Selasa, 28 Sep 2021 20:03
  • Home
  • Ragam
  • 35 ABK yang diselamatkan oleh MV Felicina, tiba di Sibolga

35 ABK yang diselamatkan oleh MV Felicina, tiba di Sibolga

Sibolga (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 14 Sep 2021 22:44
Istimewa
Sebanyak 35 awak Kapal KM Setia Abadi dari 39 orang yang terbakar ditengah laut (rincian 38 orang Anak Buah Kapal serta seorang Kapten Kapal) yang berhasil diselamatkan oleh MV Felicina (kapal asing dari Negara Norwegia) akhirnya tiba di Pelabuhan ASDP, Jalan KH Ahmad Dahlan, Lingkungan I Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Minggu (12/9) Siang.

Sebelum tiba di Pelabuhan ASDP Sibolga Selatan, puluhan awak Kapal KM Setia Abadi tersebut berangkat dari Pelabuhan Lama Teluk Dalam Nias Selatan, dengan menaiki KMP Wira Ono Niha.

Menurut data yang diterima redaksi, sebelum terjadi Kebakaran, Kapal KM Setia Abadi yang merupakan Kapal yang bertujuan untuk mengambil Ikan dengan menggunakan Pukat Ikan yang berasal dari daerah Cilacap/Jakarta dan berangkat pada tanggal 5 September 2021, untuk berlayar dan direncanakan sampai pada tanggal 8 September 2021.

Pada saat berlayar, berdasarkan informasi dari Kapten Kapal bahwa Mesin Kapal berjalan seperti semakin melambat. Ia pun akhirnya mengecek ke kamar mesin dan melihat terjadi percikan api.

Panik, akhirnya seluruh ABK Kapal mengambil pelampung dan peralatan seadanya untuk melompat ke laut, dikarenakan api dengan cepat menyambar dan melahap seluruh bagian Kapal KM Setia Abadi. 

Beruntung, setelah mereka melompat ke laut, melintas kapal asing bernama MV Felicina, yang berasal dari Negara Norwegia, berada sekitar 1 Mil dari lokasi terbakarnya Kapal Setia Abadi. 

Karena takut memyambar, ABK MV Felicina tidak langsung mengambil tindakan dikarenakan takut api tersebut menyambar ke Kapal milik mereka.

Berselang 3 jam kemudian, barulah ABK Kapal asing MV Felicina tersebut baru berani melakukan evakuasi atau penyelamatan terhadap seluruh ABK Kapal KM Setia Abadi, dengan menggunakan sekoci dan tali yang digunakan untuk menarik seluruh ABK KM Setia Abadi ke Kapal milik mereka.

Akhirnya, setelah 2 Hari berada di Kapal Milik Asing tersebut, seluruh ABK yang selamat dijemput oleh Forkompimda Nias Selatan.

Berdasarkan informasi dari ABK bagian mesin Kapal, sejak tanggal 4 September 2021, Kapal berjalan terus hinggal tanggal 8 September 2021, dan hanya berhenti selama 6 Jam pada tanggal 6 September 2021.

"Di Tuasan sekitaran tengah laut, pada saat sebelum kejadian percikan api terjadi, ABK Kapal bagian mesin tersebut di perintahkan oleh Kapten Kapal untuk melakukan penggantian saringan Solar. Namun dikarenakan mesin yang sangat panas, lalu pada saat penggantian saringan terjadi tumpahan percikan minyak Solar tersebut dan mengenai Mesin Kapal yang masih panas sehingga membuat terjadi percikan api," ungkap salah seorang ABK KM Setia Abadi, Selasa (12/9).

Pada saat penggantian solar tersebut, lanjutnya, mesin Blower yang seharusnya dihidupkan untuk pergantian udara agar tidak panas diruangan mesin tidak dinyalakan atas arahan dari Kapten Kapal untuk mengehemat BBM. Akhirnya, dari percikan api tersebut menyebabkan terjadinya api yang besar dan membakar seluruh bagian Kapal KM Setia Abadi," lanjutnya.

Usai dievakuasi dan 2 hari di kapal asing, akhirnya pada hari Jumat (10/9) sekira pukul 08.05 Wib, Kapolres Nias Selatan, bersama dengan Danlanal Nias dan Kakansar Kepulauan Nias, mendatangi Kapten Kapal milik negara asing untuk mengucapkan terimakasih dan foto bersama dengan Kapten Kapal MV Felicina, Capt.Erwin P Bondoc, dan selanjutnya kembali ke kapal untuk berangkat menuju Pelabuhan Lama Teluk Dalam, Nias Selatan.

Tiba di Pelabuhan Lama Teluk Dalam, seluruh awak kapal langsung dibariskan untuk dilakukan pengecekan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, dan selanjutnya dibawa Ke Rusun Nawa Baloho Nias Selatan, untuk berisitirahat dan dilakukan isolasi mandiri.

Usai istirahat, akhirnya pada hari Minggu (12/9) sekira pukul 10.30 Wib, awak Kapal KM Setia Abadi yang di berangkatkan dari Pelabuhan Lama Teluk Dalam, Nias Selatan, tiba di Pelabuhan ASDP Sibolga Selatan, dengan menaiki KMP Wira Ono Niha, dan diberangkatkan menuju Jakarta dengan menggunakan Transportasi Bus ALS, Nopol BK 7523 DO.

Editor: Herda

T#g:ABKSibolga
Berita Terkait
  • Senin, 27 Sep 2021 22:07

    Imigrasi Sibolga Hadirkan Inovasi HORAS Secara Gratis

    Sebagai wujud komitmen dalam memberikan layanan, Imigrasi Sibolga Kanwil Kemenkumham Sumut menghadirkan Inovasi 'HORAS' (Hampiri Orang Sakit).Hadirnya inovasi HORAS ini bertujuan memudahkan

  • Sabtu, 25 Sep 2021 20:15

    Wagub Musa Rajekshah Resmikan Musala Al Musannif Makodim 0211/TT

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Musala Al Musannif yang berada di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0211/TT di Jalan Sisingamangaraja, Sibolga, Sabtu (25

  • Sabtu, 25 Sep 2021 17:35

    Wagubsu Resmikan Program Bedah Rumah di Kota Sibolga

    Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah, resmikan program bedah rumah Golkar, serta memberikan bantuan sembako di Kota Sibolga."Pada awal kita cetuskan,

  • Jumat, 24 Sep 2021 19:24

    Walikota Geram Masih Ada PKL dan Angkutan Terparkir Liar di Badan Jalan

    Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan berang karena pedagang kaki lima (PKL) masih membanjiri badan jalan di sekitar lokasi Pasar Stadion Horas, Sibolga.Tidak hanya itu, area tersebut dipadati kendaraan

  • Jumat, 24 Sep 2021 18:24

    Walikota Sibolga Komit Ambil Alih Aset Pemkot dari UD. Budi Jaya

    Jamaluddin Pohan tetap berkomitmen untuk mengambil kembali aset pemerintah daerah yang dikuasai pihak swasta, di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga."Itu ta

  • Kamis, 23 Sep 2021 20:43

    Vaksinasi Bagi Pelajar, Polres Sibolga Targetkan 1500 Orang

    Polres Sibolga kembali melaksanakan Gerai Presisi serbuan vaksinasi Massal di Mako Polres Sibolga, Kamis (23/09/2021).Vaksinasi Massal ini, Polres Sibolga akan menargetkan 1.500 orang dengan Stok Vaks

  • Kamis, 23 Sep 2021 18:53

    Sibolga Level II, Jamal: Tetap Patuhi Prokes

    Sesuai dengan Instruksi mendagri (Inmendagri) Nomor 44 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Kota Sibolga saat ini berhasil turun ke level 2. Sebelumnya masuk PPKM level 4."Al

  • Senin, 20 Sep 2021 12:50

    KNPI Sibolga Laksanakan Vaksinasi Gratis Bagi Kaum Milenial

    Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sibolga berkolaborasi dengan Polres Sibolga, melaksanakan kegiatan Vaksinasi Pemuda (Vape), Senin (20/9/2021), di lapangan Sima

  • Minggu, 19 Sep 2021 16:09

    Selama 14 Hari, Polres Tapteng Gelar Ops Patuh Toba 2021

    Guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) akan menggelar Operasi Patuh Toba 2021.Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma, S.I.K, melalui Kas

  • Sabtu, 18 Sep 2021 15:48

    Sempat Buron 20 Hari, JH Akhirnya Diringkus Sat Res Narkoba Polres Sibolga

    Seorang pengedar Sabu berhasil diamankan Polisi dari sekitar Sungai di jalan Dolok Tolong, Kelurahan Huta Barangan, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Minggu (5/9/2021) sekira pukul 16.00 WIB.Petu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak