Sabtu, 15 Mei 2021 08:11
  • Home
  • Politik
  • Wagub Musa Rajekshah Sampaikan Fokus Pembangunan Sumut Di Reses Komisi XI DPR RI

Wagub Musa Rajekshah Sampaikan Fokus Pembangunan Sumut Di Reses Komisi XI DPR RI

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Senin, 12 Apr 2021 22:32
Dinas Kominfo Sumut
Rapat Kunjungan Kerja Reses Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), di Hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau Nomor 10 Medan, Senin (12/4).
Pada tahun 2020 - 2021 berbagai kebijakan telah ditempuh oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Sumatera Utara (Sumut) dalam mempercepat pemulihan ekonomi. Langkah yang diambil secara terencana dan terukur mencakup sektor pertanian, sektor Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat menghadiri acara Rapat Kunjungan Kerja Reses Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), di Hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau Nomor 10 Medan, Senin (12/4).

"Upaya pemulihan ekonomi merupakan langkah yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan secepat mungkin, untuk itu kita harus saling bahu-membahu meningkatkan kembali kinerja sektor-sektor strategis dan membuka kembali lapangan usaha dengan semaksimal mungkin," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, mengawali paparan.


Dalam upaya pemulihan ekonomi, sambung Ijeck, sektor pertanian merupakan lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja dan merupakan sektor yang masih dapat tumbuh positif di masa pandemi Covid-19.

"Tentunya itu yang harus terus kita dorong, apalagi kini Sumut menjadi bagian dari program Food Estate oleh Pemerintah Pusat," tutur Ijeck, yang turut didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina.

Kemudian, untuk penguatan di sektor pariwisata, Pemprov Sumut melakukan optimalisasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Desa Wisata, optimalisasi pembangunan sektor industri, serta peningkatan investasi juga diharapkan mampu menjadi pengungkit bagi pemulihan ekonomi di Sumut.

Selain itu, sektor UMKM juga merupakan sektor yang diprioritaskan untuk dapat terus tumbuh dan dapat menyerap tenaga kerja. "Kita berharap ekonomi Provinsi Sumut yang ditargetkan tumbuh sebesar 4,8 %- 5,2% pada tahun 2021 dan sebesar 5,0 % - 5,4% pada tahun 2022 bisa dapat tercapai lewat program pemulihan ekonomi kita," harapnya.


Tidak hanya sektor ekonomi, Ijeck juga mengatakan, bahwa sektor kesehatan tetap menjadi kunci utama yang dilaksanakan melalui penguatan protokol kesehatan di segala sektor. Serta peningkatan testing, tracing dan treatment, dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, juga melakukan percepatan vaksinasi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan bahwa untuk memperkuat pemulihan ekonomi perlu melakukan sinergi guna menjaga stabilitas. Dimana Pemprov Sumut dan BI bisa bersinergi dalam mengembangkan UMKM, ekonomi dan keuangan syariah.

"Istrumen kebijakan moneter makroprudensial dan sistem pembayaran diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui sinergi dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)," ujarnya.


Dalam upaya pemulihan ekonomi, BI di Sumut mengedepankan empat program utama, yaitu penguatan fungsi advisory kepada pemerintah daerah, untuk akselerasi pemulihan ekonomi. Kemudian dilakukan program dengan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di berbagai segmen, pengembangan UMKM dan promosi perdagangan, investasi serta pariwisata.

Pada rapat tersebut turut hadir Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, yang juga merupakan pimpinan rombongan Dolfie, Anggota Komisi XI DPR RI Sihar Sitorus, Gus Irawan Pasaribu, Puteri Anetta Komarudin, Kepala Perwakilan BI Sumut Soekowardojo, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional V Sumbagut Yusup Ansori dan Kepala Badan Pusat Statistik Sumut Syech Shaimi.
Editor: Herda

T#g:DPR RIMusa RajekshahSihar Sitorus
Berita Terkait
  • Jumat, 23 Apr 2021 12:53

    Danrem 174 Merauke Terima Kunjungan Anggota DPR RI Komisi I Bidang Pertahanan

    Komandan Korem (Danrem) 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menerima kunjungan kerja Bapak Yan Permenas Mandenas, S.Sos,. M.Si anggota Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan.

  • Jumat, 23 Apr 2021 07:33

    Kronologi, KPK Ungkap Wakil Ketua DPR RI Minta Penyidik Urus Perkara Wali Kota Tanjungbalai

    Sosok Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, ia disebut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai orang yang meminta kepada penyidik KPK unsur Polri Stepanus Ro

  • Rabu, 21 Apr 2021 21:21

    Reses Anggota DPR RI, Pemkab Serdang Bedagai Usulkan 16 Pembangunan, 6 Menjadi Prioritas

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima kunjungan kerja Anggota DPR RI Komisi V, Bob Andika Mamana Sitepu, SH, serta Dede Indra Permana, SH, dari Komisi I di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (21/04/2021)

  • Senin, 15 Feb 2021 19:15

    Kunker Komisi X DPR RI dan Kemenpora, Gubsu Edy Rahmayadi Paparkan Persiapan PON, Pariwisata dan Pendidikan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memaparkan tentang persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, pariwisata dan pendidikan, kepada Komisi X DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Ke

  • Rabu, 03 Feb 2021 13:03

    Wagub Sumut Kenalkan Aek Nauli kepada Anggota DPR RI

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengajak sejumlah pimpinan dan anggota DPR RI menikmati wisata alam Aek Nauli, Simalungun, Selasa (2/2). Para anggota DPR RI tampak gembira

  • Jumat, 22 Jan 2021 09:22

    Usai Disetujui DPR, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi

    Melalui rapat paripurna, DPR RI telah menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Listyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengikuti seluruh rangkaian p

  • Selasa, 19 Jan 2021 18:39

    Jelang Fit and Proper Test Calon Kapolri, Polri Serahkan Naskah Materi ke Komisi III DPR

    Tim ahli calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan naskah makalah arah serta kebijakan Kapolri ke depan kepada Komisi III DPR, Selasa (19/1/2021). Makalah tersebut merupakan bahan

  • Kamis, 14 Jan 2021 13:54

    Prof DR Ir H Djohar Arifin salurkan Beasiswa Program Indonesia Pintar di Binjai

    Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Prof DR Ir H Djohar Arifin Husin, menyalurkan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Rabu (13/01) kemarin. Kali ini, Beasiswa PIP diterima 226 si

  • Rabu, 13 Jan 2021 02:13

    Mewaspadai Aksi Teror KKB untuk Gagalkan Otsus

    Lagi-lagi KKB meneror masyarakat Papua, dengan menembaki helikopter dan membakar pesawat. Kekejaman kelompok separatis membuat masyarakat makin geram. Mereka selalu membuat kekacauan dan ingin menggag

  • Rabu, 30 Des 2020 23:20

    Prof Djohar Arifin: Sosialisasi Penerimaan "Satu Juta Guru Honorer" sangat minim

    Usulan formasi dari Pemerintah Daerah terkait pendaftaran rekruitmen "Satu Juta Guru Honorer" jelang satu hari batas masa pendaftaran, dinilai masih belum memuaskan.Agar dapat mencapai hasil yang diha

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak