepada 30 Orang Dengan HIV (ODHIV), bekerjasama dengan persekutuan gereja-gereja Internasional (UEM), yang didukung oleh Departemen Diakonia HKBP juga oleh Pengemas HKBP, pada hari Selasa (25/05/2021).

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th hadir untuk membuka pelatihan ini. Dalam kata sambutannya, ia menyampaikan apresiasinya kepada HKBP AIDS Ministry yang terus bekerja dan semangat membantu ODHIV agar berdaya.

Beliau berpesan kepada ODHIV yang hadir untuk menghargai dan memanfaatkan kesempatan dan bantuan ini, sehingga dapat memberi manfaat yang maksimal.

Perwakilan UEM Terri Lynn Smith dan Irma Simanjuntak, memperkenalkan UEM sebagai ibu dari gereja-gereja anggotanya, salah satunya gereja HKBP. 





Terri yang warga Negara Afrika menceritakan di Afrika HIV-AIDS bukanlah penyakit yang ditakuti, masyarakat sudah paham dengan HIV AIDS. "Jadi tidak ada lagi stigma dan diskriminasi. Hal ini karena penyebaran dan informasi HIV-AIDS sudah merata", ujarnya.

Dia menghimbau agar ODIV mau melakukan testimoni kepada orang lain.

HKBP AIDS Ministry (HAM) adalah lembaga gereja di HKBP yang melaksanakan upaya-upaya pengendalian dan pencegahan HIV-AIDS, sudah 18 tahun melayani sejak tanggal 23 Februari 2003, yang pelayanannya menjangkau wilayah Tapanuli Raya dan seluruh layanan HKBP, hingga Mei 2021 telah menemukan 890 kasus HIV, saat ini aktif mendampingi 388 Orang dengan HIV AIDS. 

Hingga saat ini ada lima komunitas ODHA (orang dengan HIV AIDS) yang didampingi berada di Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang, Kabupaten Samosir, dan dua komunitas di Toba.


Pelatihan ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele di dalam terpal, adalah sebagai respon HKBP AIDS Ministry terhadap dampak Pandemi Covid-19 kepada ODHA, dimana mereka mengalami penurunan pendapatan, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan ketahanan pangan ODHA, dengan metode sederhana menggunakan bahan-bahan organic.

Setiap peserta pelatihan mendapat terpal, bibit ikan 1.700, pakan ikan, vitamin ikan, alat pengukur PH dan suhu air.

Kegiatan ini dilakukan di dua tempat dalam waktu yang bersamaan, di Balige dan Porsea, dimulai ibadah singkat yang dipimpin oleh Diakones Oka Nurhayati Harianja.

Sekretaris Eksekutif HKBP AIDS Ministry, Diak. Berlina Sibagariang dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari program ketahanan pangan sebelumnya, budidaya Ikan Lele di dalam ember yang disebut dengan Lele Kangkung Sehat (LEKAS).


Ia menghimbau perseta pelatihan agar memakai kesempatan untuk belajar dengan baik dan terampil menerapkannya di daerah  masing-masing pertama untuk ketahanan pangan, dan selanjutnya bisa menjadi penguatan ekonomi.

Ketua HAM dr. Tihar Hasibuan juga ikut mendukung kegiatan ini. Adapun yang menjadi fasilitator pelatihan ini adalah Biro Pengmas HKBP, Kepala Biro Pengmas HKBP, Pdt. Jhonni Sihite, bersama wakil kepala biro Pdt. Palti Panjaitan berserta 4 orang tim yang berpengalaman.

Peserta langsung terlibat dalam pembuatan kolam terpal, pembuatan ramuan organic probiotik ikan (ROTI), biang probiotik pakan dan jamu untuk ikan, yang semuanya menggunakan bahan organic. Pelatihan ini berlangsung selama 4 jam, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Di akhir pertemuan, UEM dan HKBP AIDS Ministry memberikan bantuan kepada ODIV yang terdampak Covid-19, berupa beras, susu, masker, vitamin dan handsinitizer.

Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat yang baik kepada ODHIV dan dapat menginspirasi banyak orang.
Editor: Budi

T#g:AIDSHIVHKBPODHIVPelatihan
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Jul 2021 21:19

    Peluncuran Buku 'ODHA Bukan Akhir Segalanya' Oleh HKBP AIDS Ministry

    Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, meluncurkan sebuah buku yang berjudul "ODHA Bukan Akhir Segalanya", Jumat 09 Juli 2021.Buku ini berisi 25 kisah perjuangan Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) yang

  • Sabtu, 12 Jun 2021 14:12

    BAKUMSU Apresiasi HKBP Tolak Relokasi HKBP Sikhem Sopo Komil

    Pimpinan tertinggi Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar telah menyatakan sikap tegas penolakan terhadap rencana relokasi gedung gereja HKBP Sikhem demi kepentingan

  • Kamis, 03 Jun 2021 08:03

    Pemprovsu Gelar Pelatihan "Peningkatan Kemampuan SDM untuk pengolahan Industri Agro"

    Dalam rangka meningkatkan daya saing Produk Agro Industri di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provsu menggelar Pelatihan "Peningkatan Kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk pengolahan Industri Agro."

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Rabu, 24 Mar 2021 19:54

    Audiensi BPJHC, Walikota Tebing Tinggi Beberkan Upaya Pemko Tangani Kesehatan

    Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM. menerima kunjungan dari Badan Pekerja Join Health Council (BPJHC), Rabu (24/3), bertempat di Ruang Kerja Lantai IV Gedung Balai Kota. Turut men

  • Rabu, 10 Feb 2021 11:00

    Menyangkut Nama Baik Keluarga, Polri Enggan Ungkap Penyakit Ustaz Maaher

    Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) enggan mengungkap penyakit yang diderita oleh Soni Eranata atau Ustaz Maaher At-Thuwailibi sebelum meninggal di Rutan Bareskrim Polri, Kepala Divisi H

  • Senin, 01 Feb 2021 09:31

    Manfaatkan Potensi Alam, Satgas 413 Kostrad Ajarkan Warga Perbatasan RI-PNG Buat Kerajinan Rumah Tangga

    Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Skamto mengajarkan warga Kampung Yowong Distrik Arso Barat Kabupaten K

  • Senin, 25 Jan 2021 19:15

    Kasus HIV/AIDS Terus Meningkat Gubenur Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Upaya Pencegahan

    Kasus HIV/AIDS terus meningkat setiap tahun, bahkan saat ini, secara kumulatif jumlahnya sudah mencapai 20.000 kasus di Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu diperlukan penanganan serius, terutama dalam u

  • Selasa, 05 Jan 2021 22:05

    Edy Rahmayadi Hadiri Perayaan Natal HKBP

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan tentang pentingnya toleransi demi pembangunan di daerah ini. Keberagaman adalah kebanggaan Sumut, bukan menjadi penghalang."Sumut merupakan p

  • Selasa, 29 Des 2020 10:59

    Kapolda Sumut Terima Audensi Ephorus HKBP

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi menerima audiensi Ephorus HKBP di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut Jl. SM. Raja Km 10,5 Medan, Senin (28/12/2020).Turut hadir Ephorus HKBP Bapak Pdt

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak